5 Penyebab dan 8 Makanan untuk Mengatasi Kulit Kering

Ada banyak cara mengatasi kulit kering seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya bersama penyebab kulit kering. Namun siapa sangka bahwa beberapa jenis makanan untuk mengatasi kulit kering juga bisa mengatasi masalah yang dialami dan bahkan membuat kulit bersinar.

Kulit yang kering dan bersisik biasanya hanya memiliki kadar minyak (sebum) yang sangat rendah dan cenderung cukup sensitif. Karena tidak dapat mempertahankan kelembabannya kulit akan terlihat kusam. Kulit yang terasa kaku setelah mencuci muka adalah salah satu ciri kondisi kulit kering.

Makanan untuk mengatasi kulit kering

Makanan untuk Mengatasi Kulit kering

Penyebab Kulit Kering dan Bersisik

Ketika dioles oleh pelembab baru kulit akan tidak lagi terasa kaku. Berikut adalah beberapa penyebab kulit kering dan bersisik:

Baca Juga :

10 Cara Melangsingkan Tubuh Dalam Waktu 1 Minggu

14 Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

1. Faktor keturunan (genetik)

Dalam faktor genetik, kondisi bawaan seseorang dipengaruhi oleh orangtua atau anggota keluarga dekat yang lain. Jadi jika ada orangtua kita yang memiliki kulit kering maka kemungkinan besar kita juga akan mempunyai kulit kering.

2. Kondisi struktur kulit

Kulit akan terkena dehidrasi bila kondisi kelenjar kulit tidak mampu memberi cukup lubrikasi pada kulit. Akibatnya adalah kulit menjadi kering

3. Pola makan

Salah satu pemicu kulit menjadi kering adalah kurangnya nutrisi tertentu terutama sayuran. Jika pola makan anda buruk dan tidak mengandung gizi yang cukup maka anda bisa terkena kulit kering.

4. Faktor Lingkungan

Kulit kering bisa juga disebabkan oleh pengaruh lingkungan seperti udara dingin, terkena sinar matahari terlalu lama, dan lain-lain.

5. Penyakit Kulit

Kulit yang terserang penyakit kulit seperti eksim, psoriaris, dan lain-lain bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

Makanan untuk Mengatasi Kulit Kering dan Membuat Kulit Bersinar

Kulit kering bisa terjadi saat musim penghujan, atau pun musim peralihan seperti saat ini. Kulit cenderung menjadi kering, tidak nyaman, gatal, bahkan sering kemerahan. Selain menggunakan pelembab, melindungi diri dari panas, beberapa makanan untuk mengatasi kulit kering di bawah ini juga dapat membantu memperbaiki kulit yang kering.

Jika Anda menginginkan punya kulit bersinar dan bebas dari kulit kering, cobalah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:

1. Air

Dari perspektif makanan, hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk menjaga kulit agar tidak semakin kering adalah tetap terhidrasi. Air minum sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi kulit. Selain air minum, makan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan air cukup tinggi seperti melon, apel, jeruk, nanas, seledri, atau mentimun.

2. Makanan tinggi asam lemak omega-3

Lemak ini membantu melembutkan kulit kuring dengan menahan kelembaban kulit, yang juga membantu mengurangi kerutan. Makanan tinggi omega-3 termasuk salmon, tuna, dan ikan trout. Atau biji rami, avokad, dan kenari.

3. Makanan mengandung seng (zinc)

Jika kulit kering dan pecah-pecah, liriklah makanan untuk mengatasi kulit kering yang mengandung seng. Seng membantu menyembuhkan luka dengan memperbaiki kulit yang rusak sekaligus melindunginya. Makanan seperti tiram, kacang-kacangan, kalkun, kepiting, dan daging sapi tanpa lemak adalah makanan yang kaya akan seng.

4. Makanan kaya vitamin A

Vitamin A dapat menyejukkan kulit, serta kulit bersisik. Vitamin A juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit, ini terjadi jika Anda terlalu banyak kena angin atau matahari. Selain sayuran hijau, cobalah makan wortel, ubi jalar, dan labu.

5. Makanan tinggi vitamin E

Vitamin ini membantu kulit sebagai pelembab alami dan menahan serangan ultraviolet. Makanan tinggi vitamin E termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian, avokad, gandum, biji rami, minyak biji rami, sayuran hijau, dan brokoli.

Nutrisi didapatkan dari makanan yang bekerja lebih optimal dari berbagai jenis produk yang telah Anda coba. Cobalah hasil yang luar biasa dengan mengonsumsi jenis buah-buahan berikut ini.

6. Mangga

Untuk menjaga kulit tetap lembap dan sekaligus melindungi dari bahaya sinar matahari, cobalah mengonsumsi mangga. Mangga mengandung beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. “Vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga kulit sehat dan memperbaiki jaringan kulit yang mencegah dari kulit kering,” kata Keri Gans, RD, juru bicara American Dietetic Association. Vitamin A juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

7. Jeruk

Cobalah mengonsumsi jeruk untuk membantu menghilangkan kerutan pada kulit secara perlahan. Jeruk banyak mengandung vitamin C yang bekerja melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas, atom yang merusak sel dan mempercepat gejala penuaan. Jumlah yang cukup dari vitamin C pada kulit akan membuat kulit tampak segar dan sehat. Vitamin C juga dibutuhkan untuk memompa produksi kolagen, dan karena itu, keriput pada kulit dapat diminimalkan.

8. Tomat

Buah ini juga dianjurkan karena memiliki manfaat untuk keindahan kulit. Tomat memiliki likopen yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan bekerja sebagai antioksidan. Orang yang mengonsumsi tomat selama 12 hari memiliki 33 persen perlindungan dari risiko kulit terbakar karena sinar matahari, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kulit Bersisik

Selain makanan untuk kulit kering, langkah lain yang bisa kita lakukan adalah melakukan beberapa tips cara mengatasi kulit kering dan bersisik. Kulit kering dan bersisik sudah tentu menghalangi kita untu tampil menarik, khususnya bagi para wanita. Efek yang terlihat dari kulit kering adalah kulit akan terlihat keriput, kusam, dan tidak segar.

Adapun cara untuk mencegah kulit kering, berikut adalah beberapa saran berguna untuk mencegah kulit kering dan bersisik:

  • Sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab setiap hari. Yang harus diperhatikan adalah pilih pelembab yang menggunakan bahan dasar air dan mengandung nutrisi bagi kulit agar tidak kering.
  • Hindari lingkungan atau ruangan yang memiliki suhu terlalu dingin karena dapat menyebabkan kulit bertambah kering.
  • Olahraga selama sekitar 30 menit tiga kali dalam seminggu sangat dianjurkan agar kulit terlihat segar. Selain itu tubuh juga akan sehat.
  • Jika sering beraktivitas di udara terbuka, gunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 15.
  • Mengkonsumsi makanan yang terjaga nutrisinya. Kita harus memastikan makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung vitamin A, B, D, dan E yang cukup agar kulit terjaga kelembabannya.
  • Minum air putih minimal 2 liter dalam sehari, Mengkonsumsi air putih yang banyak akan membantu kulit terlihat cerah dan tidak kusam.

Demikian artikel 5 Penyebab dan 8 Makanan untuk Mengatasi Kulit Kering. Jika artikel ini dirasa bermanfaat jangan lupa untuk berbagi dengan teman lainnya. Terima kasih!

Tags:

5 Penyebab dan 8 Makanan untuk Mengatasi Kulit Kering | AndiMariadi | 4.5