Kumpulan Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Pijatan

Kesehatan merupakan suatu anugerah dan nikmat yang luar biasa diberikan oleh Tuhan YME. Namun ketika nikmat ini dikurangi untuk beberapa saat, seperti sakit kepala maka upaya kita adalah dengan mengobatinya atau menyembuhkannya. Sakit kepala, tentu membuat aktivitas seseorang terganggu karena mereka yang menderita sakit kepala akan merasa melayang dan mungkin saja hampir terjatuh.

Sebenarnya sakit kepala memang tidak membahayakan bagi tubuh, namun tetap saja mengalami sakit kepala memang sangat tidak mengenakan. Penyakit ini merupakan penyakit yang sering dikeluhkan setiap orang kepada dokter. Dan untuk menghilangkan sakit kepala pun juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Dalam dunia media sakit kepala dikenal dalam istilah cephalalgia (cephalgia) yang mana merupakan suatu kondisi terdapatnya rasa sakit pada kepala, terkadang pada bagian belakang leher atau punggung bagian atas.

Penyebab Sakit Kepala

Sebelum membahas cara menghilangkan sakit kepala dengan pijatan, mari kita bahas dulu mengenai penyebab sakit kepala. Ketika ingin mengobati sakit kepala, sebelumnya Anda harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya sehingga dapat menentukan obat sakit kepala yang cocok. Berikut ini beberapa penyebab sakit kepala, diantaranya :

Baca Juga :

14 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat Merah Di Pipi

20 Makanan dan Sayuran Penurun Kolesterol dan Asam Urat Tinggi

Kurang minum

Dehidrasi karena sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari dapat menyebabkan sakit kepala. Jumlah cairan yang keluar dari tubuh kita tidak seimbang dengan cairan yang masuk ke tubuh kita. Untuk menghindari hal itu, minum minimal 8 gelas sehari, serta di imbangi dengan buah yang memiliki kandungan air yang banyak, seperti timun.

Tegang

Keadaan tubuh yang tegang juga dapat memicu timbulnya sakit kepala. Ketegangan pada tubuh awalnya akan menimbulkan rasa sakit pada bagian belakang kepala kemudian merambat ke depan, lalu memenuhi kedua sisi kepala (seluruh kepala). Untuk mengatasi sakit kepala yang disebabkan tegang ini bisa dengan mengurangi rasa cemas, berbaring atau duduk sambil mendengarkan lantunan musik lembut, atau juga bisa mengkompres leher bagian belakang dengan handuk hangat.

Anemia defisiensi zat besi

Kurang sel darah merah atau dalam istilah dokter Anemia. Anemia terjadi karena kurangnya mineral besi (Fe) pada tubuh, hal ini terjadi pada 24 minggu kehamilan. Salah satu gejala anemia adalah sakit kepala. Untuk mengobati sakit kepala karena anemia, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti ikan, sayuran, daging merah, atau jika perlu meminta suplemen zat besi pada dokter.

Tekanan darah rendah atau tinggi

Tekanan darah yang tidak normal dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan menghindari berbaring telentang, dan usahakan untuk tidak buru-buru ketika berdiri.

Kadar gula darah rendah

Ketika hamil, biasanya ibu sering mengalami morning sickness atau mual dan muntah. Munculnya kadar gula yang rendah disebabkan oleh kurangnya karbohidrat pada tubuh karena kondisi tubuh Anda yang malas makan. Hal ini dapat menimbulkan sakit kepala yang berlanjut. Untuk mencegahnya cobalah untuk tetap makan meski mual datang. Baca : cara mengatasi morning sickness

Sinusitis

Sakit kepala yang terjadi pada dahi atau muka, terlebih jika saat menunduk. Hal ini bisa saja disebabkan oleh adanya peradangan pada salah satu lubang hidung sehingga menimbulkan rasa nyeri yang menjadi penyebab sakit kepala. Untuk mengetahui bahwa ini sinusitis atau tidak, dapat memeriksa ke dokter spesialis THT.

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Pijatan

Ketika sakit kepala melanda pada sela-sela kita bekerja maka akan sangat mengganggu jika kita mengatasinya dengan obat sakit kepala. Karena obat tersebut tentu memiliki efek samping seperti mengantuk. Namun, kali ini tips kecantikan alami berbagi cara menghilangkan sakit kepala dengan pijatan yang ampuh digunakan saat sela-sela rutinitas kita di kantor.

Pijatan Tangan

Pemijatan refleksi pada jari tangan juga dapat menyembuhkan sakit kepala. Anda dapat memberikan pijatan pada titik-titik saraf yang akan terasa sakit saat dipijat.

Tahap pertama Anda dapat memberikan pijatan pada telapak tangan sampai rasa sakitnya berkurang selama paling tidak 2-5 menit.

titik refleksi tangan 1

titik refleksi tangan 1

Kemudian berikan pijitan pada bagian punggung tangan di antara tulang ibu jari dan telunjuk bagian pangkal. Pijat pada bagian tersebut (lihat gambar) sampai sakit terasa hilang.

titik refleksi tangan 2

titik refleksi tangan 2

Selanjutnya Anda bisa memijit pada bagian sela ibu jari dan telunjuk (lihat gambar) selama sekitar 2-5 menit hingga sakitnya hilang.

titik refleksi tangan 3

titik refleksi tangan 3

Tahap terakhir, Anda bisa melakukan pijatan pada pertengahan lengan (lihat gambar).

titik refleksi tangan 4

titik refleksi tangan 4

Lakukan pemijatan sampai rasa sakit hilang, Anda boleh melakukan tanpa mengikuti tahap tersebut (acak) dan dilakukan secara berulang-ulang jika dirasa sakit kepala tidak berkurang.

Pijatan Kepala

Selain melakukan pemijatan pada area jari tangan, Anda juga dapat melakukan pijitan pada area kepala yang dilakukan sampai rasa sakit mereda. Anda dapat melakukannya dengan jari telunjuk dan ibu jari, tapi pastikan posisi pijitan nyaman dalam kata lain tidak menyakiti.

titik refleksi kepala

titik refleksi kepala

Pijatan Kaki

Selain kedua tipe pijatan di atas, Anda juga dapat melakukan pijatan pada telapak kaki yang dari dulu juga sudah digunakan dalam refleksi pijat tradisional yang cukup ampuh. Caranya cukup lakukan pijatan pada titik akupuntur (lihat gambar) dengan memutar-mutar jari di titik tersebut sampai rasa atau benjolan mulai menghilang.

titik refleksi kaki

titik refleksi kaki

Selain melakukan pijatan pada titik-titik saraf tersebut, Anda juga dapat menghilangkan sakit kepala dengan cara beristirahat secukupnya. Namun jika sakit kepala masih belum menghilang setelah dilakukan pengobatan, sangat disarankan untuk menghubungi dokter terdekat. Selalu jaga kesehatan tubuh Anda agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat, terima kasih!

Kumpulan Cara Menghilangkan Sakit Kepala Dengan Pijatan | AndiMariadi | 4.5