Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen

Pada usia lanjut, rambut biasanya akan cenderung berwarna putih atau bisa disebut dengan uban. Banyak orang yang tidak suka dengan uban dan cenderung mencari cara menghilangkan uban secara permanen agar uban tidak muncul lagi.

Padahal terjadinya uban disebabkan karena melanin pada rambut tidak lagi diproduksi, sehingga rambut akan tumbuh tanpa melanin. Biasanya rambut orang indonesia akan berwarna hitam karena produksi melanin pada rambut sangat tinggi sehingga rambut menjadi hitam. Namun, banyak pada usia muda memiliki masalah pada uban. Karena uban berhubungan erat dengan orang yang sudah berusia lanjut. Karena itu orang banyak tidak suka dengan rambut yang sudah memutih sehingga banyak yang mencabutnya.

Mencabut uban tidak dianjurkan oleh dunia medis karena akan merusak saraf dan folikel. Hal ini menjadi alasan tidak boleh mencabut uban, karena akan mengganggu pertumbuhan rambut dan warna rambut. Dan, Berikut ini tips cara menghilangkan uban secara permanen dan cepat menggunakan bahan secara alami.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya uban, diantaranya disebabkan oleh faktor genetik. Namun lebih jelasnya bisa  membaca bahasan penyebab uban muncul dikepala.

8 Penyebab Uban di Usia Muda

Hal yang menyebabkan munculnya uban adalah sebagai berikut :

1. Hormon Genetik

Alasan penyebab munculnya uban diusia muda adalah karena faktor bawaan lahir. Jika Anda terlahir dari orang tua yang pada usia muda sudah memiliki uban maka besar kemungkinan hormon genetik tersebut akan Anda miliki juga.

2. Kurang Vitamin

Vitamin B12 yang merupakan makanan untuk rambut. Oleh karena itu jika Anda kekurangan vitamin tersebut maka rambut Anda menjadi kering dan lama kelamaan akan menjadi berwarna putih. Rambut berwarna putih inilah yang disebut dengan Uban.

3. Stress Berlebihan

Stress yang berlebihan dapat berdampak buruk untuk kesehatan, salah satu bagian tubuh yang diakibatkan oleh stress adalah rambut. Apabila Anda sedang stress maka melanin akan terus berkurang dan mengakibatkan terjadinya uban pada rambut Anda.

4. Gangguan Tiroid

Tiroid merupakan sebuah penyakit yang dapat mempengaruhi produksi melanin pada rambut. Melanin yang merupakan sel pewarna rambut, pada orang indonesia produksi melanin lebih banyak karena itu rambut berwarna hitam. Namun jika melanin ini kurang maka warna rambut akan memutih, ini yang menyebabkan uban tumbuh.

5. Anemia Pernisiosa

Penyakit anemia pernisiosa mempengaruhi penyerapan Vitamin B12 untuk tubuh. Karena itu tubuh yang memiliki penyakit Anemia Pernisiosa akan mempengaruhi terjadinya penumbuhan uban yang cepat, karena rambut kekurangan Vitamin B12 untuk kesehatan rambut.

6. Vitiligo

Vitiligo yang merupakan penyakit terbentuknya bercak-bercak putih di kulit. Penyakit ini dapat menyerang semua area kulit tubuh tidak terkecuali akar rambut. Akar rambut yang terkena penyakit vitiligo akan menyebabkan tumbuhnya uban, biasanya terdapat di rambut, bulu mata, alis mata, dan juga jenggot.

7. Narkoba

Anda tentu mengetahui bahwa sekarang pemeriksaan narkoba menggunakan rambut lebih ampuh daripada air seni. Karena narkoba sangat melekat dikulit bagian kepala si pemakai. Hal ini menyebabkan kulit kepala pengguna narkoba lebih rentan terkena penumbuhan uban lebih cepat karena Vitamin untuk rambut sudah tercampur dengan zat kimia yang berbahaya.

8. Merokok

Sama seperti dengan narkoba, perokok aktif juga lebih rentan penumbuhan ubannya karena zat adiktif yang ada dirokok akan mengendap di kulit bagian kepala, hal ini yang menyebabkan vitamin pada rambut berkurang dan lama kelamaan rambut akan kering, kemudian rontok atau memutih.

 

Penyebab uban diatas merupakan penyebab umunya saja, dan masih banyak lagi penyebab munculnya uban yang tidak diketahui. Dengan mengetahui penyebab tersebut tentu Anda dapat memberikan penanganan yang cocok untuk menghindari munculnya uban.

Penanganan yang biasanya orang lakukan dengan cara menghitamkan rambut. Cara tersebut memang cepat dapat menghilangkan uban, tetapi hanya dalam beberapa waktu saja uban akan muncul kembali. Dan berikut ini dokteralami.com memberikan tips cara menghilangkan uban secara permanen sekaligus menghitamkan rambut secara alami.

Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen

Jika usia Anda masih tergolong muda dan mengalami uban yang cukup banyak maka sebaiknya Anda segera mengobatinya. Karena mungkin saja ada penyebab yang serius munculnya uban dikepala. Berikut ini kami memberikan cara menghilangkan uban secara permanen dengan bahan alami.

1. Istarahat Yang Cukup

Hal yang pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memiliki waktu untuk beristirahat agar segala pemikiran yang membuat Anda stress menjadi hilang. Karena pada point sebelumnya sudah disebutkan bahwa stress merupakan salah satu faktor penyebab munculnya uban di usia muda Anda.

2. Menjaga Pola Makan

Yang kedua, Anda bisa menjaga pola makan Anda. Maksudnya adalah pola makan yang bisa mensuplai vitamin untuk rambut, salah satunya Vitamin B12. Vitamin ini akan membantu menyuburkan rambut Anda dan menghindarkan dari keringnya rambut.

3. Daun Bunga Sepatu

Kembang sepatu yang merupakan tanaman hias bisa juga digunakan untuk menghilangkan uban secara permanen. Karena memiliki zat yang dapat membantu produksi melanin pada rambut. Cara menghilangkan uban dengan bunga sepatu cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan 10-15 helai daun bunga sepatu dan kemudia remas-remas sampai mengeluarkan lendir. Lendir yang dihasilkan oleh daun bunga sepatu tersebutlah yang digunakan untuk mengoleskan keseluruh kulit kepala.

Diamkan lendir tersebut sampat mengering, setelah itu bilas hingga bersih. Lakukan sekali dalam dua minggu, maka tidak perlu waktu lama rambut Anda akan hitam kembali.

4. Kelapa Hijau

Kita juga bisa memanfaatkan buah kelapa untuk menghitamkan rambut secara alami, cara ini memang tidak permanen karena hanya bersifat sementara sebagai pewarna rambut.

Cara pemakaiannya Anda bisa mengambil satu biji buah kelapa yang masih muda atau berwarna hijau ditambah dengan sedikit garam dapur. Setelah itu daging kelapa diparut dan campurkan dengan garam dapur. Peras hasil parutan tersebut, kemudian diamkan selama semalaman. Air hasil perasan tersebut digunakan untuk keramas setiap hari sampai seminggu agar mendapatkan hasil yang sempurna.

5. Minyak Kemiri

Kemiri memiliki kandungan mineral essens yang dapat meningkatkan produksi pigmen melanin untuk rambut. Sehingga warna rambut yang sudah putih dapat menjadi hitam karena produksi melanin meningkat dari sebelumnya. Anda bisa menggunakan minyak kemiri ini beberapa dalam seminggu.

Cara menghilangkan uban dengan minyak kemiri, adalah sebagai berikut :

– Siapkan kemiri secukupnya, kemudian sangrai kemiri tersebut sampai menjadi kering.

– Setelah itu tumbuk halus kemiri tersebut sampai mengeluarkan minyak. Setelah minyak tersebut keluar tambahkan dengan perasan lemon, lalu oleskan campuran tersebut keseluruh kulit kepala.

– Diamkan selama 30 menit agar minyak dapat meresap dengan sempurna dikulit kepala. Kemudian bilas menggunakan air sampai bersih agar tidak menjadi penyebab ketombe nantinya.

6. Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut memang langkah yang paling cepat dan merupakan solusi yang mampu mengatasi uban. Namun, cara ini tidak bersifat permanen karena dalam beberapa waktu warna akan memudar. Anda bisa menggunakan shampoo pewarna seperti N*ni black hair atau sejenisnya.

7. Yoghurt

Yoghurt memiliki kandungan zat yang dapat menghitamkan rambut dan dapat menghilangkan uban dengan cepat. Karena yoghurt mengandung Vitamin B yang dapat membantu masalah kesuburan sel rambut. Cara menggunakan yoghurt cukup mudah Anda hanya menyediakan yoghurt tanpa rasa kemudian buatlah masker rambut. Setelah itu oleskan masker tersebut keseluruh kulit kepala dan diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas sampai bersih.

8. Biji Pepaya

Menurut para ahli bahwa kandungan biji pepaya menyerupai semacam pigmen yang sangat mirip dengan melanin. Karena itulah kandungan pada biji pepaya ini dapat membuat rambut menjadi lebih hitam dan juga kandungan mineral yang ada pada biji pepaya dapat menghilangkan uban pada rambut. Berikut ini cara pemakaiannya.

– Siapkan beberapa biji pepaya yang masih segar, kemudian sangrai semua sampai kering dan biarkan biji tersebut dingin.

– Tumbuk halus biji pepaya tersebut, setelah halus campurkan dengan minyak kelapa muda sampai berbentuk seperti adonan shampo. Kemudian oleskan keseluruh rambut dan berikan pemijatan selama kurang lebih 1 sampai 5 menit.

– Setelah itu tutup dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan cara keramas dengan air bersih.

9. Alpukat

Vitamin B yang terdapat di buah Alpukat mampu menghitamkan rambut dan menyuburkan rambut pada area kepala. Cara mengolahnya juga tergolong cukup mudah. Berikut ini cara pengolahan buah alpukat untuk menghitamkan rambut yang beruban.

– Sediakan satu buah alpukat kemudian haluskan dengan cara diblender. Setelah itu campurkan dengan perasan air jeruk.

– Balurkan bahan yang telah dicampurkan tersebut kedaerah kulit kepala dan tutup dengan showercap selama 30-60 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

10. Air Teh Bekas

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti, kandungan senyawa antioksidan yang berada pada teh mampu meningkatkan produksi pigmen menghitamkan pada rambut. Bahkan jika menggunakan air teh bekas secara rutin mampu membut rambut lebih berkilau. Beirkut ini cara menghilangkan uban dengan teh.

– Seduhkan teh seperti biasa dengan menggunakan air panas secukupnya. Kemudian diamkan seduhan tersebut selama 12-24 jam.

– Gunakan air seduhan yang telah didiamkan tersebut untuk mengoleskan diarea kuliit kepala sambil berikan pijatan agar pori-pori dapat menerima vitamin dari teh.

– Diamkan air hasil seduhan teh tersebut selama 30 menit, kemudian bilas dengan cara keramas sampai benar-benar bersih.

11. Lemon Dan Minyak Kelapa

Vitamin C yang terdapat pada lemon dan kandungan yang ada pada minyak kelapa membuat campuran ini menjadi obat uban yang sangat ampuh. Bahkan tidak hanya itu penggunaan secara rutin akan membuat rambut lebih berkilau. Berikut ini cara pemakaian lemon dan minyak kelapa sebagai obat uban.

– Campurkan perasan lemon dengan minyak kelapa, untuk takaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

– Oleskan secara merata campuran bahan, sambil dilakukan pijatan pada area kulit kepala. Agar hasil yang didapatkan sempurna diamkan kurang lebih 20-30 menit.

– Setelah itu keramas menggunakan air bersih agar tidak tersisa dikulit kepala.

12. Daun Rambutan

Rambutan yang terkenal memiliki buah yang memiliki rasa yang manis, namun disini kita tidak membahas mengenai buahnya tetapi daunnya. Daun rambutan memiliki hasiat yang dapat menghilangkan uban secara alami, berikut ini cara pemakaian daun rambutan.

– Siapkan 10-15 lembar daun rambutan yang muda, kemudian blender hingga menjadi lembut.

– Ambil sari daun rambutan yang telah diblender tersebut kemudian jadikan masker rambut, diamkan selama beberapa menit bisa lebih dari 30 menit agar Vitamin meresap kepori-pori kulit kepala.

– Setelah itu bilas hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

13. Putih Telur Ayam Kampung

Telur memiliki kandungan Vitamin B12 yang mampu menghitamkan dan menyuburkan rambut. Manfaat putih telur ini belum banyak yang mengetahuinya karena kebanyakan orang mengetahui untuk merawat kulit saja. Berikut ini cara menghilangkan uban dengan telur ayam kampung.

– Siapkan 3 butir telur ayam kampung, kemudian ambil putih telurnya saja. Setelah itu campurkan dengan ½ sendok teh garam, dan setenga gelas air hangat, kemudian aduk hingga merata.

– Oleskan semua bahan yang telah dicampur tadi diseluruh rambut dan kulit kepala, berikan pijatan sesekali sambil menunggu kurang lebih 2 jam.

– Setelah itu bilas hingga benar-benar bersih.

Anda bisa melakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih cepat dan sempurna.

14. Minyak Zaitun

Minyak zaitun terkenal pada kalangan kecantikan sebagai minyak yang dapat menyehatkan rambut. Namun, minyak zaitun juga dapat menghitamkan rambut beruban. Cara memakainya tergolong sangat mudah karena kita hanya mengoleskan minyak zaitun keseluruh kepala hingga merata, kemudian diamkan 1-2 jam agar minyak meresap. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air bisa juga dengan sampho. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang sempurna.

15. Kopi Hitam ( Black Coffee )

Kopi yang memiliki warna hitam pekat ternyata bisa digunakan untuk menghitamkan rambut beruban secara alami. Karena itulah kopi bisa dijadikan obat penghitam rambut beruban. Cara menggunakan kopi sebagai obat alami uban adalah sebagai berikut.

– Seduhkan kopi tanpa menggunakan gula.

– Kemudian oleskan air kopi yang sudah diseduhkan tersebut keseluruh rambut, kemudian diamkan selama 15-20 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

Gunakan secara teratur agar mendapatkan hasil rambut yang berkilau dan warna hitam dalam beberapa minggu kedepan.

16. Lidah Buaya / Aloevera

Lidah buaya mampu menghitamkan rambut dan juga menyuburkan rambut secara alami. Karena kandungan yang terdapat didalamnya dapat diserap dengan mudah oleh rambut. Karena itulah tanaman ini mampu menghilangkan rambut rontok, tidak hanya itu, tanaman ini juga mampu menjadi obat yang menghilangkan uban secara alami.

Cara menghilangkan uban dengan lidah buaya adalah dengan mengambil dagingnya kemudian oleskan keseluruh rambut hingga merata, biarkan daging lidah buaya tersebut kering. Kemudian bilas hingga bersih agar sisa gel lidah buaya hilang.

17. Buah Mangga

Buah mangga yang segar dapat membantu Anda untuk menghitamkan rambut secara alami, selain itu juga dapat menjadikan rambut halus dan bebas dari kekeringan rambut. Cara menggunakannya cukup tumbuk halus mangga muda serta daun mangga yang masih muda. Kemudian campurkan dengan minyak kelapa, setelah semua bahan tercampur. Oleskan bahan tersebut kerambut Anda kemudian diamkan beberapa jam. Basuh dengan air sampai benar-benar bersih. Lakukan secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal.

18. Minyak Cem Ceman

Cem ceman merupakan sebuah minyak yang berasal dari campuran daun-daun herbal dengan minyak kelapa sawit dan juga urang-aring. Minyak ini sangat efektif untuk membuat rambut menjadi lebih hitam, tetab dan mengatasi rontok. Cara menggunakannya Anda cukup mengoleskan keseluruh rambut dan diamkan beberapa menit sampai minyak tersebut meresap seluruhnya. Kemudian bilas dengan shampoo atau bisa dengan cara berkeramas.

19. Buah Amla India

Amla merupakan buah yang aslinya terdapat di India dan sangat susah ditemukan di Indonesia. Namun, Anda bisa mendapatkan buah ini dalam bentuk ekstrak yang dijual toko obat herbal. Caranya cukup sederhana Anda hanya perlu mencampurkan bubuk buah amla dengan perasan air jeruk nipis, setelah itu oleskan keseluruh rambut hingga merata. Diamkan selama beberapa menit agar bahan tersebut meresap. Bilas hingga benar-benar bersih agar tidak menjadi masalah lain.

20. Minyak Mustard

Minyak yang biasanya digunakan sebagai memasak makanan ini juga bisa menghitamkan rambut secara alami dan cepat. Cara menggunakannya Anda cukup membaluskan keseluruh rambut secara merata, kemudian tutup dengan showercap atau handuk panas selama kurang lebih 2 jam. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Setelah mengetahui cara menghilangkan uban secara permanen tentunya Anda tidak ingin lagi uban tersebut tumbuh pada usia muda Anda, berikut ini dokteralami.com menyediakan tips agar uban tidak tumbuh lagi.

Cara Mencegah Uban Tumbuh Kembali

Agar uban yang telah hilang tersebut tidak tumbuh lagi, maka beberapa tips dibawah bisa Anda lakukan.

  1. Hindari stress berlebihan

Anda bisa menghindari stress yang berlebihan ini dengan cara menikmati liburan akhir  peka, istirahat yang cukup, atau pekerjaan lain yang dapat menghindarkan Anda dari stress yang berkepanjangan.

  1. Berhenti gonta-ganti shampo

Hindari menggonta-ganti shampo, hal ini akan merusak pigmen rambut Anda. Karena setiap shampoo memiliki kadar yang berbeda sehingga kulit Anda tidak bisa menyesuaikan kadar setiap shampoo tersebut. Apabila sudah memiliki kecocok pada salah satu merk shampo maka jangan menggantinya dengan yang baru.

  1. Hindari paparan sinar matahari

Anda perlu menjaga kesehatan rambut Anda, karena rambut yang sering terpapar oleh sinar matahari selama berjam-jam akan mengalami kekeringan atau bisa merusak produksi melanin sehingga munculnya uban. Apabila terpaksa harus berpanas-panasan gunakan alat pelindung kepala misalnya topi.

  1. Makan Makanan Sehat

Pastinya sudah tahu bahwa makanan akan berpengaruh banyak dengan tubuh kita. Maka dari itu jika pola makan Anda dulu tidak sehat, hentikan kebiasaan itu. Mulai sekarang konsumsi makanan yang mengantung Vitamin yang dapat membantu proses kekebalan bagian tubuh Anda. Misalnya saja Vitamin B12 yang dapat meningkatkan produksi melanin pada rambut. Vitamin B12 biasanya terdapat pada telur, susu, yoghurt, madu, dan sejenisnya.

  1. Olah raga

Lakukan olah raga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari. Karena proses ini dapat membantu proses tidak hanya menyehatkan tetapi dapat membantu produksi melanin untuk rambut lebih cepat.

Dengan menerapkan point cara menghilangkan uban secara permanen ini. Tentu Anda tidak memerlukan lagi perawatan yang membutuhkan biaya yang lebih besar hanya untuk menghilangkan uban dikepala. Dan juga, bisa saja jenis perawatan tidak cocok dengan rambut Anda. Jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan kepada teman-teman yang lain. Terima kasih

Tags:

Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen | AndiMariadi | 4.5