15 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Secara Alami

Tahi lalat adalah kumpulan sel melanosit yang bertumpuk dalam satu area sehingga muncul kulit yang berwarna hitam. Sel melanosit sendiri merupakan produsen pigmen yang mewarnai kulit secara alami. Karena proses itulah cara menghilangkan tai lalat terasa sedikit sulit. Bagi beberapa orang yang mempunyai tai lalat di wajah ini sangat mengganggu penampilan, sehingga mereka lebih memilih jalur operasi pengangkatan tahi lalat yang mahal. Tai lalat bisa memiliki bentuk bulat, lonjong, rata dengan kulit, asimetris, timbul tidak rata, dan ditumbuhi rambut. Selain itu tahi lalat biasanya berwarna coklat sampai kehitaman.

Tahi lalat merupakan tumor kulit namun bersifat jinak karena ini sangat sering dijumpai pada setiap manusia. Namun, terkadang ada kasus di mana tahi lalat bertambah banyak ketika umur sudah semakin tua. Hal ini disebabkan oleh penumpukan pigmen semakin bertambah ketika usia lanjut. Tidak semua umur khususnya remaja menyukai tahi lalat sehingga mereka akan melakukan berbagai cara menghilangkan tai lalat dimulai dengan operasi kecil laser hingga obat penghilang tailalat.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Secara Alami

Cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami perlu kesabaran dan membutuhkan waktu. Anda juga bisa menghilangkan dengan operasi tai lalat, namun artikel ini di khususkan untuk menghilangkan dengan cara alami. Berikut ini beberapa yang dapat Anda coba di rumah.

Jus Nanas

Tahi lalat sejatinya adalah kulit dengan kelebihan pigmen warna. Dengan buah nanas, pigmen ini akan cepat mengelupas oleh sifat nanas yang alami. Jus nanas memiliki khasiat untuk menghilangkan tahi lalat hidup dengan mengoleskan sedikit jus nya ke tahi lalat, lalu diamkan sampai mengering di wajah. Lakukan secara rutin sampai tahi lalat mati dan mengelupas.

Baca Juga :

15 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Alami

8 Cara Menghilangkan Panu Kembang Secara Alami

Madu

Madu adalah sebuah makanan yang biasa dimanfaatkan untuk memberikan nutrisi pada kulit agar lebih sehat. Dengan memberikan nutrisi ini, pigmen pada kulit akan normal kembali sehingga dapat menghilangkan tahi lalat hidup. Cara menggunakannya cukup dioleskan ke bagian tahi lalat, kemudian diamkan selama 1-2 jam atau dirasa madu sudah mulai mengering. Untuk memperoleh hasil yang maksimal lakukan cara ini secara rutin sampai 1 bulan.

Bawang Putih

Bawang putih yang memiliki kandungan sulfur dapat membantu menghilangkan tahi lalat hidup dengan cepat. Selain itu menggunakan cara alami seperti ini tidak menimbulkan risiko yang berdampak buruk bagi kulit Anda seperti melakukan operasi laser.

Cara menggunakannya yaitu siapkan dan kupas 2 siung bawang putih, kemudian tumbuk halus bawang tersebut. Setelah ditumbuk, siapkan plester dan tempelkan bawang putih ke plester. Tempelkan plester ke bagian tahi lalat hidup yang ingin dihilangkan, lakukan cara ini secara rutin sebelum tidur dan lepaskan sampai besok hari. Dengan melakukan cara ini mungkin saja terjadi iritasi karena kulit Anda tidak cocok pengobatan ini, jadi pilihlah cara lain untuk menghilangkannya.

Cuka Cider Atau Cuka Apel

Cuka apel mampu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Dengan menggunakan larutan asam yang terdapat dari apel mampu mematikan tahi lalat hidup dan menghilangkannya secara alami. Cara menggunakannya adalah siapkan 1 mangkuk air panas dan campurkan 2 sendok makan cuka apel, kemudian aduk secara merata. Rendam kapas ke dalam larutan yang telah dicampurkan tadi, lalu kompres tahi lalat tersebut dengan kapas yang sudah direndam selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air dingin atau dengan es batu. Lakukan secara rutin sampai tahi lalat mengelupas.

Lidah Buaya

Lidah buaya yang dikenal sebagai obat penghitam rambut, juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan tahi lalat hidup secara alami. Untuk menggunakannya cukup kupas terlebih dahulu kulitnya dan ambil gel daging lidah buaya tersebut. Kemudian oleskan gel tersebut ke tahi lalat, kemudian tunggu selama 2-3 jam, lalu bersihkan. Gunakan cara ini secara rutin sampai tahi lalat mengelupas dengan sendirinya.

Getah Bunga Kemboja

Getah kemboja mampu menghilangkan tahi lalat hidup karena mengandung senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, kautscuk, dan lupeol. Cara menggunakannya cukup ambil getah kemboja kemudian oleskan pada kapas, kemudian letakkan kapas ke tahi lalat hidup tersebut, lalu hingga kering. Untuk menggunakan cara ini harus hati-hati dan hindarkan terkena kulit normal, karena getah ini bersifat keras sehingga dapat melukai kulit.

Kapur Sirih Dan Sabun Colek

Pada sebagian masyarakat masih mempercayai untuk menghilangkan tahi lalat hidup dapat menggunakan campuran kapur sirih dan sabun colek dengan cepat. Cara menggunakannya cukup campurkan kapur sirih dan sabun colek secukupnya, kemudian tambahkan sedikit air, lalu aduk merata, pastikan tidak encer. Selanjutnya oleskan campuran tadi ke permukaan tahi lalat dan pastikan tidak terkena kulit lainnya.

Jika menggunakan ramuan ini berhasil maka Anda akan merasa kulit perih, namun diamkan saja sampai menghilang dengan sendirinya. Kemudian bilas dengan air bersih. Setelah menggunakan cara ini tahi lalat mungkin akan membesar dan luka seperti mengeluarkan nanah. Namun biarkan saja sampai kering, jika sudah mengering maka tahi lalat akan terlepas dengan sendirinya.

Kembang Kol

Obat penghilang tai lalat yang lainnya bisa menggunakan kembang kol. Cara menggunakannya, bersihkan terlebih dahulu kembang kolnya, kemudian blender tanpa air. Oleskan hasil blender tersebut ke kembang kol, lalu diamkan sampai kering. Selanjutnya bersihkan dengan air. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan maka lakukan secara rutin 5-10 kali dalam seminggu.

Minyak Kastor

Minyak kastor bisa didapatkan di toko obat herbal terdekat. Untuk cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami dengan minyak kastor, cukup dioleskan ke tahi lalat tersebut secara teratur atau bisa juga menggunakan dengan cara aturan pakai yang diberikan.

Jeruk Nipis Dan Delima

Jeruk nipis dan delima dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan tai lalat. Caranya cukup campurkan bahan tersebut kemudian haluskan, bisa menggunakan blender. Kemudian oleskan ke bagian tahi lalat hidup tersebut. Anda bisa mencoba menggunakannya pada malam hari sebelum sampai bangun tidur.

Gunakan Baking Soda Dan Minyak Jarak

Baking soda yang telah dicampurkan dengan minyak jarak dapat membantu menghilangkan tahilalat. Untuk menggunakannya cukup campurkan 1 banding 1, kemudian tumbuk halus atau blender. Kemudian oleskan pada bagian yang ingin dihilangkan sebelum tidur hingga bangun tidur. Lakukan cara ini secara rutin sampai tahi lalat tersebut lepas.

Operasi Tai Lalat

Selain menggunakan cara alami menghilangkan tai lalat, Anda juga dapat melakukan operasi. Jika mengambil langkah operasi, waktu yang dibutuhkan relatif singkat dan tidak perlu menjalani rawat inap. Dan berikut ini bisa dijadikan pilihan.

  1. Bedah eksisi

Jika tai lalat yang ingin dihilangkan berukuran besar, maka dokter akan melakukan operasi beda eksisi. Mereka akan membius area tahi lalat, kemudian memotong jaringan kulit dan tahi lalat menggunakan pisau bedah. Kemudian melakukan penjahitan untuk menutup luka.

  1. Bedah Cukur

Bedah cukur yang digunakan dokter adalah membius jaringan yang ada pada tahi lalat, kemudian memotong area di sekitar hinffa bagian yang berada pada jaringan bawah tahi lalat. Operasi ini biasanya digunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang berukuran kecil sehingga tidak membutuhkan jahitan.

  1. Membekukan dengan cairan nitrogen

Metode lain yang digunakan untuk menghilangkan tai lalat adalah menggunakan cairan nitrogen. Nitrogen yang merupakan cairan super dingin ini mampu mengangkat tahilalat dengan sendirinya. Jika menggunakan metode ini akan menimbulkan luka lepuh yang berukuran seperti tahi lalat yang dihilangkan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena luka lepuh ini akan sembuh.

  1. Membakar jaringan tahi lalat

Metode lain yang digunakan dokter adalah dengan membakar tahi lalat beserta jaringan yang mengakibatkan timbulnya tahilalat. Untuk membakar jaringan ini, biasanya dokter akan mengalirkan listrik melalui logam yang panas, lalu menempelkannya ke bagian tahi lalat. Cara ini mampu mencegah terjadinya pendarahan, namun membutuhkan beberapa kali operasi.

Setelah melakukan cara di atas, mungkin beberapa risiko akan muncul seperti infeksi, alergi, atau kerusakan jaringan saraf, baik itu secara alami maupun operasi. Untuk meminimalkan risiko, penting untuk memilih bahan yang cocok untuk kulit dan dokter yang sudah profesional.

Dengan mempertimbangkan risiko mengenai cara menghilangkan tahi lalat hidup secara alami, tentu sangat wajib dijadikan referensi agar Anda tidak merasa ragu dan menyesal pada kemudian hari. Demikian ulasan terkait beberapa cara yang dapat Anda lakukan dirumah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, jika dirasa bermanfaat. Terima kasih!

Tags:

15 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Secara Alami | AndiMariadi | 4.5