36 Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi Cepat dan Alami

Darah tinggi atau dalam istilah medis disebut hipertensi. Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat umum ditemui pada masyarakat Indonesia. Hal ini berkaitan erat dengan pola makan orang indonesia sehari-hari. Penyakit ini tergolong berbahaya jika dibiarkan terlalu lama, karena dapat menimbulkan komplikasi lain seperti serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini, Anda bisa mencoba makanan penurun darah tinggi. Karena ada beberapa jenis makanan yang baik dalam menjaga tekanan darah agar tetap normal. Selain itu juga dengan memakan makanan ini dapat membuat tubuh mendapatkan nutrisi yang tepat. Kondisi tekanan darah yang tidak normal, dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit pada tubuh, misalnya saja sakit kepala.

Daftar makanan penurun darah tinggi

Daftar makanan penurun darah tinggi

36 Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi

Sebelum menurunkan darah tinggi, terlebih dahulu untuk menghentikan mengkonsumsi lemak jenuh seperti makanan yang digoreng dan lemak daging olahan. Karena akan sia-sia saja mengkonsumsi makanan penurun tekanan darah tinggi jika penyebabnya masih Anda konsumsi. Jika kebiasaan mengkonsumsi lemak jenuh sudah dapat dikurangi, maka Anda bisa mengkonsumsi makanan berikut ini :

Baca Juga :

Kumpulan Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Pijatan

1.      Mentimun

Kandungan sodium yang rendah pada timun sangat cocok untuk menurunkan tekanan darah. Untuk menjadikan timun sebagai obat darah tinggi, Anda dapat mengkonsumsi mentimun 2 kali sehari. Bisa langsung dimakan atau dengan cara di parut kemudian saring dan minum air mentimun tersebut.

2.      Seledri

Kandungan kalium dan kalsium yang banyak pada seledri mampu membantu menyembuhkan darah tinggi. Dengan menambahkan seledri sebagai menu tambahan makan dapat menghilangkan tekanan darah tinggi yang diderita.

3.      Bawang putih

Bawang putih mampu mencegah proses pembekuan darah dan menahan efek yang muncul akibat darah tinggi. Selain itu juga bumbu masak ini dapat menghilangkan penyumbatan pada jantung dan merupakan makanan yang memiliki kadar kolesterol yang rendah.

4.      Tomat

Buah tomat memiliki kandungan lycopene yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan pada Universitas Ben Gurion, tomat mampu menurunkan rata-rata 10 tekanan darah sistolik dan 4 point tekanan diastolik dalam kurun waktu 16 minggu. Untuk memanfaatkan tomat ini Anda dapat membuatnya sebagai jus yang menemani saat Anda bersantai.

5.      Kentang

Kentang merupakan sumber karbohidrat yang sehat dan juga merupakan umbi-umbian yang kaya akan kandungan magnesium dan potassium. Kedua senyawa ini mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga menjadi normal. Selain itu juga magnesium dapat memperlancar aliran darah dan membantu tubuh menjaga tekanan darah agar selalu normal.

6.      Kedelai

Kacang kedelai juga memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Kedua senyawa ini dapat membantu mengontrol tekanan darah sehingga menjadi normal. Untuk mendapatkan manfaat kedelai untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda dapat mengkonsumsi olahan susu dari kedelai atau langsung memasaknya secara langsung.

7.      Bayam

Sayuran hijau ini merupakan sayuran yang memiliki sumber serat dan kandungan kalium yang tinggi. Kalium dipercaya mampu menjadi senyawa dalam makanan penurun darah tinggi. Selain itu juga, bayam termasuk sayuran rendah kalori, tinggi serat, dan memiliki nutrisi yang cukup untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah agar selalu normal.

8.      Buncis

Buncis juga dapat digunakan untuk membantu mengobati tekanan darah tinggi. Karena sayuran ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk tubuh agar menjaga tekanan darah selalu normal.

9.      Pisang

Buah ini sangat baik untuk menurunkan darah tinggi, dikarenakan kandungan kalium yang terdapat pada pisang mampu mengontrol tekanan darah, sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Selain itu juga kandungan mineral yang terdapat pada buah pisang mampu menyeimbangkan efek garam dan meningkatkan fungsi organ ginjal. Bagi Anda yang menderita darah tinggi bisa mengkonsumsi buah pisang lebih sering daripada biasanya.

10. Alpukat

Kandungan kalsium, serat, potassium, gizi serta vitamin C & E yang terdapat pada alpukat mampu mengontrol tekanan darah pada tubuh kita. Alpukat juga mampu menurunkan kadar kolesterol pada darah, karean memili kandungan asam oleat dan beta-sitosterol yang tentu sangat baik untuk kesehatan jantung dalam memerangi lemak jahat.

11. Mengkudu

Mengkudu memiliki kandungan zat nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, vitamin, serta mineral penting yang sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu yang disebut dengan Selenium mampu menurunkan kolesterol tinggi, mengobati tekanan darah tinggi, serta menurunkan kadar gula dalam darah.

12. Jeruk

Jeruk sangat terkenal dengan rasanya yang manis dan kaya akan Vitamin C. Namun dibalik itu semua, jeruk memiliki kandungan yang sangat besar sekali manfaatnya diantaranya potasium, serat, dan rendam sodium. Senyawa ini mampu mengatur kebutuhan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

13. Kiwi

Kandungan serat, vitamin, dan kalsium tinggi yang terdapat pada buah kiwi sangat baik bagi tubuh. Antioksidan yang bernama lutein juga berperan penting dalam mengendalikan tekanan darah tinggi.

14. Melon

Melon yang merupakan buah kandungan air yang cukup banyak ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Karena kandungan potasium yang tinggi dapat mencegah terjadinya hipertensi dan juga dapat membantu sirkulasi darah.

15. Blewah

Salah satu buah yang sering sekali kita temui sebagai santapan kolak. Namun dibalik itu semua blewah memiliki kandungan potassium yang tinggi membuat buah blewah mampu dijadikan makanan untuk menurunkan darah tinggi serta mengendalikan tekanan darah agar normal.

16. Coklat

Kandungan antioksidan yang terdapat pada coklat mampu menurunkan darah tinggi, selain itu juga antioksidan mampu memberikan efek penyembuhan hipertensi yang cukup parah.

17. Yoghurt

Makanan ini juga memiliki sifat layaknya susu, dengan kandungan lemak jenuh yang rendah dan juga kandungan kalium dan kalsium yang cukup tinggi mampu mengobati dan menyembuhkan darah tinggi.

18. Ikan salmon

Salmon merupakan salah satu ikan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari. Bagaimana tidak, ikan salmon sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, karena kandungan Vitamin dan Mineral yang tinggi. Dan juga kandungan tersebut juga mampu menyembuhkan darah tinggi.

19. Oatmeal

Oatmeal merupakan sebuah makanan dari olahan gandum yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Karena oatmeal yang dijadikan sebagai menu sarapan mampu menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah sehingga terhindar dari gejala darah tinggi.

20. Roti gandum

Roti gandum juga merupakan salah satu produk makanan olahan dari gandum. Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa gandum dapat mencegah terjadinya hipertensi.

21. Minyak zaitun

Seperti kita ketahui bahwa minyak zaitun memiliki kandungan senyawa yang bernama antioksidan. Antioksidan ini sangat baik dalam menjaga kesehatan jantung dan juga mengendalikan tekanan darah. Dan sekarang telah ditemukan senyawa hydroxytyrosol yang berasal dari perasan buah zaitun. Senyawa ini juga merupakan senyawa superantioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh.

22. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari yang sering dijadikan sebagai camilan di waktu santai ternyata miliki manfaat yang baik, salah satunya menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sehingga biji bunga matahari sangat cocok untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena terdapat kandungan magnesium yang sangat bagus pada biji bunga matahari.

23. Putih telur

Selain protein yang tinggi pada putih telur, kandungan peptida yang terdapat pada putih telur juga terbukti menurunkan darah tinggi. Dengan mengkonsumsi putih telur (hanya putih telur) maka tekanan darah akan berangsur membaik. Karena pada kenyataannya putih telur merupakan obat tekanan darah tinggi yang terbukti ampuh.

24. Semangka

Buah yang memiliki warna daging yang khas ini juga sangat ampuh untuk menurunkan darah tinggi. Selain kandungan air yang dapat menggantikan cairan tubuh yang terbuang saat beraktivitas, kandungan L-citrulline juga dapat membantu mengontrol tekanan darah serta membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh.

25. Kismis

Camilan yang satu ini sudah terbukti dapat menurunkan darah tinggi jika dikonsumsi setiap harinya. Para peneliti mengungkapkan bahwa seseorang yang menderita pra-hipertensi dengan mengkonsumsi setidaknya 3 kali dalam sehari selama 12 minggu, secara signifikan tekanan darah diastolik dan sistolik menjadi lebih rendah dari sebelumnya.

26. Hisbiscus tea

Ketika Anda kesulitan dalam mengubah pola makan Anda sehari-hari, maka hipertensi akan semakin sulit dihindari. Namun itu akan dapat dicegah ketika kita mengkonsumsi teh herbal setiap harinya. Dengan mengkonsumsi teh herbal setiap harinya maka dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan memperlancar aliran darah sehingga menjadi lebih sehat lagi.

27. Beri

Seperti diketahui sebelumnya, bahwa potassium bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, tak terkecuali buah beri. Buah ini memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi, satu mangkuk buah beri mengandung sebanyak 200 mg potassium. Dalam sehari tubuh hanya membutuhkan 4.700 mg potassium atau 23 mangkuk buah beri. Untuk memenuhi kebutuhan potassium tersebut Anda mengolah buah beri menjadi jus untuk dikonsumsi setiap harinya. Buah beri juga sangat baik bagi tubuh kita karena kandungan Vitamin C dan serat yang cukup banyak.

28. Sari buah noni

Sari buah noni dipercaya menjadi pilihan terbaik dalam menurunkan dan menyembuhkan darah tinggi. Noni juice memiliki kandungan senyawa yang cukup ampuh bernama scopoletin dan proseronin. Senyawa ini mampu memperlancar peredaran darah sehingga tidak terjadi penyempitan dan penyumbatan pada darah yang mengakibatkan tekanan darah tinggi.

29. Anggur

Buah yang satu ini kaya akan manfaat dan kandungan yang mampu menurunkan darah tinggi. Kandungan tersebut seperti lycopene, pectin, asam folat, dan vitamin C yang dapat menyehatkan pembuluh darah dan membantu menghilangkan kolesterol jahat dari pembuluh arteri tubuh.

30. Apel

Selain potassium yang tinggi, apel juga mempunyai senyawa pectin yang merupakan suatu serat yang membantu mengikat kolesterol dan toksin dalam tubuh. Karena itulah mengkonsumsi apel sangat baik bagi penderita hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

31. Aprikot

Buah aprikot memiliki kandungan kaya akan serat pangan dan potassium yang sangat berguna untuk mengendalikan tekanan darah dan memperlancar peredaran darah. Namun buah ini sangat sulit ditemukan sehingga Anda harus berusaha lebih untuk mendapatkannya.

32. Blueberry

Menurut hasil penelitian, dengan rutin mengkonsumsi buah blueberry dapat memperlambat proses prahipertensi menjadi hipertensi sehingga mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Satu mangkuk buah blueberry mampu mengurangi tekanan darah dan pembekuan pembuluh darah arteri, yang dapat menimbulkan penyakit kardiovaskular.

33. Buah naga

Penelitain Universitasi Padjajaran menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi buah naga mampu membantu proses penyembuhan darah tinggi. Karena buah naga kaya akan vitamin C, antioksidan flavonoid, dan magnesium yang sangat berkhasiat menurunkan tekanan darah dan melenturkan pembuluh darah arteri.

34. Strawberry

Buah strawberry yang terkenal dengan rasanya yang asam manis ini ternyata juga mampu menyembuhkan darah tinggi. Kandungan anthocyanin yang terdapat pada buah ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Konsumsi setidaknya sekali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

35. Lobak

Sayur lobak juga diyakini dapat menurunkan darah tinggi yang diderita. Kandungan pada sayur lobak memiliki manfaat yang baik untuk tubuh sehingga dapat menurunkan hipertensi dengan alami.

36. Susu bebas lemak

Vitamin D dan kalsium yang terdapat pada susu skim ini dapat membantu menurunkan darah tinggi. Selain itu juga dengan mengkonsumsi susu sangat baik untuk tubuh terlebih kadar lemak yang rendah pada susu tersebut dapat mengurangi ketergantungan lemak yang tinggi pada tubuh. Karena kadar lemak yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan dan penyempitan pada pembuluh darah.

Makanan penyebab darah tinggi

Makanan penyebab darah tinggi

Makanan Penyebab Darah Tinggi

Jika darah tinggi sudah mulai berkurang atau menghilang, sebaiknya Anda hindari beberapa jenis makanan penyebab darah tinggi berikut ini untuk menghindari kembalinya darah tinggi tersebut :

1.      Makanan yang mengandung lemak jenuh

Makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi adalah makanan yang mengandung lemak jenuh. Makanan yang memiliki kadar lemak yang tinggi dapat meningkatkan kolesterol sehingga membuat menghambat aliran darah dan menyebabkan pembuluh darah melebar. Hal ini akan menyebabkan jantung menjadi semakin cepat dan meningkatkan proses tekanan darah ke tubuh. Lemak jenuh ini terdapat pada minyak goreng serta santan (minyak kelapa).

2.      Makanan yang mengandung kafein

Makanan yang memiliki kadar kafein di dalamnya juga dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Jika Anda sudah memiliki riwayat darah tinggi sebaiknya untuk menjauhi makanan yang mengandung kafein. Karena kafein dapat membuang lebih banyak cairan pada tubuh.

3.      Makanan yang instan

Makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi adalah makanan instan. Karena makanan ini memiliki kadar gula yang banyak agar membuat makanan tersebut awet. Oleh sebab itu makanan instan ini tidak baik untuk dimakan oleh kita terlebih yang sudah memiliki riwayat hipertensi.

4.      Makanan manis

Makanan manis juga dapat berpengaruh dengan tekanan darah tinggi. Jika gula darah Anda terlalu rendah maka sangat disarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan manis, namun lain jika kadar gula normal maka jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis karena dapat meningkatkan berat badan, gula darah, serta tekanan darah Anda.

5.      Makanan asin

Makanan penyebab darah tinggi terakhir adalah makanan yang memiliki rasa yang asin. Kandungan sodium pada garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat, sebaiknya untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan citra rasa asin karena tidak baik untuk penderita darah tinggi.

Selain 5 makanan penyebab darah tinggi tersebut beberapa hal berikut ini juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda, diantaranya :

  • Stress
  • Usia
  • Terlalu banyak aktivitas
  • Faktor Keturunan
  • Pola hidup yang tidak sehat
  • Rokok dan Alkohol

Pada 36 daftar makanan penurun darah tinggi cepat dan alami di atas dapat Anda terapkan setiap hari, namun sebaiknya selalu jaga pola makan Anda, karena jika terlalu banyak makan-makanan juga tidak baik untuk tubuh. Jika tekanan darah tinggi Anda sudah terlalu sering di alami dan sudah parah, cobalah untuk memeriksakan ke dokter terdekat agar dapat dilakukan penanganan yang cocok untuk kasus Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih!

Tags:

36 Daftar Makanan Penurun Darah Tinggi Cepat dan Alami | AndiMariadi | 4.5