13 Obat Bintitan Paling Ampuh Dan Cepat

Bintitan atau timbilen adalah suatu benjolan kecil yang ada di tepi luar kelopak mata, bisa itu di bawah atau di atas mata. Benjolan ini cukup mengganggu dan menimbulkan rasa sakit serta gatal. Meski pun begitu, bintitan tidak berbahaya untuk penglihatan mata. Bintitan diawali dengan gejala nyeri pada kelopak mata, mata merah dan berair dan muncul kotoran mata yang panjang di sekeliling kelopak mata.

Timbilen sendiri dalam dunia medis disebut dengan hordeolum. Penyebab munculnya bintitan adalah adanya infeksi bakteri staphylococcus aurerus pada kelopak mata, baik bagian kelopak atas dan kelopak bawah mata. Bakteri ini tidak berbahaya, akan tetapi apabila bakteri itu terjebak di dalam kantung air mata yang sedang mengalami sakit, maka akan menimbulkan infeksi seperti jerawat. Sebagian besar dari kita memilih dengan cara tidak mengobati mata bintitan karena secara alami akan hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang lebih 2 minggu.

Penyebab Mata Bintitan

Sering mata mengalami tidak nyaman akibat adanya benda asing dan kotor di sekitar mata. Benda asing inilah yang dapat menyebabkan mata menjadi merah dan timbilen. Untuk mengetahui cara mengobati mata bintitan, kita coba bahas terlebih dahulu penyebab mata bintitan agar memberikan wawasan dan kita dapat mencegah mata bintitan menyerang mata kita.

  1. Infeksi akibat bulu mata

Timbilen bisa saja timbul akibat adanya infeksi pada akar bulu mata, hal ini bisa disebabkan bulu mata yang dicabut atau pun adanya luka di area bulu mata.

  1. Infeksi akibat kotoran

Kotoran atau benda asing yang datang dari udara dapat membawa bakteri yang menyebabkan mata bintitan dan merah bengkak. Hal ini karena bakteri menginfeksi mata dan saluran air mata.

Baca Juga :

8 Cara Menumbuhkan Brewok Dengan Cepat

8 Bahaya Memakai Softlens Setiap Hari

Obat Bintitan Paling Ampuh

Benjolan di kelopak mata yang terjadi akibat mata bintitan, dapat disembuhkan dengan cara mengobati mata bintitan secara alami dan obat mata bintitan di apotek. Dengan menggunakan bahan alami memang akan sedikit lambat dibandingkan obat timbilen yang sudah jadi.

Cara menghilangkan bintitan

Berikut ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara menghilangkan bintitan secara alami agar tidak terjadi efek samping yang berbahaya bagi mata kita.

  1. Air Hangat

Untuk mengobati bintitan, Anda bisa menggunakan air hangat. Ini akan berfungsi membantu membersihkan mata dari bakteri penyebab timbilen. Berikut cara menggunakannya :

  • Siapkan air hangat dan handuk kecil, kemudian campurkan air hangat dengan garam sampai tercampur sempurna
  • Celupkan handuk kecil tersebut ke dalam air hangat sampai air meresap
  • Kemudian kompres mata menggunakan handuk yang sudah dicampurkan dengan air hangat dan garam tadi. Anda bisa melakukan cara ini 3-4 kali dalam sehari agar menghilangkan bintitan kurang lebih 3-7 hari.
  1. Daun sirih

Anti-bakteri yang terkandung di daun sirih akan membunuh bakteri penyebab bintitan. Tanaman ini juga bisa digunakan untuk obat mata alami yang mampu membersihkan mata. Cara menggunakannya adalah rebus air bersamaan dengan daun sirih, sampai dilihat daun sudah layu, kemudian gunakan air rebusan tadi untuk membersihkan mata, bisa menggunakan handuk kecil atau kain lembut lainnya.

  1. Teh Celup

Ekstrak yang terkandung di dalam teh dapat kita manfaatkan untuk mengobati mata bintitan secara alami. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkan kantung teh celup yang sudah dipakai dan masih basah untuk dikompres ke mata selama 1-5 menit sampai dirasa sakit mereda. Sebelum menggunakannya pastikan kembali kantung teh celup masih bersih.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan tumbuhan alami yang memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi dan bakteri yang mampu membunuh kuman yang ada pada tubuh kita, termasuk mata. Untuk itu kunyit mampu dimanfaatkan untuk menyembuhkan mata bintitan. Berikut cara menggunakannya :

  • Siapkan kunyit secukupnya
  • Tumbuk kunyit tersebut sampai halus, bisa menggunakan blender
  • Gunakan kunyit yang sudah ditumbuk tersebut untuk mengkompres dan menutupi area mata selama 1-5 menit agar khasiat kunyit lebih sempurna
  1. Bunga

Bunga dapat dimanfaatkan untuk obat bintitan yang ampuh menghilangkan. Bunga yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati timbilen adalah bunga kenanga, bunga kertas, bunga mawar, dan bunga melati. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan meremas-remas bunga tersebut kemudian oleskan bunga yang sudah diremas tadi ke mata yang mengalami timbilen. Anda juga menggunakan cara ini apabila mata bengkak disebabkan gigitan serangga.

  1. Ketumbar

Obat bintitan yang berikutnya adalah ketumbar. Ketumbar bisa dimanfaatkan karena memiliki kandungan yang mampu meredakan pembengkakan serta menghilangkan kuman penyebab bintitan. Cara menggunakannya sebagai berikut :

  • Ambil 2-4 sendok ketumbar yang masih baik, kemudian remus sampai mendidih
  • Air rebusan yang sudah mendidih tersebut, dingin kan terlebih dahulu, kemudian kompres mata menggunakan air tersebut selama beberapa kali.
  • Gunakan cara ini setidaknya 3-4 kali dalam sehari
  1. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai tumbuhan alami yang memiliki senyawa anti-bakterial yang cukup tinggi sehingga mampu mengobati mata timbilen. Selain itu, penggunaan bawang putih mampu mencegah terjadinya peradangan lebih lanjut. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Haluskan bawang putih menggunakan blender atau sejenisnya sampai benar-benar halus
  • Kemudian oleskan bawang putih tadi hanya pada bagian kelopak mata saja, karena apabila terkena mata akan perih
  • Gunakan caranya ini paling tidak 3 kali sehari
  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji yang selama ini dikenal sebagai obat diare karena memiliki kandungan anti inflamasi dan bakterial ini juga dapat membantu mengobati bintitan dan pembengkakan pada area mata. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menumbuk halus daun jambu biji tersebut kemudian oleskan atau bubuhkan pada area mata yang terkenan bintitan.

Obat Timbilen Di Apotik

Selain menggunakan obat alami mata bintitan diatas, Anda juga bisa menggunakan obat timbilen di apotik yang sudah jadi. Ada banyak obat mata bintitan mulai dari tetes, salep, dan tablet. Berikut daftar obat mata timbilen yang direkomendasikan beberapa artikel kesehatan.

  1. Amoxicillin

Amoxicillin merupakan obat golongan antibiotic yang digunakan dengan cara diminum atau oral, maksimal hanya 3 kali sehari dengan dosis terbatas. Penggunaan amoxicillin berlebihan dapat berdampak buruk bagi tubuh karena semua proses perkembangan diperlambat sehingga membunuh bakteri penyebab mata bintitan.

  1. Polydex Tetes

Polydex merupakan obat tetes mata yang mampu membersihkan serta membunuh kuman penyebab bintitan. Obat ini hanya digunakan untuk jangka waktu pendek saja karena penggunaan yang berkelanjutan dapat mempengaruhi mata. Dosisnya sendiri tidak boleh melebihi 4 tetes sehari untuk menjaga efek samping obat tersebut.

  1. Cendo Tobroson

Cendo Tobroson merupakan obat mata dalam bentuk tetes, namun ada juga dalam bentuk salep yang biasanya dikombinasikan dengan obat tetes apabila mengalami mata bintitan. Dosis penggunaanya cukup 4 kali sehari agar efek samping bisa ditanggulangi.

  1. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin merupakan obat antibiotic yang satu golongan dengan Amoxicillin. Obat ini biasanya digunakan untuk mencegah perkembangan bakteri patogen yang menyebabkan infeksi. Untuk mata yang bintitan akan efiktif jika menggunakan Ciprofloxacin. Dosis untuk mata bintitan bisa menggunakan Ciprofloxacin 250mg selama 3 hari dengan 3 kali dalam sehari.

  1. Occulentum Whale Brand

Occulentum Whale Brand merupakan obat mata dalam bentuk salep sangat sangat direkomendasikan sebagai obat mata timbilen. Obat jenis salep ini sangat cepat dalam menyembuhkan penyakit mata, biasanya penyembuhan menggunakan salep berkisar 2-7 hari sesuai kondisi dan tingkat infeksi.

Cara Mencegah Bintitan Pada Mata

Apabila mata timbilen sudah sembuh, maka lakukan hal dibawah ini untuk mencegah agar tidak tertular lagi timbilen tersebut. Dan berikut ini cara mencegah bintitan pada mata.

  • Jaga kebersihan mata dari area sekitar
  • Jangan mengucek mata ketika ada kotoran atau debu yang menempel, serta pastikan tangan selalu bersih ketika membersihkan mata
  • Bersihkan sisa make up pada mata dengan sempurna
  • Selalu ikuti pola hidup sehat
  • Lindungi mata jika di tempat yang berdebu, bisa dengan kacamata

Demikian artikel 13 obat bintitan paling ampuh dan cepat, jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan dengan teman lainnya. Terima kasih!

Tags:

13 Obat Bintitan Paling Ampuh Dan Cepat | AndiMariadi | 4.5