8 Cara Menghilangkan Panu Kembang Secara Alami

Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Penyakit panu ditandai oleh bercak putih, merah, atau coklat yang terdapat pada kulit disertai rasa gatal saat berkeringat. Bagian tubuh yang sering terkena panu adalah di muka, punggung, lengan, dada, perut, dan leher. Beda halnya dengan jerawat, panu tidak menonjol dan biasanya terasa gatal apabila terkena keringat.

Panu akan membentuk bulatan yang ukurannya tidak menentu yang biasanya hanya terdapat beberapa saja. Namun berbeda dengan panu kembang yang bentuknya kecil namun banyak dalam satu tempat. Salah satu penyebab panu adalah tertular dari pakaian yang dipakai oleh  penderita panu.

Sebenarnya cara menghilangkan panu kembang dengan cepat dapat menggunakan obat panu yang terdapat di apotik dan toko obat tradisional lainnya. Namun pada kenyataannya obat tersebut kurang efektif sehingga akan lama untuk proses penyembuhannya. Sebab, jika proses penyembuhannya lama maka sudah panu sempat menyebar ke sisi kulit lainnya, karena panu merupakan penyakit menular sehingga ini akan memperparah penyakitnya.

Penyebab Timbulnya Panu Di Badan

Dengan menghilangkan panu secara alami akan membuat proses penyembuhan dengan cepat. Meski pun sudah sembuh panu akan kembali lagi jika pola hidup kita salah, dari maka itulah kenali penyebab timbulnya panu di badan agar dapat melakukan pencegahan.

Baca Juga :

8 Obat Pencegah Muntah Untuk Anak

12 Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

  1. Bergantian memakai pakaian

Sering bergantian memakai pakaian dengan orang yang menderita panu. Meski pun masih satu keluarga, pastikan tidak bergantian atau tercampur dengan pakaian penderita panu, begitu pula sebaliknya agar panu tidak menyebar ke orang lain.

  1. Menggunakan pakaian basah

Sering menggunakan pakaian yang masih basah baik karena keringat maupun karena belum kering. Hal ini bisa membuat jamur penyebab panu mudah muncul pada kulit kita.

  1. Mandi saat berkeringat

Mandi saat masih dalam keadaan berkeringat sehabis beraktifitas di luar.

  1. Suhu udara

Suhu udara yang lembab. Karena suhu udara sangat berpengaruh terhadap proses tumbuhnya jamur ini.

Penyebab timbulnya panu di badan tersebut adalah sebagian besarnya, karena penyebab munculnya jamur bisa disebabkan hal lain dari sebuah penyakit kulit. Namun jika Anda sudah menderita panu kembang, sehingga tidak dapat melakukan pencegah seperti di atas bisa menghilangkan dengan obat panu alami.

Cara Menghilangkan Panu Kembang Secara Alami

Meski pun panu merupakan penyakit yang menular, namun masih bisa dihilangkan dengan cepat. Dalam menghilangkan panu kembang bisa menggunakan obat panu alami seperti biasa dan pastikan juga untuk menjaga pola hidup yang bersih serta menghindari penyebab timbulnya panu.

1. Bawang putih

Khasiat bumbu dapur yang satu ini memang sangat luar biasa. Kandungan anti-bakteri yang dimiliki bawang putih mampu membunuh jamur Candida Albicans penyebab panu pada tubuh. Berikut ini cara menghilangkan panu kembang dengan bawang putih.

  • Bawang putih 1 siung, kemudian belah dua bawang tersebut.
  • Kemudian gosokkan bagian dalam bawang putih yang mengeluarkan air tersebut ke area panu kembang sampai warna kulit memerah dan terasa perih.
  • Setelah itu diamkan selama 1-5 menit agar khasiat bawang putih maksimal, kemudian bilas dengan air.

2. Lengkuas dan garam

Obat panu alami berikutnya adalah lengkuas dan garam. Lengkuas yang mempunyai senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid berguna untuk menghilangkan jamur penyebab panu kembang. Dalam penggunakan lengkuas dan garam untuk menghilangkan panu kembang bisa dengan memarut lengkuas kemudian campurkan haram atau bisa juga langsung dipotong kemudian dioleskan. Berikut cara menggunakan lengkuas sebagai obat panu.

  • Ambil 1 lengkuas kemudian parut hingga halus
  • Setelah itu hasil parutan dicampurkan dengan garam, lalu oleskan ke bagian kulit secara merata setelah mandi
  • Atau, Anda bisa menggunakan lengkuas yang sudah dipotong untuk dioleskan secara langsung ke bagian panu kembang.

3. Belimbing wuluh dan kapur sirih

Kombinasi antara belimbing wuluh dengan kapus sirih akan menjadi obat panu yang paling ampuh untuk menghilangkan dengan cepat. Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu tumbuk halus belimbing wuluh dan campurkan secukupnya kapur sirih lalu oleskan pada kulit yang terkena panu kembang secara merata sampai airnya mengering.

4. Belerang dan jeruk nipis

Cara ampuh untuk menghilangkan panu kembang berikutnya adalah belerang dan air jeruk nipis. Kandungan Vitamin C pada jeruk nipis dan mineral yang ada pada belerang akan cepat membunuh jamur penyebab panu.

Cara menggunakannya adalah dengan menumbuk halus belerang dan mencampurkannya dengan perasan air jeruk nipis secukupnya kemudian aduk secara merata. Oleskan pada panu kembang sebanyak 2-3 kali dalam sehari, maka akan menghilangkan panu dengan cepat.

5. Kembang kuning

Kembang kuning mampu membunuh jamur dan bakteri yang menyebabkan timbulnya panu. Untuk menggunakannya Anda cukup menumbuk kembang kuning secara halus, kemudian ditempelkan pada kulit yang terkena panu sebanyak 3-4 kali dalam sehari sampai dirasa panu sudah menghilang.

6. Daun tembakau

Selain beberapa bahan di atas, daun tembakau juga dapat menghilangkan panu kembang dengan cepat. Cara menggunakannya yaitu menumbuk halus beberapa helai daun tembakau, kemudian oleskan daun yang sudah ditumbuk tadi ke kulit yang terkena panu, lakukan secara rutin 3 kali dalam sehari.

7. Lidah buaya

Lidah buaya yang sudah terbukti untuk bahan perawatan tubuh termasuk menghilangkan panu. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu ambil daging lidah buaya kemudian oleskan ke area panu kembang, lakukan sebelum mandi atau sesudah mandi sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

8. Daun pare

Tidak banyak yang mengenal khasiat daun pare untuk perawatan kulit, namun nyatanya masyarakat dahulu menggunakannya untuk perawatan tubuh termasuk menghilangkan jamur kulit seperti panu. Cara menggunakannya adalah tumbuk halus campuran daun pare dan kapur sirih, lalu balurkan ke kulit yang terkena panu kembang secara merata dan rutin setiap hari 2-3 kali.

Cara Mencegah Panu

Jika panu sudah menghilang dari badan Anda, lakukan cara berikut ini agar panu tidak kembali lagi dan hilang secara permanen.

  • Mandi secara teratur minimal 2 kali sehari
  • Hidari memakai pakaian bersamaan dengan orang lain, terlebih yang menderita panu dan penyakit kulit menular lainnya.
  • Jangan menggunakan baju terlalu ketat, sebab mungkin saja kulit Anda cepat mati akibat gesekan antara baju dengan kulit
  • Jangan terlalu lama berada dibawah sinar matahari secara langsung
  • Jangan menggunakan pakaian lembab terlebih baju yang masih belum kering
  • Hindari mandi selama masih mengeluarkan keringat

Demikian 8 cara menghilangkan panu kembang secara alami. Anda bisa menggunakan cara ini sebagai obat panu tradisional yang dapat dilakukan di rumah tanpa efek samping. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Terima kasih!

Tags:

8 Cara Menghilangkan Panu Kembang Secara Alami | AndiMariadi | 4.5