15 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Alami

Cara menyembuhkan sakit gigi dengan alami ini juga bisa digunakan untuk gigi berlubang. Selain itu juga bisa untuk menyembuhkan gusi dan sakit pada bagian geraham. Di dalam gigi terdapat pulpa gigi yang terdiri dari pembuluh darah, jaringan, dan juga saraf sensitif. Sakit gigi biasanya ada rasa sakit pada sekitar gigi dan penyebabnya karena masalah pada gigi dan juga rahang, misalnya gigi berlubang, gusi bengkak, dan pulpa yang mengalami peradangan.

Apabila terjadi peradangan yang cukup parah maka akan menyebabkan muncul sakit dan rasa ngilu, nyeri, dan bengkak di sekitar gigi. Peradangan ini sendiri disebabkan oleh berbagai faktor, seperti adanya penumpukan nanah yang diakibatkan oleh infeksi bakteri abses periapikal pada dasar gigi, gigi retak, penyusutan gusi, kerusakan pada gigi, dan gigi yang terjepit pada gigi lain saat tumbuh.

Baca Juga :

14 Cara Memutihkan Gigi Dan Menghilangkan Plak Pada Gigi

11 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Dimata Dengan Cepat

Perlu Anda ketahui bahwa sakit gigi merupakan gejala penyakit jantung dan angina. Sakit gigi bisa mengakibatkan penyakit jantung dan juga stroke. Meski pun begitu tetap ada cara menyembuhkan sakit gigi dengan alami. Mereka yang mengalami sakit gigi biasanya akan timbul gejala seperti nyeri pada area gigi dan rahang, bengkak, sakit kepala, dan juga demam. Biasanya, tingkat sakitnya sangat bervariasi mulai dari ringan sampai berat. Kemungkinannya juga bisa timbul dan hilang sendiri secara terus menerus atau berulang-ulang.

Penyebab Sakit Gigi Muncul

Pada penderita sakit gigi saat makan akan muncul rasa nyeri dan ngilu yang sangat menyiksa. Terutama saat mengkonsumsi makanan yang panas atau dingin. Selain itu juga pada musim dingin seperti malam hari akan muncul rasa nyeri tersebut semakin parah sehingga sulit untuk tidur. Sebelum membahas bagaimana cara menyembuhkannya lebih baik kita ketahui dahulu bagaimana mencegahnya dengan tahu penyebab sakit gigi.

  1. Cara menyikat gigi yang salah

Banyak sekali orang yang menganggap menyikat gigi itu mudah, tapi kenyataanya dalam sebuah studi mengatakan bahwa banyak orang yang salah dalam menyikat gigi. Menyikat gigi yang benar adalah selama 1-2 menit sambil memutar-mutar agar lebih maksimal bisa menyikat gigi di depan cermin agar melihat sisa makanan yang masih menempel. Dan bisa juga dengan berkumur-kumur dengan obat kumur pembersih mulut.

  1. Jarang menyikat gigi

Meskipun sudah benar dalam menyikat gigi tapi apabila menyikat gigi sangat jarang dilakukan maka sama saja tidak berguna. Jarang sikat gigi dapat mengakibatkan masalah gigi seperti kerusakan gigi permanen dan gigi mudah rapuh. Jadi pastikan menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari pada saat sebelum tidur dan sesudah bangun tidur. Tapi perlu Anda ketahui bahwa jangan menyikat gigi setelah mengkonsumsi minuman berenergi, soda, dan asam lainnya.

  1. Bentuk sikat gigi yang salah

Bicara soal bentuk sikat gigi, maka harus menyesuaikan bentuk mulut. Bentuk mulut cenderung menyempit di bagian belakang sehingga akan mempersulit membersihkannya. Gigi geraham adalah gigi yang biasanya sering bermasalah, karena letaknya paling belakang dan membuat sikat gigi sulit untuk menjangkaunya terlebih jika bentuk kepala sikat gigi yang besar. Jadi pastikan gunakan sikat gigi yang sesuai dengan kondisi bentuk mulut Anda.

  1. Makanan yang terlalu manis

Gula merupakan sebuah makanan yang manis. Namun, Anda harus mengetahui bahwa gula merupakan faktor pertama zat yang dapat merusak gigi dan mudah berlubang. Karena zat gula sendiri membuat gigi mudah keropos dan membuat kuman lebih senang menggerogoti gigi apabila masih tersangkut di gigi. Jadi, pastikan setelah mengkonsumsi makanan yang manis menyikat gigi dengan bersih jangan sampai tersisa di sela-sela gigi.

  1. Sering makan makanan yang dapat merusak gigi

Sama seperti bahasan poin sebelumnya, mengkonsumsi manisan dapat merusak gigi. Tapi masih ada makanan yang dapat merusak gigi, seperti minuman yang berenergi, soda, dan minuman asam lainnya. Makanan tersebut sangat cepat mengikis lapisan luar gigi sehingga mudah keropos dan rusak.

Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Alami

Setelah mengetahui penyebab sakit gigi, maka Anda dapat dengan mudah mencegah agar gigi tidak mudah berlubang lalu sakit. Namun, apabila sudah terlanjur mengalami sakit gigi, Anda bisa mencoba cara menyembuhkan sakit gigi dengan alami seperti dibawah ini.

1. Membersihkan Mulut dan Gigi

Hal pertama yang dilakukan setelah mengalami sakit gigi adalah dengan cara membersihkan gigi dan mulut agar sisa makanan yang masih menempel hilang. Karena bakteri sangat senang berdiam pada area sisa makanan. Bakteri sendiri merupakan penyebab utama sakit gigi dan dapat merusak gigi. Dalam membersihkan mulut bisa dengan menyikat gigi apabila mengalami sakit gigi. Memang terasa sakit apalagi jika yang sakit adalah gigi yang berlubang, tapi hal ini dilakukan untuk menghindari sakit yang lebih parah lagi.

2. Air Garam

Selain dengan membersihkan gigi dengan cara menyikatnya, Anda bisa menggunakan air garam untuk berkumur-kumur agar kuman penyebabnya mati. Kandungan yodium yang ada pada garam akan membantu meredakan rasa ngilu pada gigi. Bahkan dengan penggunaan rutin, garam dapat membunuh dan menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi. Untuk cara menggunakannya bisa dilihat di bawah ini.

– Siapkan garam 1 sampai 3 sendok makan

– Kemudian larutkan garam tersebut dengan air hangat, lalu aduk sampai garam dirasa telah larut sempurna.

– Jika garam sudah larut sempurna, gunakan air hasil larutan garam tersebut sebagai air untuk berkumur selama kurang lebih 1 menit. Cara ini lebih efektif ketimbang kita mengunyah garamnya secara langsung, karena garam yang dikunyah secara langsung tidak dapat masuk ke dalam sela-sela gigi.

Perlu diperhatikan, apabila gigi sudah sembuh. Hentikan pemakaiannya ini, karena jika dilakukan secara terus menerus maka garam dapat mengikis gigi sehingga mudah keropos.

3. Bawang putih

Bawang putih sudah dipercaya sejak dulu dapat mengobati sakit gigi secara tradisional. Bawang memiliki sifat antiseptik yang cukup tinggi sehingga dapat membantu membunuh segala jenis kuman penyebab sakit gigi. Berikut ini cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih.

– Sediakan bawang putih 1-2 biji, kupas kulitnya, lalu tumbuh halus bawang tersebut.

– Kemudian tempelkan bawang yang telah ditumbuk halus tadi ke gigi yang sedang sakit, untuk hasil yang maksimal Anda bisa menambahkan taburan garam pada bawang tersebut.

– Diamkan selama kurang lebih 10 menit agar air bawang meresap, kemudian kumur-kumur, buang bawang tersebut.

4. Bawang merah

Sama seperti bawang putih, bawang merah juga bisa digunakan untuk mengganti bawang putih apabila tidak ada. Cara menggunakannya juga sama, Anda bisa berkumur dengan obat kumur pembersih mulut yang tersedia di minimarket terdekat.

5. Belimbing wuluh

Sama seperti bawang, belimbing wuluh juga memiliki zat antibakterial yang mampu membunuh kuman penyebab rasa sakit pada gigi. Namun berbeda dengan bawang, belimbing wuluh memiliki rasa yang cukup masam dan sangat tidak enak. Dan berikut ini cara menggunakan belimbing wuluh.

– Pilih belimbing wuluh 1-2 biji yang masih belum matang, kemudian tumbuk halus belimbing tersebut.

– Tempelkan belimbing yang sudah ditumbuk halus tadi ke gigi yang sakit. Lalu, diamkan selama kurang lebih 10 menit agar airnya meresap ke sela-sela gigi.

Apabila rasa sakit sudah hilang Anda bisa mengunyah belimbing wuluh tersebut.

6. Jeruk nipis

Jeruk nipis yang memiliki rasa yang cukup asam ini akan memberikan efek penyembuhan yang tergolong cepat, tapi meski begitu jeruk nipis jarang di konsumsi secara langsung. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu dengan memeras air jeruk nipis tersebut ke dalam sebuah wadah, kemudian oleskan air perasan tersebut ke gigi yang sedang sakit. Hal ini akan mengurangi rasa sakit bahkan menyembuhkan sakit gigi.

7. Cengkeh

Cengkeh memiliki anti-inflamasi, antioksidan, anestesi, dan anti bakteri sehingga sangat cocok untuk mengobati sakit gigi dan peradangan yang terjadi pada gusi. Untuk dapat menggunakan cengkeh Anda bisa dengan membeli minyak cengkeh yang sudah di ekstrak. Cara menggunakannya bisa dengan menuangkan minyak cengkeh ke sebuah kapas kemudian tempelkan ke gigi yang berlubang selama kurang lebih 30 menit. Lalu, buang kamar sambil berkumur-kumur dengan obat kumur atau air hangat sampai bersih.

8. Lada

Lada memiliki kandungan anti peradangan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk obat sakit gigi. Selain itu juga lada dapat meredakan gigi sensitif. Untuk menggunakannya Anda bisa dengan menyediakan lada, garam, dan air kemudian aduk hingga menjadi pasta. Nah, pasta itulah yang nanti akan ditempelkan ke gigi yang sedang sakit. Diamkan selama 30 menit agar bahan meresap. Kemudian kumur-kumur sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa menggunakan lada ini secara rutin untuk menyembuhkan sakit gigi.

9. Biji asam jawa

Sejak dulu orang percaya bahwa biji asam jawa dapat menyembuhkan gigi berlubang. Biji ini dapat menyerap dan membunuh bakteri pada area gigi yang berlubang. Bahkan, mampu meredakan ngilu dan nyeri pada gigi. Untuk menggunakannya cukup sangrai biji asam jawa secukupnya kemudian tumbuk halus. Kemudian campurkan dengan air hangat agar membentuk pasta. Pasta yang terbentuk itulah yang akan dioleskan keseluruh area gigi yang sakit. Biarkan selama 5-10 menit, kemudian kumur-kumur dengan obat kumur atau air hangat.

10. Biji alpukat

Hampir sama dengan biji asam jawa, biji alpukat juga dipercaya untuk menyembuhkan gigi berlubang dan mengobati sakit gigi yang berlebihan. Cara menggunakannya juga sama seperti biji asam jawa namun sebelum mensangrai biji alpukat harus dijemur terlebih dahulu baru disangrai.

11. Daun jambu biji

Banyak sekali obat tradisional menyembuhkan sakit gigi, namun sangat jarang orang mempercayai bahan alami contohnya daun jambu biji ini. Padahal daun jambu biji dapat membantu membunuh kuman yang bersarang pada gigi dan gusi yang sedang meradang. Selain itu juga daun jambu biji dapat menghilangkan bau mulut.

Cara menggunakan daun jambu biji untuk mengobati sakit gigi adalah menumbuk halus 9 daun jambu biji, kemudian tempelkan ke gigi yang berlubang atau sedang sakit. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit, atau Anda bisa mengunyahnya agar lebih cepat meresapnya. Apabila sudah meresap kumur-kumur sampai bersih.

12. Cabe rawit

Cabe rawit yang memiliki rasa pedas ini mampu menyembuhkan peradangan pada gusi, karena zat capcaisin yang terkandung didalamnya dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi. Untuk menggunakannya Anda bisa dengan mengambil cabe rawit yang masih hijau kemudian menumbuknya sampai halus. Setelah itu campurkan dengan air hangat, lalu kumur-kumur selama kurang lebih 15 menit agar meresap ke sela-sela gigi. Lakukan cara ini sampai benar-benar sakitnya sudah hilang

13. Serai

Siapkan serai atau sirih sebanyak 40 gram dan air sebanyak 2 gelas. Rebus air dan serai tersebut sampai benar-benar panas atau kira-kira tersisa 1 gelas saja. Dinginkan terlebih dahulu sampai dirasa bisa digunakan untuk berkumur-kumur selama 15 menit. Selain mengobati sakit gigi, cara ini juga mampu memutihkan gigi.

14. Getah jarak

Getah jarak yang mengandung antibakterial, aktiseptik, dan antibiotik yang cukup tinggi ini dapat membunuh kuman dan bakteri secara cepat. Tidak salah memang jika bahan alami ini digunakan pada zaman dahulu untuk menyembuhkan sakit gigi.

15. Jahe dan bunga matahari

Jahe yang biasanya dikenal sebagai bahan alami untuk menghangat tubuh, ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi apabila dicampurkan dengan bunga matahari dan terbukti cukup ampuh. Caranya adalah dengan mencampurkan 50 gram bunga matahari, 5 gram jahe, dan 600cc air. Kemudian rebus semua bahan tersebut sampai dirasa air tinggal 300cc. Saring air rebusan tadi, kemudian minum dan kumur-kumur dengan air tersebut selagi masih hangat.

Apabila Anda mengalami sakit gigi yang lebih dari 3 hari, dan makin parah hingga mengakibatkan demam atau sulit membuka mulut, segeralah menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan khusus. Selain itu, ingatlah jangan pernah memakai obat kimia yang dibubuhkan ke area gigi berlubang, karena akan menyebabkan kerusakan jaringan gusi.

Demikian artikel 15 cara menyembuhkan sakit gigi dengan alami, sebaiknya coba cara diatas sehingga aman dan tanpa efek samping. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Salam dan Terima kasih!

Tags:

15 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Alami | AndiMariadi | 4.5