14 Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

Buah-buahan memang sangat bermanfaat untuk ibu hamil serta janin yang dikandung didalam. Selain menyegarkan, buah juga bisa mengurangi morning sickness pada ibu hamil. Namun, tidak semua jenis buah-buahan aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Ternyata, manfaat buah melon untuk ibu hamil ternyata sangat baik sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi. Buah yang biasanya banyak dijual saat musim kemarau ini, ternyata memiliki aroma yang disukai oleh ibu hamil. Karena bau yang menyegarkan serta kandungan air pada melon cukup tinggi.

Meskipun beberapa ibu hamil meragukan kalori dan rasa manis dari melon yang memang menjadi pantangan bagi ibu hamil, karena menjadi salah satu penyebab gemuk. Namun, perlu Anda ketahui bahwa melon sangat aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Sebab, melon memiliki vitamin yang sangat tinggi dan menjadi sumber nutrisi. Bahkan manfaat melon untuk ibu hamil dan janin sangat banyak serta sudah diuji oleh praktisi nutrisi dan gizi.

Manfaat buah melon untuk ibu hamil

Manfaat buah melon untuk ibu hamil

Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil

Perlu Anda ketahui bahwa melon sangat banyak mafaatnya untuk ibu hamil dan janin. Disini kita akan membahas mengenai manfaat buah melon untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa manfaat melon, diantaranya :

Baca Juga :

11 Cara Melakukan Senam Yoga Di Rumah Untuk Pemula

7 Manfaat Temulawak Untuk Wajah Berjerawat

1. Menormalkan tekanan darah

Karena jumlah kandungan kalium yang cukup tinggi pada melon, maka melon dapat berperan aktif dalam mengatur sistem tekanan darah. Kalium ini juga dapat mencegah darah tinggi dan rendah. Selain kalium, kandungan zat alami pada melon dapat mencegak terjadinya kerusakan sistem tekanan darah dan pembekuan darah.

2. Mencegah pembekuan darah

Melon memiliki peran untuk mencegah terjadinya pembekuan darah yang dapat menyebabkan resiko keguguran dan cacat pada bayi. Bahkan masalah pembekuan darah dapat menjadi salah satu penyebab gangguan yang beriko janin dan ibu hamil mengalami serangan jantung dan stroke.

3. Produksi sel darah merah

Kebutuhaan sel darah merah yang sangat tinggi saat masa hamil, dipersiapkan untuk sirkulasi darah dan pertumbuhan janin didalam. Setiap 100 gra melon mengandung setidaknya 35 mg zat besi yang bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah sehingga ibu hamil sangat jauh dari resiko terjadinya anemiaa. Bahkan produksi sel darah merah yang cukup dengan kebutuhan akan melindungi jani dari kekurangan oksigen pada masa kehamilan.

4. Mencegah dehidrasi

Karena kandungan melon yang banyak air dapat mencegah ibu hamil dari dehidrasi. Saat masa kehamilan ibu hamil akan banyak memerlukan air untuk mendukung metabolisme pada tubuh kembangnya. Tidak sedikit ibu hamil mengalami dehidrasi pada trimester pertama karena kurangnya air pada tubuh. Kandungan melon ini sangat sehat dan bermanfaat untuk menggantikan air meneral dan tidak membuat perut terasa penuh saat masa kehamilan.

5. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan masalah yang biasanya terjadi pada masa trimester pertama kehamilan. Ibu hamil akan merasakan sembil karena proses pencernaan makanan berjalan lebih lambat dari sebelumnya. Buah melon memiliki kandungan serat alami yang larut dalam airnya sehingga bisa mengatasi sembelit pada masa kehamilan. Selain serat, melon juga dapat membantu tubuh lebih dapat menyerap nutrisi sehingga metabolisme kehamilan lebih baik.

6. Proses pembentukan tulang dan gigi

Selain kalium seperti disebutkan sebelumnya, melon juga memiliki kandungan kalsium yang merupakan gizi untuk proses pembentukan tulang dan gigi pada ibu hamil. Dalam 100 gram melon terdapat sekitar 15 mg kalsium. Selama proses kehamilan, kalsium dibutuhkan untuk membentuk struktur rangka janin. Selain itu juga, kalsium dibutuhkan ibu hamil karena kalsium dapat mengurangi resiko kerapuhan tulang yang biasanya terjadi pada wanita yang sudah melahirkan.

7. Pembentukan jaringan organ janin

Untuk membentuk jaringan organ janin, dibutuhkan zat fosfor. Dalam setiap 100 gram melon mengandung setidaknya 0,5 mg fosfor yang digunakan untuk mempersiapkan proses persalin ibu hamil. Ketika proses kelahiran, otot-otot ibu hamil membutuhkan kontraksi yang sangat kuat. Fosfor juga berperan aktif untuk menjaga sistem pembekuan darah, memperbaiki fungsi ginjal dan jantung. Melon merupakan makanan sehat untuk ibu hamil karena menjadi salah satu sumber yang baik untuk memenuhi kebutuhan fosfor saat hamil

8. Mengatasi rasa mual berlebihan

Melon efektif membuah keadaan ibu hamil dan suasa menjadi lebih nyaman saat memasuki trimester awal. Saat memasuk fase awal tersebut tubuh ibu hamil merasakan berbagai perbedaan karena hormon alami terus berkembang untuk mempersiapkan pembentukan janin. Nah, untuk mengatasi keadaan tersebut, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah melon dengan beberapa potongan kecil. Karena melon dapat memberikan efek yang menyegarkan pada perut sehingga lebih nyaman dan membantu ibu hamil mengatasi rasa mual dan muntah pada pagi hari.

9. Mencegah stres

Banyak wanita yang stress pada saat kehamilan disebabkan berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah takut akan menghadapi masa kelahiran. Dengan mengkonsumsi melon ternyata sangat efektif untuk menghilangkan rasa stress akibat gangguan tersebut. Karena melon mengandung superoksida yang mampi membuat tekanan darah menjadi normal dan membuat saraf menjadi lebih tenang serta rileks

10. Mencegah obesitas

Banyak wanita yang berpikir, pada masa kehamilan merupakan makan bersama dengan janin. Sehingga mengakibatkan mengkonsumsi makanan yang berlebihan yang berisiko obesitas dan resiko kesehatan pada janin. Hal ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi melon. Manfaat buah melon untuk ibu hamil merupakan cara diet yang sehat, karena melon tidak mengandung kalori tinggi dan Vitamin pada melon dapat mencegaah kolesterol.

11. Sumber Vitamin A

Kebutuhan Vitamin A pada saat kehamilan dapat mendukung perkembangan sistem tubuh janin. Vitamin A memiliki peranan yang sangat besat untuk kesehatan mata janin. Dalam 10 gram melon terkandung 0,03 mg Vitamin A. Manfaat Vitamin A untuk perkembangan janin dan ibu hamil, diantaranya :

  • Mendukung proses perkembangan kognitif bayi
  • Mencegah berbagai jenis cacat yang disebabkan perkembangan yang tidak sempurna
  • Membentuk jaringan pada organ jantung, ginjal, mata, tulang dan paru-paru.

12. Sumber Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks dapat menunjang berbagai persiapan untuk jaring tumbuh kembang janin. Semua jenis melon memiliki potensi yang sangat besar dalam menyumbang kecukupan Vitamin B saat hamil dan janin. Manfaat Vitamin B untuk ibu hamil dan janin, diantaranya :

  • Vitamin B1 mendukung proses pembentukan sel saraf pusat pada bayi
  • Vitamin B1 juga mencegah semua jenis cacat prenatal yang bisa berakibat fatal pada bayi
  • Vitamin B mengatasi masalah mual dan muntah yang muncul pada orang hamil
  • Mempersiapkan semua jaringan air susu yang kuat sehingga sangat baik untuk bayi dan saat menyusui
  • Folat dalam buah melon dapat mencegah masalah cacat pada tabung syaraf. Yang jenis cacat yang disebabkan kekurangan folat pada trimester pertama.
  • Folat juga mendukung proses produksi sel-sel yang sehat, sebab ibu hamil rentan dengan sel kulit mati yang membuat penampilan kurang segar.

13. Sumber Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting bagi ibu hamil. Ternyata dalam 100 gram melon megandung sekitar 640 mg Vitamin C. Karena itulah Vitamin C yang ada pada melon sangat baik dikonsumsi, peran Vitamin C untuk ibu hamil diantaranya :

  • Mengatasi berbagai gangguan ringan selama kehamilan
  • Membentuk sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil dan janin
  • Mencegah kerusakan sel ibu hamil dari berbagai jenis serangan radikal bebas
  • Mempertahankan kekebalan tubuh ibu hamil sehingga mendorong pembentukan sel darah putih

14. Sistem kekebalan tubuh

Melon juga menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan karotenoid. Jenis karotenoid yang terdapat pada ibu hamil adalah licopen dan beta karoten. Manfaat melon untuk ibu hamil seperti karotenoid ini adalah membantuk pembentukan sistem kekebalan pada ibu dan janin sehingga terhindar dari kanker.

Cara Menghindari Resiko Listeria

Meskipun melon sangat rawan terhadap pencemaran bakteri dan parasit, namun Anda tidak perlu khawatir untuk memakan buah melon. Berikut ini doktercara.com memberikan beberapa cara menghindari resiko listeria pada melon akibat bakteri dan parasit.

  1. Selalu bersihkan tangan sebelum mengupas melon
  2. Gunakan pisau yang bersih ketika mengupas melon
  3. Tempatkan dalam tempat khusus buah
  4. Jangan memakai perangkat untuk melon yang biasanya digunakan untuk bahan seperti daging dan ikan
  5. Pilih melon yang masih segar, tidak terdapat luka pada bagian kulit
  6. Teliti pada ujung melon yang berhubungan langsung dengan gagang melon
  7. Hindari mengkonsumsi melon yang disimpan lebih dari 12 jam di kulkas

Mengkonsumsi buah melon yang masih segar merupakan salah satu asupan yang sangat baik untuk ibu hamil. Karena buah melon memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan untuk perkembangan tumbuh kembang janin dan ibu.

Demikian artikel 14 Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil, semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman lainnya. Salam dan terimaksih

14 Manfaat Buah Melon Untuk Ibu Hamil | AndiMariadi | 4.5