13 Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Secara Alami Dengan Cepat

Sesak nafas atau yang biasa disebut dengan Dyspnea dalam dunia medis. Dyspnea adalah perasaan sulit bernapas yang biasanya terjadi ketika melakukan aktivitas fisik. Sesak nafas sendiri merupakan suatu gejala dari beberapa penyakit yang mungkin dapat bersifat kronis. Gejala sesak nafas adalah adanya gangguan pada saluran pernafasan, serta ditandai dengan terhambatnya pernafasan pada seseorang yang menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Ketika seseorang mengalami sesak nafas, sangat disarankan untuk menghindari rasa cemas yang berlebihan, hal ini dimaksud untuk meminimalkan gejala itu sendiri. Cara menyembuhkan sesak nafas ada berbagai cara, mulai dari secara alami dan tradisional sampai menggunakan obat sesak nafas.

Namun, pada dasarnya untuk mengatasi sesak nafas seseorang disarankan untuk mengkonsumsi obat dari dokter, tetapi tidak jarang juga sesak nafas diatas dengan meminum obat herbal tradisional. Sebelum membahas mengenai cara mengobati sesak nafas, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebab sesak nafas, sehingga dapat ditangani dengan tepat karena beda penyebab beda juga penanganannya.

Penyebab Sesak Nafas

Apabila seseorang mengalami sesak nafas maka bisa saja dikarenakan faktor obesitas, olahraga yang berat, beda ditempat yang bersuhu ekstrem, hingga berada pada ketinggian tertentu. Berikut ini pembahasan mengenai penyebab sesak nafas oleh gangguan kesehatan.

  • Pilek dan batuk
  • Asma
  • Alergi
  • Sinusitis
  • Anemia
  • Tekanan darah rendah
  • Tuberkulosis
  • Keracunan karbonmonoksida
  • Tulang rusuk patah
  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Kanker paru
  • Gangguan pada jantung

Dari kondisi yang sudah disebutkan, maka penyebab utama yang sering memicu terjadinya sesak nafas adalah asma, penyakit ini berhubungan dengan paru-paru dan juga jantung. Biasanya sesak nafas yang disebabkan oleh asma maka berlangsung dalam jangka panjang. Namun, untuk memastikan diagnosa yang tepat, sebaiknya menghubungi dokter.

Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Secara Alami Dengan Cepat

Apabila seseorang terjadi sesak nafas maka harus segera diatas, karena dapat menyebabkan hal yang tidak inginkan, misalnya terjadi kejang-kenjang, kegagalan bernafas yang dapat berakibat pada kematian. Dalam menyembuhkan seseorang yang mengalami sesak nafas tidak sama pada setiap individu. Oleh karena itu dibutuhkan diagnosis yang tepat mengenai penyebab sesak nafas. Berikut ini kami kumpulkan mengenai beberapa cara menyembuhkan sesak nafas secara alami.

Lingkungan yang nyaman dan tenang

Hal pertama yang harus dilakukan jika seseorang mengalami sesak nafas adalah dengan memberikan lingkungan yang tenang dan nyaman. Selain itu juga lingkungan yang ditempati paling tidak pada lingkungan yang hijau dan lapang. Anda bisa pergi keluar kota, gunung, laut, atau menanam tumbuhan hijau yang lebat disekitar tempat tinggal. Anda juga harus berada pada tempat tinggal yang bersih. Untuk menghindari asma yang sangat rentan dengan debu, bulu, serbuk sari, dan pemicu lain.

Posisi setengah duduk

Jika sudah memberikan tempat yang nyaman, segera mungkin untuk memberikan posisi setengah duduk (45°-90°) dengan cara diberikan bantal. Jadi saat seseorang mengalami sesak nafas, sebaiknya aturlah posisi tubuhnya menjadi setengah duduk. Hal ini dikarenakan posisi tersebut dapat membuat paru-paru lebih mengembang, dengan demikian oksigen akan optimal masuk ke paru-paru. Posisi duduk bisa dilakukan dengan cara seperti berikut:

  • Posisi duduk dengan kaki rata dengan lantai (selonjoran)
  • Posisi duduk dengan dada membusung ke depan
  • Duduk dengan siku diletakkan di lutut dan dagu ada dibagian tangan
  • Duduk sambil bersandar pada leher dan bahu. Otot tangan menjadi tumpuan.

Pernafasan perut

Cara mengatasi sesak nafas karena asam lambung bisa cukup dengan mencoba melakukan teknik pernafasan perut. Sesak nafas memang sering terjadi secara mendadak dan tidak tahu tempat, maka dari itu jika seseorang yang mengalami sesak nafas namun tidak ada membawa obat, segera atasi dengan teknik pernafasan perut.

  • Pertama, berbaringlah dengan nyaman menggunakan bantal dalam posisi menukuk lutut dan merilekskakn perut.
  • Kedua, letakkan salah satu tangan ke bagian perut secara perlahan namun sambil menekan. Usahakan menekan dalam kapasitas yang cukup kuat sehinnga ada gaya tekan. Letakkan juga tangan yang lain di dada, lalu bernafaslah perlahan dari hidung dengan menggunakan otot perut Anda, kemudian tahan dalam hitungan satu, 100, dua, 100, tiga, 100.
  • Saat bernafas tangan pada bagian perut di angkat dan saat membuang nafas tangan bagian perut kembali menekan
  • Ketiga, buang nafas pelan-pelan melalui mulut seperti hendak bersiul.

Apabila ritme menghitungnya tidak tepat, Anda bisa menggunakan cara menghitung tersendiri namun masih kapasitas cocok untuk Anda. Dan harus diperhatikan saat membuang nafas harus lebih lama dari pada menarik nafas.

Pernafasan dalam dan panjang

Anda juga bisa menyembuhkan sesak nafas dengan menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya secara perlahan dan panjang. Cara ini cukup efektif sebagai cara mengatasi sesak nafas karena batuk karena dapat menenangkan pikiran. Saat menarik nafas, usahakan untuk menahannya selama kurang lebih 3 detik dan menghembuskan secara perlahan. Lakukan cara ini beberapa kali sampai pernafasan tidak sesak dan merasa nyaman. Namun apabila masih kesulitan bernafas, cobalah untuk meminum segelas air hangat. Karena ada kemungkinan terdapatnya dahak yang menyumbat saluran pernafasan.

Hindari alergen

Penyebab sesak nafas yang dikarenakan asma biasanya disebabkan oleh suatu alergi terhadap sesuatu seperti debu dan bulu. Untuk mengatasi sesak karena asma ini pastikan untuk menghindari sumber alergen tersebut. Apabila sesak nafas sudah terjadi, Anda bisa memberikan obat Bronchodilator yang dapat dibeli di apotik, agar nafas dapat kembali normal. Untuk lebih amannya, Anda bisa menghubungi dokter terdekat agar diperiksa lebih lanjut.

Serai

Cara mengobati sesak nafas secara alami selanjutnya bisa menggunakan bahan serai. Serai memiliki senyawa alami yang dapat bermanfaat untuk mengatasi sesak nafas. Cukup mengambil 10 batang serai lalu mencucinya sampai bersih, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Sebelum air rebusan mendidih maka tambahkan sedikit gula merah untuk menambah rasa air dan jika air rebusan telah mendidih tunggu beberapa saat sampai air tersebut tersisa 1 gelas. Kemudian saring air rebusan tersebut dan biarkan dingin. Setelah itu minum setiap pagi sampai sesak nafas sudah tidak muncul lagi.

Daun sirih

Daun sirih memiliki kandungan fenil propanemm, estragol, minyak atsiri, hidroksikavicol, kavibetol, dan lainnya yang bermanfaat untuk menyembuhkan sesak nafas karena asam lambung. Caranya cukup menyiapkan 5 lembar daun sirih serta daun lada 1/2 sendok teh. Tumbuk kedua bahan tersebut hingga menjadi halus lalu usapkan pada dada secara merata. Cara ini sangat alami dan dapat Anda lakukan di rumah setiap hari sampai nafas nyaman.

Madu

Para ahli herbal telah menemukan obat asma tradisional salah satunya adalah Madu. Karena cairan madu dapat mengecerkan dan mengeluarkan lendiri pada saluran pernafasan. Lendiri yang biasanya terkumpul pada saluran pernafasan dapat menghambat udara yang masuk sehingga memperparah asma. Cara mengobatinya cukup minum madu 1 sendok teh dengan ditambahkan sedikit air agar encer. Lakukan cara ini sampai asma tersebut menghilang.

Jahe

Jahe dapat dimanfaatkan sebagai bahan yang mampu mencegah peradangan di saluran pernafasan pada penderita asma. Untuk menyembuhkan asma Anda dapat menyiapkan 1 ruas jahe, kemudian tumbuk halus atau cukup memarkan saja. Kemudian campurkan dengan 1 gelas air hangat, biarkan sampai kandungan yang terdapat di jahe larut dalam air. Selanjutnya saring air campuran tadi, lalu minum. Ini dapat membantu Anda untuk melawan rasa sesak akibat asma.

Latihan yoga

Latihan yoga memang pada dasarnya untuk melatih pernafas agar nyaman dan normal. Dengan melakukan yoga maka dipercaya dapat membantu menyembuhkan sesak nafas. Dengan melakukan latihan ini maka kondisi pernafasan akan menjadi lebih baik. Dan juga latihan yoga akan membantu mengendalikan fungsi paru dan otot perut.

Terapi medikamentosa

Pada penderita sesak nafas yang dikarenakan asma ringan dapat memberikan obat pereda asma (seperti reliver) yang berupa beta agonis secara oral atau andrenalin 1/1000, subcutan 0,01ml/kg. Untuk dosisnya Anda bisa memintanya ke dokter, karena obat setiap orang berbeda dosisnya.

Terapi suportif

Selain medikamentos, Anda juga dapat mencoba terapi suportif yang menggunakan peralatan lengkap dan mendukung DNA lengkap. Penderita akan sangat memerlukan kondisi tertentu, sehingga apabila terjadi komplikasi seperti dehidrasi maka dapat ditangani dengan tepat seperti memberinya air terlebih dahulu.

Hubungi Dokter

Apabila semua pengobatan di atas sudah dicoba namun tidak mendapatkan hasil dan juga kondisi sedang dalam keadaan darurat maka sebaiknya segera menghubungi Dokter. Tujuannya tentu agar sesak nafas yang dialami segera dapat diatasi dengan baik. Namun jika jarak ke medis terlalu jauh, maka lakukan pertolongan pertama sesak nafas ke penderita.

Tips Pencegahan Sesak Nafas

Jika sesak nafas yang dialami sudah sembuh, maka lakukan beberapa hal berikut agar dapat mencegah sesak nafas kembali lagi.

  • Konsumsi makanan yang mengandung minyak atsiri
  • Cobalah untuk Mengendalikan Tingkat Stres
  • Latihan pertolongan pertama Ketika Panik
  • Melakukan Latihan Pernafasan Hidung
  • Berjalan perlahan Sambil Bernafas Pelan
  • Olahraga Secara Teratur
  • Sering namun Porsi makan Kecil
  • Berhenti Merokok
  • Berenang
  • Menurunkan Berat Badan
  • Jaga Kebersihan Lingkungan Tempat Tinggal
  • Menggunakan Humidifier
  • Hindari Paparan Bahan Kimia
  • Istirahat yang Cukup
  • Gunakan Masker saat beraktifitas
  • Pemeriksaan Medis

Selain itu Anda juga disarankan untuk berkonsultasi ke Dokter ahli agar tahu kondisi Anda seperti apa sehingga dapat mengetahui pengobatan yang cocok untuk Anda. Ketika seseorang mengalami sesak nafas, segera lakukan pertolongan pertama seperti cara di atas. Selain itu selalu menjaga pola hidup sehat supaya sesak nafas tidak kambuh lagi. Demikian artikel 13 cara menyembuhkan sesak nafas secara alami dengan cepat. Jangan lupa untuk membagikannya jika bermanfaat. Terima kasih!

13 Cara Menyembuhkan Sesak Nafas Secara Alami Dengan Cepat | AndiMariadi | 4.5