20 Makanan dan Sayuran Penurun Kolesterol Dan Asam Urat Tinggi

Penyakit kolesterol dan asam urat merupakan penyakit yang sering diderita oleh seseorang yang sudah berusia di atas 30 tahun. Biasanya seseorang yang menderita kolesterol dan asam urat akan merasa tidak nyaman karena tubuh menjadi lemah. Selain itu juga penyakit ini dapat memberikan rasa sakit yang sangat menyiksa apabila sedang meradang. Walaupun penyakit ini kadang-kadang muncul, namun tetap saja tidak dapat diremehkan begitu saja.

Kolesterol dan asam urat yang tinggi dapat menimbulkan dampak penyakit komplikasi yang berbahaya. Diantaranya, kolesterol dapat meningkatkan resiko penyakit seperti stroke, diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi. Sedangkan asam urat yang tinggi juga dapat mengurangi fungsi ginjal. Pada artikel ini kita membahas sayuran penurun kolesterol dan asam urat tinggi yang dapat Anda konsumsi setiap harinya.

 

Sayuran Penurun Kolesterol Dan Asam Urat

 sayuran penurun kolesterol dan asam urat

Makanan dan sayuran penurun kolesterol dan asam urat

Kolesterol dan asam urat yang tinggi dapat menimbulkan dampak penyakit komplikasi yang berbahaya. Diantaranya, kolesterol dapat meningkatkan resiko penyakit seperti stroke, diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi. Sedangkan asam urat yang tinggi juga dapat mengurangi fungsi ginjal. Untuk menurunkan kolesterol dan asam urat tinggi, Anda dapat mengkonsumsi sayuran yang memiliki nutrisi yang tepat. Berikut ini sayuran yang dapat menurunkan kolesterol dan asam urat, diantaranya :

1.      Brokoli

Perlu diketahui bahwa serat dapat mengurangi asam urat dan membantu proses pencernaan sari makanan pada tubuh. Selain itu serat juga dapat berfungsi untuk menyerap kadar asam urat dalam darah. Dan kandungan serat pada brokoli sangat tinggi kandungan seratnya sehingga dapat digunakan sebagai makanan menurunkan asam urat.

2.      Wortel

Sama seperti brokoli, wartel juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang mampu membuang asam urat dalam darah melalui saluran pencernaan seperti urin. Selain itu juga dapat membantu proses metabolisme dalam tubuh yang mampu mengurangi kolesterol pada tubuh.

3.      Sawi

Sayuran ini biasanya dijadikan sebagai pendamping makanan seperti mie dan pangsit, ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk penderita asam urat dan kolesterol. Manfaat sawi yang luar biasa ini sangat baik untuk penderita asam urat dan kolesterol, serta ibu hamil. Manfaat sawi diantaranya menangkal hipertensi, jantung, berbagai jenis kanker, anemia, dan menangkal terjadinya asam urat pada tubuh.

4.      Tomat

Sayuran ini memiliki kandungan kalium yang tinggi yang dapat meningkatkan keluarnya asam urat pada tubuh oleh ginjal. Pada beberapa tips kecantikan alami, tomat juga dimanfaatkna untuk perawatan kulit yang dapat mencerahkan dan menurunkan kadar lemak. Dengan mengkonsumsi tomat 1 gelas perhari maka dapat terhindar berbagai penyakit serius dari tingginya kolesterol pada tubuh.

5.      Kubis

Sayuran yang serba guna ini ternyata juga mampu memberikan nilai gizi yang baik untuk tubuh terlebih pada penyakit asam urat dan kolesterol. Sayuran ini juga dapat dimakan mentah atau dimasak untuk pendamping nasi. Kandungan serat yang baik yang terdapat pada sayuran ini mampu membantu menurunkan  kolesterol dan asam urat tinggi.

6.      Seledri

Jenis sayuran ini mampu mengurangi kadar asam dan juga dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh. Selain itu juga seledri mampu menurunkan kolesterol karena kandungan kalori yang rendah dan tingginya kadar serat dalam sayuran ini.

7.      Bayam

Sayur yang memiliki manfaat untuk menjaga stabilitas kadar kolesterol ini juga mampu menghilangkan asam urat. Dengan meningkatkan produksi kolesterol baik (HDL) maka mampu mencegah kolesterol jahat yang terdapat pada tubuh. Untuk menghilangkan kolesterol dan asam urat dengan memasukkan sayur bayar ke menu makanan mampu menghindari bahaya kolesterol tinggi.

Baca Juga :

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Dengan Pasta Gigi

15 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Alami dan Permanen

Makanan Penurun Kolesterol Dan Asam Urat Tinggi

Selain memakan sayuran penurun kolesterol dan asam urat di atas, Anda juga dapat mencoba mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol dan asam urat dengan cepat. Diantaranya :

makanan penurun kolesterol dan asam urat tinggi

Makanan penurun kolesterol dan asam urat tinggi

8.      Buah ceri

Zat anti-inflamasi yang bernama antosianin pada buah ceri mampu mengurangi kadar asam urat dan memiliki peran penting untuk mencegah pengkristalan asam urat pada sendi. Makan 200 gram buah ceri sehari mampu menetralkan zat asam dan peradangan nyeri sendi yang di akibatkan oleh asam urat.

9.      Minyak biji rami

Jenis minyak ini sangat baik untuk menurunkan kolesterol dan asam urat yang tinggi. Minyak biji rami juga mengandung 45% serat dan 55% asam lemak omega 3. Kandungan kalium pada minyak biji rami juga membantu untuk menjaga kesehatan jantung dan darah. Biji dan kacang sebagai sumber minyak tubuh yang dilarang bagi penderita asam urat dapat digantikan dengan minyak biji rami ini.

10. Apel

Buah yang kaya manfaat ini juga dapat menjadi buah penurun kolesterol dan asam urat. Karena kandungan asam malat pada buah apel ini dapat menetralkan efek asam urat dan menurulkan kolesterol. Zat yang terkandung pada apel dapat membantu mengeluarkan asam urat tubuh lewat saluran urin. Dan membantu proses oksidasi kolesterol sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi apel setelah makan.

11. Alpukat

Kandungan kadar gula yang sangat rendah dan kadar basa yang tinggi mampu menurunkan kadar asam pada tubuh. Selain itu juga kandungan lemak tak jenuh tunggal mampu menghancurkan dan menghilangkan kolesterol jahat dan menggantinya dengan kolesterol baik. Untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda dapat makan buah alpukat dengan campuran makanan dan sayuran penurun kolesterol dan asam urat di atas.

12. Pisang

Pisang juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh karena kandungan gula yang rendah serta kadar alkali dan kalium yang tinggi mampu menurunkan kolesterol dan asam urat tinggi yang dikeluarkan lewat saluran urin. Namun selalu pastikan untuk tidak berlebihan karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

13. Air dan teh hijau

Air dapat membatu mengalirkan kadar asam urat tinggi dan mengeluarkannya melalui urin, sedangkan teh hijau mampu mengeluarkan sisa limbah kotoran yang tidak terbuang yang bisa memicu kadar asam urat tinggi. Dengan mengkonsumsi teh hijau maka kandungan antioksidan yang tinggi mampu menurunkan kadar LDL. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal setidaknya minum 2 gelas teh hijau setiap hari.

14. Ikan salmon

Kandungan kadar purin pada ikan salmon yang rendah sehingga aman untuk makan, selain itu mengkonsumsi ikan salmon dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Karena kandungan asam lemak omega 3 dapat mencegah dan menghilangkan kolesterol buruk pada tubuh. Ikan ini dapat juga menrunkan resiko penyakit komplikasi yang berbahaya akibat kolesterol tinggi seperti stroke dan jantung.

15. Bawang putih

Lembaga riset American Association menyarankan untuk mengkonsumsi sebanyak 600-900 mg bawang putih atau sekitar 1 siung setiap harinya. Bawang putih mampu menstabilkan dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh seperti kolesterol LDL dan trigliserida (lemak).

16. Buah delima

Mengkonsumsi buah delima secara rutin juga baik untuk mengurangi penumpukan plak kolesterol didalam tubuh dan mampu meningkatkan kadar oksida nitrat yang mengurangi plak dalam arteri tubuh atau asam urat.

17. Buah anggur

Buah penurun kolesterol adalah anggur. Dengan mengkonsumsi 2 gelas jus anggur sehari maka dapat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan membantu menghindari penyakit berbahaya akibat kolesterol tinggi.

18. Kumis kucing

Tumbuhan ini sering kali digunakan untuk mengobati asam urat, karena mengandung garam kalium yang tinggi. Garam kalium bermanfaat untuk melarutkan tumbukan lemak yang menjadi batu ginjal. Dan juga senyawa orthosiphonin glikosida dan sinsetin yang menjadi anti bakteri memiliki sifat diuretik yang membantu membuang asam urat dan kolesterol melalui urin.

19. Daun salam

Daun salam juga dipercaya untuk mengobati kolesterol dan asam urat. Bahan alami ini juga sangat aman dikonsumsi. Caranya cukup rebus beberapa helai daun salam pada 650 cc air mendidih. Hingga tersisa sekitar 1 gelas saja. Setelah itu minum air rebusan tersebut setiap hari untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

20. Konsumsi air putih

Konsumsi air putih minimal 8 gelas sehari agar dapat membantu mengoptimalkan kerja ginjal dalam memproses makanan sehingga dapat mengeluarkan asam urat dengan sempurna.

Selain 20 makanan dan sayuran penurun kolesterol dan asam urat tinggi di atas, Anda juga dapat mencoba makanan yang banyak mengandung serat dan kalium sehingga dapat meredakan bahkan menghilangkan asam urat dan kolesterol. Selalu jaga pola makan untuk menghindari penyakit ini. Semoga bermanfaat, terima kasih!

20 Makanan dan Sayuran Penurun Kolesterol Dan Asam Urat Tinggi | AndiMariadi | 4.5