8 Obat Pencegah Muntah Untuk Anak

Muntah adalah pengeluaran isi lambung akibat adanya kontraksi abdomen, kardia, pilorus, elevasi, disertai relaksasi sfingter esofagus bagian bawah dan dilatasi esofagus. Meski pun begitu muntah bukan masalah yang cukup serius tetapi lebih kepada indikasi suatu penyakit. Biasanya penyebab muntah pada anak dikarenakan mengkonsumsi makanan berlebihan, pusing, flu, dan keracunan.

Cara mengatasi mual pada anak biasanya dilakukan pencegahan berupa memberikan obat penenang, perbanyak minum, dan menyuruh untuk tidur. Sebenarnya untuk muntah pada anak adalah hal yang lumrah, namun jika muntah berlangsung lebih dari dua maka menunjukkan adanya indikasi yang cukup serius dan memerlukan pertolongan dokter secepatnya.

Penyebab Muntah Pada Anak

Untuk bisa memberikan pengobatan untuk anak, Anda terlebih dahulu mengenali penyebab muntah pada Anak sehingga tahu bagaimana memberikan obat pencegah muntah untuk anak yang cocok dengan kondisi nya.

Baca Juga :

12 Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

13 Obat Bintitan Paling Ampuh dan Cepat

  1. Gangguan pencernaan

Infeksi mikro organisme atau dengan istilah penyakit stomach flu yang terjadi pada organ pencernaan biasanya akan membuat anak muntah. Tanda yang muncul biasanya diare, demam, dan sakit perut.

  1. Keracunan

Anak yang sering jajan di luar lingkungan rumah biasanya tidak sengaja memakan substansi beracun seperti makanan dan minuman yang sudah ter kontaminasi, bahan kimia, dan obat.

  1. Alergi makanan

Setiap anak memiliki sistem tubuh yang berbeda-beda setiap orangnya maka tidak mustahil jika ada anak yang alergi makanan tertentu. Selain muntah, gejala yang muncul akibat alergi bisa berupa merah dan gatal. Selain itu, akan muncul bengkak pada bagian wajah, mata, bibir, dan lidah.

  1. Radang usus buntu

Penyebab muntah pada anak berikutnya adalah radang usus buntu atau Apendisitis yang menyebabkan rasa sakit perut tidak tertahankan. Ini merupakan masalah yang cukup serius untuk memastikannya bisa mendatangi ke dokter.

Obat muntah untuk anak

Obat pencegah muntah untuk anak

Obat Pencegah Muntah Untuk Anak

Pemberian obat pencegah muntah yang cocok untuk anak bisa dilihat dari kondisi penyebab anak tersebut muntah. Anda bisa menerapkan salah satu dari beberapa cara mengobati muntah secara alami di bawah ini.

Air putih Hangat

Untuk mencegah muntah pada anak, Anda bisa memulai minum air putih secara sedikit demi sedikit, karena meminum air terlalu banyak hanya akan membuat muntah kembali. Dengan memberi air putih hangat bisa membuat tubuh yang dehidrasi dapat fit kembali. Namun jika masih saja muntah, bisa mencoba memberi jeda waktu sekitar 20-30 menit sekali.

Teh hangat

Setelah muntah Anak akan banyak kekurangan energi. Dengan memberikan teh hangat dapat memberikan energi yang dibutuhkan anak. Ini akan memberikan rasa segar kembali ke anak dan berikan cairan lainnya sampai muntah anak mereda.

Mint

Selain menggunakan teh biasa, pengobatan secara alami lainnya adalah dengan mengkonsumsi teh mint. Minta dapat berguna sebagai obat pencegah muntah akibat sakit perut. Cara membuatnya bisa mencampurkan secangkir air panas dengan 1 sendok makan daun mint. Diamkan selama 5-10 menit, kemudian saring. Air saringan tersebutlah yang digunakan untuk mengobati mual dan muntah pada anak.

Jahe

Jahe memiliki manfaat yang baik bagi pencernaan sehingga dapat membantu menghilangkan rasa mual dan muntah dengan cepat. Jika anak mengalami muntah Anda bisa memberikannya teh jahe yang sudah siap seduh, atau jika Anak tidak menyukai teh bisa memberikan jahe kalengan dan permen jahe. Bisa juga ditambahkan madu sebagai campuran tehnya.

Sup kaldu hangat

Selain memasukkan cairan, tambahan makanan juga harus ada. Sebelum memakan protein mulailah memakan makanan yang berkarbohidrat seperti nasi, kemudian memberikan asupan protein seperti sup kaldu ayam. Makanan yang berlemak sangat sulit dicerna oleh tubuh jadi makanlah paling belakang.

Pemberian obat

Sebelum memberikan obat muntah untuk anak, cobalah konsultasi dengan dokter atau perawat yang paham betul dengan kondisi anak, karena jika salah memberi dapat memperparah muntah. Obat dramamine atau dimenhidrinat bisa digunakan untuk mengobati mual, sakit perut, dan muntah. Namun obat jenis ini tidak boleh digunakan anak di bawah 2 tahun.

Hindari jus buah dan minuman bersoda

Hindari minuman dan makanan yang mengandung kafeina, minuman berkarbonasi, dan minuman yang asam. Contoh minuman dan makanan yang dimaksud adalah semua minuman yang bersoda, kopi, jus buah seperti jeruk, anggur, dan lemon.

Hindari obat mengandung aspirin

Jangan sembarangan membeli obat penekan rasa mual yang tanpa resep. Hindari juga memberikan obat yang mengandung aspirin karena akan membuat anak rentan terkena sindrom Reye meski jarang tetapi sangat berbahaya.

Jika Anda berniat untuk memberikan obat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu ada hal yang perlu Anda menghubungi dokter, seperti berikut.

  • Muntah berwarna kehijauan dan ada darah. Jika muncul sangat sedikit darah maka Anda tidak perlu khawatir, tetapi jika jumlah darah makin banyak dan mulai berwarna kehitaman, segera langsung bawa ke medis terdekat.
  • Sakit perut yang hebat. Ini bisa jadi gejala usus buntu, terutama jika sakit perut di sebelah. Ditambah jika anak mulai menunjukkan tanda kelelahan dan timbul tanda penyakit kuning. Jika penyakit kuning dan disertai dengan sakit perut sebelah bisa merupakan tanda hepatitis.
  • Demam, sakit kepala, kaku leher, dan fotofobia adalah kondisi dimana membuat mata terlalu sensitif terhadap cahaya dan bisa jadi ini menandakan adanya penyakit meningitis.
  • Muntah secara terus menerus dan tidak sanggup menahannya. Jika makan atau minum apapun yang ditelan membuatnya mual dan muntah.

Ketika diberi obat pencegah muntah untuk anak, setelah itu muntah-mual mereda disertai nafsu makan kembali. Maka Anda mulai memberi makanan padat seperti biasa, termasuk makanan yang berkarbohidrat kompleks seperti nasi, roti, sereal. Tambahkan juga makanan yang berprotein seperti sup kaldu ayam tanpa lemak. Karena makanan berlemak hanya akan membuatnya mual kembali, jika ingin memberinya daging berlemak, setidaknya tunggu sampai anak benar-benar pulih.

8 Obat Pencegah Muntah Untuk Anak | AndiMariadi | 4.5