30 Obat Sariawan Cepat Sembuh Secara Alami

Sariawan merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir, berupa luka pada mulut yang memiliki bentuk bercak berwarna putih kekuning-kuningan dengan permukaan cekung. Sariawan sering bermula dari peradangan di daerah rongga mulut, seperti bibir kering dan pecah-pecah.

Sariawan memang sering terjadi pada siapa saja. Walaupun sariawan bukan penyakit yang sangat serius, namun saat menderita hal ini bisa saja sangat menyakitkan. Berbagai makanan lezat terasa hambar, tidak enak, dan terasa perih yang terjadi pada mulut saat makan. Bahkan ketika sariawan, memakan makanan pedas dan rasa asam akan terasa sangat perih.

Sariawan merupakan masalah kesehatan yang menyerah di daerah mulut, lebih tepatnya pipi bagian dalam, lidah, lidah bawah, tenggorokan, bibir dalam, dan pada bagian gusi mulut.

Penyebab Sariawan

Sariawan membuat seseorang jadi sulit untuk mengunyah pada bagian mulut. Penyebab utama sariawan adalah karena kurangnya Vitamin C. Namun penyebeb lain seperti panas dalam dan stres tidak luput juga. Sebelum membahas mengenai obat sariawan cepat sembuh ada baiknya untuk mengetahui penyebab seseorang terkena sariawan dan dapat mencegahnya di kemudian hari.

Kurang menjaga kebersihan mulut

Kita pasti sudah tahu bahwa mulut yang bersih dapat membuat makanan yang masuk menjadi tetap sehat. Namun keadaan mulut yang tidak terjaga menjadi masalah yang membuat sariawan muncul. Tidak menjaga kebersihan mulut ini, seperti menggosok gigi hanya satu kali sehari atau bahkan jarang menggosok gigi.

Kawat gigi

Penggunaan kawat gigi, awalnya akan membuat sariawan muncul. Hal ini dikarenakan kondisi yang berbeda dialami oleh mulut sehingga mulut terluka dan sariawan pada area bibir dalam dan gusi.

Makanan terlalu panas atau pedas

Makanan yang panas juga membuat sariawan muncul karena panasnya makanan menimbulkan peradangan pada area mulut.

Pasta gigi yang tidak cocok

Pasta gigi biasanya digunakan untuk menghilangkan nikotin di gigi. Namun penggunaan pasta gigi yang tidak cocok merupakan awal munculnya sariawan. Hal ini disebabkan tidak terbiasanya mulut dengan pasta yang digunakan.

Lipstik

Tentu perempuan yang menggunakan lipstik akan lebih cantik dipandang. Namun tahukah Anda, kandungan pada lipstik memiliki bahan kimia yang kita tidak tahu. Dengan menggunakan lipstik, Anda bisa saja terkena sariawan karena bahan kimia yang berbahaya pada mulut. Jadi tetap gunakan lipstik yang sudah terbukti aman dan cocok untuk Anda.

Trauma

Pada umumnya sariawan muncul akibat adanya trauma yang terjadi, akibat bibir dan bagian mulut lainnya tergigit saat mengunyah makanan dan aktifitas lainnya.

Gangguan immunologi

Respons imun yang berlebih sangat besar untuk terkena sariawan, dan ini merupakan faktor utama yang harus kita jaga.

Stres

Saat mengalami stres hormon pada tubuh akan meningkat dan sulit untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar. Saat stres, emosi akan sulit dikendalikan dan memberikan faktor buruk pada mulut.

Infeksi bakteri

Sariawan akan muncul ketika bakteri sudah bersarang pada mulut dan sudah menginfeksi bagian mulut. Kondisi ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan mulut agar tidak terinfeksi bakteri yang merugikan.

Obat-obatan

Obat-obatan yang tergolong keras seperti nonsteroidal anti-inflamatori (NSAID), agen kemoterapi, nicorandil, dan beta blockers akan menjadi faktor utama terjadinya bibir pecah-pecah dan sariawan pada mulut.

Baca Juga :

11 Cara menghilangkan belang di wajah secara alami

Penyebab di atas merupakan penyebab umum saja, banyak yang menjadikan faktor munculnya masalah tersebut.

Obat Sariawan Cepat Sembuh Secara Alami

Obat sariawan

Agar masalah sariawan ini dapat sembuh dengan cepat, maka tentu Anda harus mencari obat sariawan cepat sembuh agar tidak menjalar ke bagian lain. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengobati sariawan secara alami.

1. Makanan kaya zat besi

Makanan yang baik untuk mengobati sariawan adalah makanan yang mengandung zat besi yang banyak. Makanan seperti sereal, kalkun, biji wijen, ham, brokoli, gandum, dan telur dapat memberikan kekebalan tubuh untuk menyembuhkan sariawan.

2. Air kelapa

Air kelapa sudah banyak dikenal sebagai zat antibakteri yang dapat membersihkan tubuh dari zat yang tidak baik. Selain itu juga dapat menyembuhkan dehidrasi yang ditimbulkan oleh sariawan. Dengan meminum air kelapa dapat menjadi salah satu obat sariawan cepat sembuh secara alami.

3. Minyak kelapa dan madu

Dengan mencampur madu dan minyak kelapa dapat mengatasi sariawan dengan efektif. Campuran minyak kelapa dan madu tersebut cukup dioleskan pada sariawan, dengan begitu dapat meredakan peradangan yang ditimbulkan oleh sariawan.

4. Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan yang sering dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit pada bagian lambung dan saluran pencernaan lainnya. Kunyit juga bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan secara alami. Menggunakannya cukup, bersihkan kunyit terlebih dahulu; kemudian haluskan dan campurkan dengan 1 sendok teh gliserin dengan cara diblender. Setelah itu Anda bisa mengoleskan pasta tersebut ke bagian sariawan.

5. Konsumsi buah-buahan

Sariawan timbul karena Vitamin C yang kurang. Kebutuhan akan Vitamin C sangat penting untuk menyembuhkan sariawan. Mengkonsumsi buah tentu akan sangat membantu untuk Anda yang menderita karena sariawan ini.

6. Daun jambu biji

Daun jambu biji dan jambu air juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan sariawan secara alami. Anda bisa dengan mengunyah daun jambu biji atau dengan berkumur-kumur. Cara membuat obat kumur dengan jambu air adalah sebagai berikut.

  • Ambil beberapa lembar kulit batang jambu air yang masih muda
  • Kemudian cuci bersih dan tumbuk halus batang tersebut
  • Tambahkan setengah gelas air matang, kemudian saring.
  • Gunakan air hasil saringan tersebut untuk dijadikan obat kumur sariawan.

7. Pisang dan madu

Peradangan yang disebabkan oleh sariawan dapat diatasi dengan campuran pisang dan madu bisa sangat membantu. Anda dapat membuat pasta dari pisang dan juga madu. Caranya adalah Anda harus menghaluskan terlebih dahulu pisang, bisa dengan sendok atau memblendernya. Setelah itu campurkan pisang yang sudah dihaluskan tadi dengan madu. Selanjutnya oleskan pada luka sariawan, ini berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan yang lebih.

8. Bawang putih dan pepaya

Bawang putih yang memiliki antiseptik dan antibakteri ini dapat dijadikan obat sariawan cepat sembuh serta mempercepat sistem pengobatan. Caranya dengan menempelkan langsung salah satu bahan pada bagian luka.

9. Minum vitamin

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa terjadinya sariawan adalah kurangnya Vitamin C pada tubuh. Selain berasal dari buah, Anda juga bisa mengkonsumsi Vitamin C lain yang sudah dibentuk menjadi kapsul di apotik.

10. Minum yogurt

Dengan mengkonsumsi yogurt dapat menyeimbangkan bakteri yang ada pada tubuh, salah satunya mulut. Dengan mengkonsumsi yogurt Anda dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan dan juga melakukan langkah pencegahan.

11. Pasta berbahan garam dan baking soda

Ketika terkena sariawan Anda dapat mengobatinya dengan air garam dan baking soda sebagai obat sariawan cepat sembuh. Anda dapat menggunakan hanya air gram sebagai obat kumur, atau mencampurkannya dengan baking soda lalu mengoleskannya pada bagian yang terkena sariawan.

12. Menggunakan daun basil

Daun ini juga bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menyembuhkan sariawan di mulut. Untuk menggunakannya sebagai obat adalah dengan merebus daun basil, kemudian air rebusan tersebut dijadikan obat kumur. Gunakan secara rutin maka sariawan akan cepat sembuh.

13. Menggunakan es batu

Cara selanjutnya adalah menggunakan es batu. Untuk meredakan sakit dan bengkak pada bagian sariawan, Anda cukup mengkompres bagian tersebut dengan es batu beberapa kali dalam sehari secara rutin agar peradangan dapat berkurang.

14. Menggunakan minyak pappermint

Selain merupakan bahan alami, minyak pappermint dapat digunakan sebagai obat sariawan agar cepat sembuh. Caranya cukup oleskan pada luka sariawan sebanyak 2 kali sehari. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu berkumur menggunakan air bersih.

15. Menggunakan obat parasetamol atau mefenamat

Selain bahan alami, Anda juga bisa menggunakan obat sariawan di apotik. Anda bisa menggunakan obat kumur atau yang diminum. Untuk obat yang diminum, bisa menggunakan paracetamol atau asam mefenamant. Untuk obat kumur, bisa menggunakan abhotyl, betadine kumur. Anda dapat menanyakannya diapotik jika masih ragu dengan produk tersebut. Selalu perhatikan dosis obat tersebut.

16. Kopi bubuk

Masyarakat dahulu percaya dengan menggunakan kopi bubuk dapat menghilangkan sariawan dengan cepat. Cara menggunakannya cukup mengoleskan kebagian sariwan dengan kopi, diamkan beberapa menit. Kemudian berkumur dengan air bersih. Obat sariawan ini sangat cepat dalam menyembuhkan yaitu selama 2-3 hari.

17. Tomat

Cara mengobati sariawan secara alami selanjutnya adalah memanfaatkan buah tomat. Untuk mengobatinya Anda dapat memakan tomat mentah tersebut, membuatnya sebagai jus untuk diminum, atau hanya menempelkan ke bagian luka sariawan.

18. Daun kemangi

Daun kemangi yang biasanya digunakan untuk obat bau mulut, juga dapat Anda gunakan untuk mengobati sariawan parah. Caranya adalah ambil 4-5 lembar daun kemangi, lalu cuci bersih daun tersebut. Kemudian kunyah mentah daun tersebut sampai menghasilkan air di dalam mulut. Diamkan sejenak di dalam mulut, kemudian kumur-kumur dengan air bersih.

19. Temulawak

Temulawak yang biasanya digunakan untuk ramuan jamu tradisional juga dapat digunakan untuk obat sariawan agar cepat sembuh. Untuk caranya adalah dengan mengiris tipis temulawak tersebut, kemudian campurkan dengan sedikit gula aren, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai menyusut setengah. Saring air tersebut, dan minum 2 kali sehari agar cepat sembuh.

20. Kaki kuda, pegagan, antanan

Nama tersebut bukanlah nama binatang, namun merujuk pada jenis tanaman yang jenisnya sama dan dapat dijadikan sebagai obat sariawan. Sediakan satu genggam daun tersebut yang kering, kemudian rebus selama 15 menit, lalu saring dan minum air tersebut. Selain itu, ramuan ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut, radang usus, batuk, peluruhan air seni, dan obat disentri.

21. Temu kunci

Rimpang temu kunci sedikit berbeda dengan rimpang lain seperti jahe, lengkuas, dan temulawak. Bentuknya lebih mirip dengan wortel karena tumbuh secara vertikal ke bawah. Ambil tanaman temu kunci secukupnya, kemudian bersihkan dengan air. Setelah itu kunyah lalu telan temu rimpang tersebut.

22. Delima putih

Buah delima memiliki 2 warna yaitu delima putih dan delima merah. Pada obat ini hanya digunakan delima putih sebagai obat sariawan. Caranya cukup ambil 2 delima putih, lalu ambil bijinya, kemudian tumbuh hingga buahnya menjadi halus. Rendam pada segelas air selama 2 hari, pastikan menyimpannya di tempat yang bersih. Gunakan air yang sudah didiamkan tersebut sebagai obat kumur sariawan.

23. Kembang sepatu

Bunga sepatu, daunnya dapat digunakan sebagai obat sariawan yang ampuh. Caranya cukup rebus daun bunga sepatu secukupnya dengan air mendidih selama 15 menit. Kemudian saring air tersebut, lalu dijadikan obat kumur atau jika mau bisa meminumnya.

24. Daun sirih hijau

Sirih sudah sejak lama dikenal sebagai obat bagian luar dan dalam, dan kali ini juga dapat mengobati sariawan dengan cepat. Ambil 2 lembar daun sirih hijau yang masih muda, kemudian kunyah pada bagian mulut. Biarkan beberapa menit, kemudian muntahkan. Jika tidak bisa mengunyah tumbuk terlebih dahulu sirihnya, kemudian tempelkan pada bagian luka sariawan.

25. Mentimun

Tidak banyak yang mengetahui bagaimana cara mengobati sariawan menggunakan mentimun. Sebagian besar orang hanya mengetahui mentimun sebagai masker wajah menghilangkan belang kulit saja. Untuk menggunakannya ambil mentimun yang sudah tua namun masih segar. Cuci bersih dan iris tipis timun tersebut, lalu dimakan. Anda bisa menghabiskan 2 timun setiap hari agar lebih cepat.

26. Tanaman adas

Tanaman adas dapat djadikan obat sariawan tradisional yang cukup ampuh. Caranya adalah dengan menghaluskan 1 sdt (sendok teh) adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga. Kemudian beri sedikit garam lalu seduh dengan air panas. Jika sudah dingin, minum air tersebut tapi jangan langsung kerongkongan tapi diamkan terlebih dahulu airnya di mulut.

27. Daun asam jawa

Obat sariawan cepat sembuh lainnya adalah daun asam jawa yang dicampurkan dengan kunyit. Rebus kedua bahan alami tersebut dengan 4 gelas air hingga menjadi setengah. Agar rasanya tidak aneh, Anda dapat mencampurkannya dengan gula, bisa dengan gula enau. Kemudian saring air tersebut lalu minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore hari. Lakukan secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

28. Makan lebih hati-hati

Sariawan sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya dan cepat. Namun kita harus menjaganya agar tidak tambah meradang dan luka. Untuk itu jika Anda sedang terkena sariawan usahakan untuk makan makanan yang lembut dan serta hari-hati agar tidak tergigit dan sariawan pecah. Karena ini akan menambah rasa sakit yang sangat.

29. Gunakan obat antiseptik

Anda dapat menggunakan obat antiseptik khusus sariawan. Selain membuat sariawan cepat sembuh, kandungannya juga cepat dalam membunuh kuman agar tidak menyebar ke bagian lain.

30. Periksa ke dokter

Jika sariawan tidak berkurang dalam waktu 1 minggu, maka sangat disarankan untuk menemui dokter, karena mungkin saja pengobatan yang kita jalankan tidak cocok untuk tubuh Anda.

Demikian 30 Obat sariawan cepat sembuh secara alami di atas. Mudah-mudahan dapat menjadi solusi untuk mengobati sariawan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika bermanfaat. Semoga lekas sembuh. Terima kasih!

30 Obat Sariawan Cepat Sembuh Secara Alami | AndiMariadi | 4.5