18 Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Cepat

Suara serak biasanya disebabkan oleh radang tenggorokan yang terjadi di kotak suara akibat adanya infeksi yang disebabkan flu. Tenggorokan mungkin akan terasa luka atau terasa ada benjolan di dalamnya. Suara hilang atau serak bisa juga tiba-tiba disebabkan oleh penggunaan pita suara yang berlebihan seperti berteriak dengan kencang. Berbagai cara menghilangkan suara serak dapat Anda lakukan salah satunya menggunakan bahan alami dan herbal untuk mengatasinya.

Suara serak merupakan keadaan suara seseorang terdengar menjadi sangat beda dan juga terdengar parau. Suara serak ini juga disertai dengan rasa sakit di tenggorokan dan apabila seseorang sedang menderita kondisi ini sangat disarankan untuk tidak terlalu banyak berbicara karena ditakutkan keadaan makin bertambah parah. Meski demikian, penyebab pastinya tidak dapat diketahui dengan pasti sebelum memeriksakannya ke dokter spesialis THT. Dan berikut ini beberapa penyebab suara serak yang mesti diketahui.

Penyebab Suara Serak

  1. Radang tenggorokan (Laringitis)

Penyebab utama dari suara serak adalah adanya peradangan pada tenggorokan. Hal ini bisa ditandai dengan adanya rasa sakit ketika berbicara.

  1. Sakit tenggorokan

Sakit dan radang tentu sangat berbeda. Sakit tenggorokan dalam kondisi tertentu akan disertai dengan suara serak dan parau.

  1. Tumor

Pembentukan tumor di paru-paru, saluran pernapasan, atau alasan emosional seseorang adalah penyebab yang mungkin sangat langka untuk terjadinya suara serak

  1. Infeksi

Alasan lain kehilangan suara adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, bahan kimia, paparan asap. Namun, penyebab ini hanya akan terjadi jika kondisi tenggorokan sangat sensitif.

Selain penyebab suara serak di atas, ada juga penyebab lainnya seperti :

  • Iritasi yang disebabkan debu
  • Cuaca ekstrem (perubahan suhu secara mendadak)
  • Merokok
  • Kurang cairan (dehidrasi)
  • Penyakit
  • Mengkonsumsi makanan tidak higienis
  • Dan penyebab lain yang masih belum dipastikan sebelum memeriksakannya ke dokter.

Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Cepat

menghilangkan suara serak

Tanda suara serak sering sebagai tanda bahwa seseorang tersebut akan menderita sakit flu dan pilek. Bukan hanya itu, rasa sakit ketika bangun tidur merupakan tanda bahwa akan menderita suara serak. Untuk menyembuhkan suara serang langkah paling mudah adalah tidak banyak bicara ini bertujuan untuk mengistirahatkan pita suara. Jika kegiatan Anda sering mengeluarkan suara pastikan untuk tidak terlalu keras agar pita suara tidak terganggu. Radang tenggorokan ini harus segera diobati karena dapat saja menyebabkan kanker dan berikut ini beberapa cara menghilangkan suara serak secara cepat yang dapat dilakukan di rumah.

1. Minum banyak Air

Meminum air putih 1 gelas setiap bangun tidur adalah saat yang bagus untuk tubuh kita memberantas bakteri dan kuman yang mengendap dalam tubuh. Biasakan juga untuk meminum air putih minimal 6-8 gelas sehari, ini bertujuan untuk menjaga tenggorokan agar tetap lembab dan terhindar dari dehidrasi. Anda cukup minum air putih tanpa campuran apa pun, Anda juga bisa meminum air putih hangat untuk menjaga tenggorokan agar tetap hangat. Hindari minum air es karena ini akan membuat tenggorokan semakin meradang.

2. Jahe

Jahe yang memiliki zat anti bakteri dan analgesik ini mampu membersihkan saluran pernapasan pada tubuh seperti hidung tersumbat, faringitis yang menjadi penyebab suara serak. Jahe juga dapat menenangkan membran mukosa yang mengelilingi pita suara dan menghilangkan suara serak akibat peradangan pada tenggorokan. Cara menyembuhkan suara serak dengan jahe adalah sebagai berikut :

  • Siapkan jahe 3 iris atau secukupnya dengan ukuran yang lebih besar dari ibu jari.
  • Rebus dengan 2 gelas air putih, Anda juga dapat menambahkan madu atau gula untuk memberikan rasa.
  • Rebus sampai airnya mendidih, lalu saring air tersebut.
  • Minum 3 kali sehari air saringan jahe tersebut agar suara serak cepat sembuh
  • Anda juga bisa memakan permen rasa jahe yang sudah banyak terdapat di apotek atau minimarket terdekat

3. Lemon dan Madu

Mengobati suara serang bisa juga menggunakan bahan madu dan jeruk nipis. Kedua bahan ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan suara serak akibat flu. Lemon terbukti ampuh untuk menyembuhkan radang tenggorokan serta mampu membersihkan lendir yang berada pada saluran pernapasan kita. Salin itu madu juga dikenal sebagai obat radang tenggorokan alami yang sudah terbukti. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Belah jeruk nipis, kemudian peras airnya ke dalam mangkuk dan pastikan bijinya sudah tidak ada lagi
  • Tambahkan 1 sendok makan madu, kemudian aduk rata.
  • Cicipi terlebih dahulu campuran tersebut agar tidak terlalu asam. Jika asam maka Anda tambahkan lagi madu sesuai perkiraan Anda
  • Minum ramuan alami untuk menghilangkan suara serak ini 3 kali sehari dengan takaran 1 sendok makan

4. Jeruk Nipis dan Kecap

Sama seperti ramuan jeruk nipis dan madu sebelumnya. Campuran jeruk nipis dan kecap manis/asin juga dapat membantu meredakan suara serak atau parau. Vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk nipis secara cepat mampu menyembuhkan suara serak, sedangkan kecap berfungsi untuk menetralkan rasa asam yang terdapat pada jeruk nipis. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Peras jeruk nipis ke dalam mangkuk kecil, kemudian tambahkan kecap sedikit saja terlebih dahulu, lalu aduk rata.
  • Kemudian cicipi, jika rasa masih terlalu asam maka tambahkan sedikit kecap lagi
  • Minum campuran kecap dan jeruk nipis ini sebanyak 3 kali sehari, 1 sendok makan

5. Berkumur dengan air Garam

Berkumur dengan garam mampu mengeluarkan lendir pada saluran pernapasan dan air panas mampu meredakan iritasi yang terjadi di tenggorokan. Cara menggunakannya adalah siapkan 1 gelas air hangat terlebih dahulu, kemudian tambahkan 1 sendok makan garam, lalu aduk sampai merata. Gunakan cara ini untuk berkumur-kumur sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Licorice

Ramuan licorice dapat membantu mengembalikan suara serak kembali keadaan normal, karena licorice memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat menambah kekebalan tubuh sehingga mampu membersihkan lendir penyebab suara serak. Glycyrriza glabra adalah nama tumbuhan ini. Akar licorice dapat direbus dan air rebusan tersebut bisa diminum agar menghilangkan suara serak secara cepat.

7. Pepermint

Peppermint mengandung bahan aktif yang biasa disebut mentol. Selain dapat membersihkan lendir di saluran pernapasan, mentol ini juga dapat meredakan radang tenggorokan sebagai penyebab suara serak yang timbul. Anda juga dapat membuat teh dari peppermint menggunakan daun segar.

8. Cranberi

Buah cranberi sudah telah digunakan sebagai obat masalah ginjal dan kandung kemih oleh penduduk asli Amerika. Selain itu juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit perut dan penyakit kudis. Jus cranberry yang kaya akan antioksidan mampu menyembuhkan tenggorokan dan kondisi hidung yang menyebabkan suara serak. Anda juga dapat memakan buah ini secara langsung untuk dimanfaatkan sebagai bahan Kecantikan Alami.

9. Susu kunyit

Kita pasti sudah tau bagaimana khasiat kunyit untuk tubuh kita. Dengan 1 gelas susu panas dengan campuran kunyit akan membuat tenggorokan menjadi lebih enak. Cukup meminumnya setiap malam selama 1 minggu akan menghilangkan rasa sakit tenggorokan yang mengakibatkan suara serak.

10. Bawang Putih

Bawang putih sudah sangat familiar memiliki kandungan antibakteri yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan radang tenggorokan. Bawang dapat mencegah peradangan, mengurangi rasa sakit dan mempercepat sembuh suara serak. Caranya cukup dengan mencampurkan bawang dan madu kemudian kunyah, lalu telan habis bahan tersebut. Dengan mengkonsumsi seperti itu akan mengurangi iritasi dan radang tenggorokan penyebab suara serak. Namun jika tidak ingin menelannya cukup meneteskan minyak bawang putih untuk ¼ gelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur-kumur minimal 2 kali sehari.

11. Menghirup uap

Sama seperti menyembuhkan pilek dan batuk, menghirup uap air hangat juga dapat meredakan suara serak akibat sakit tenggorokan. Menghirup uap dari air panas juga dapat mengurangi radang, dan mengecerkan lendir. Caranya cukup masukkan air panas ke dalam baskom kemudian menghirup uap tersebut, Anda juga bisa menambahkan minyak kayu putih agar udaranya lebih segar.

12. Cabe Rawit

Dengan mengkonsumsi cabe rawit akan membantu mengurangi suara serak, iritasi, rasa sakit, dan pembengkakan akibat radang tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampurkan 1/2 atau 1 sendok teh bubuk cabe rawit dengan 1 sendok makan madu. Kemudian aduk rata bahan tersebut sedikit demi sedikit. Dan mengkonsumsi 1 kali sehari. Atau jika Anda tidak suka dengan madu, bisa mencampurkannya dengan jeruk nipis dengan air hangat.

13. Slippery elm

Slippery elm adalah nama ramuan yang baik untuk membantu melapis selaput lendir dan menghilangkan suara serak secara cepat dalam beberapa hari. Caranya cukup menyediakan 2 cangkir air panas, kemudian campurkan 2 sendok makan bubuk elm licin. Biarkan selama 5 menit agar ramuan tercampur merata. Minum bahan ini setidaknya 3 kali sehari.

Perlu di perhatikan slippery elm sangat tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui.

14. Kapulaga Hijau

Dalam pengobatan herbal, buah kapulaga hijau mampu menghilangkan suara serak dengan cepat. Ini dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan dan meredakan tumbuhnya selaput lendir. Dengan mengkonsumsi pod kapulaga akan melembabkan tenggorokan serta meredakan selaput lendir. Atau bisa juga mengkonsumsi campuran biji kapulaga dengan madu 1 sendok makan kemudian aduk rata.

15. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel juga bisa digunakan untuk mengobati suara serak dan parau yang menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan. Antimikroba yang tersimpan pada cuka apel akan membantu melawan infeksi radang tenggorokan, salah satunya suara parau. Caranya adalah mencampurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air hangat. Kemudian diminum 3 kali dalam sehari sampai dirasa suara sudah mulai membaik.

16. Daun Sirih

Daun sirih juga bisa di manfaatkan untuk menghilangkan suara serak. Hal ini karena minyak atsiri yang terdapat pada kandungan daun sirih mempunyai sifat anti bakteri sehingga dapat secara cepat menyembuhkan suara serak, selain itu juga daun sirih tentu sangat aman karena memiliki sifat yang alami. Cara menyembuhkan suara serak dengan sirih adalah sebagai berikut :

  • Siapkan terlebih dahulu 20 lembar daun sirih, 250 gram gula, 5 gelas air
  • Setelah itu cuci bersih daun sirih, dan kemudian rebus dengan 5 gelas air hingga airnya mendidih
  • Lalu, tambahkan 250 gula dan aduk hingga gula tersebut larut
  • Saring air rebusan tadi dan masukkan ke dalam wadah untuk disimpan
  • Minum setengah gelas air rebusan tadi sebanyak 3 kali sehari sampai suara serak sudah sembuh.

17. Kencur

Menggunakan kencur sebagai obat menghilangkan suara serak sudah banyak digunakan oleh para artis dangdut. Karena minyak atsiri yang terdapat pada kencur memiliki kandungan inflamasi sehingga sangat cocok untuk mengobati suara yang hilang. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan 1 ruas kencur, seukuran ruas jari. Kemudian kupas sampai bersih
  • Kunyah perlahan kencur tersebut sampai mengeluarkan minyak atsiri. Minyak tersebutlah yang di teguk dan hasil kunyahan kencur dibuang
  • Kunyah selama 20-30 menit atau dirasa kencur sudah hambar
  • Sebaiknya lakukan sebelum tidur dan keesokan harinya suara sudah tidak serak lagi.

18. Buah Delima

Pada sebuah artikel menyebutkan bahwa buah delima mampu digunakan sebagai cara menghilangkan suara serak secara cepat. Cukup dengan mengunyah buah delima yang masih segar dan jangan membuang bijinya. Lakukan paling tidak 3 kali sehari sampai dirasa suara berangsur-angsur normal.

Cara mencegah radang tenggorokan dan suara serak

Sebagai upaya mencegah agar tidak terulang lagi suara serak dan kehilangan suara, Anda bisa mencoba melakukan cara berikut agar tidak muncul lagi.

  • Minum air 6-8 gelas dalam sehari, ini akan membantu Anda menyegarkan tenggorokan setelah kering menjalani aktifitas sehari-hari.
  • Hindari menggunakan suara terlalu keras, agar pita suara tidak luka atau sobek. Ini sangat membantu menghindari terjadinya suara serak di kemudian hari.
  • Berhenti merokok, karena ada kasus bahwa tenggorokan seseorang sangat sensitif dengan asap sehingga membuat tenggorokan menjadi sakit.
  • Jangan mencoba batuk atau membersihkan tenggorokan dengan keras.
  • Jangan bernapas lewat mulut, cobalah untuk bernapas dengan hidung. Karena bernapas menggunakan mulut akan membuat tenggorokan kering dan kekurangan cairan sehingga menambah serak.

Anda bisa mencoba salah satu 18 cara menghilangkan suara serak secara cepat di atas, atau bisa memadukan beberapa cara di atas agar lebih manjur dan cepat. Dan pastikan tidak menggunakan secara berlebihan karena mungkin saja Anda tidak cocok dengan salah satu pengobatan di atas sehingga harus memaksa Anda mendatangi Dokter special THT. Jangan lupa untuk membagi kepada teman yang lain jika dirasa bermanfaat. Semoga lekas sembuh, terima kasih!

18 Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Cepat | AndiMariadi | 4.5