12 Cara Menghilangkan Nikotin Di Gigi Secara Alami

Noda pada gigi tentu sangat mengganggu penampilan dan membuat rasa percaya diri menjadi berkurang, tidak terkecuali noda gigi akibat nikotin yang terbentuk secara alami. Selain dapat merusak kesehatan tubuh, merokok juga membuat gigi dan mulut menjadi kuning akibat nikotin yang menempel pada gigi. Jadi untuk menghilangkan nikotin di gigi merupakan hal yang harus diperhatikan, terlebih bagi perokok.

Menggunakan rokok filter atau pun mild tidak akan dapat mencegah noda nikotin tersebut. Semua orang mengetahui bahwa merokok itu tidak menyehatkan, meski pun begitu, banyak orang yang sulit untuk menghentikan kebiasaan ini karena sudah kecanduan. Berikut beberapa cara menghilangkan nikotin di gigi secara alami dan cepat yang bisa Anda lakukan di rumah.

Baca Juga :

15 Cara Menghilangkan Tahi Lalat Hidup Secara Alami

15 Cara Menurunkan Mata Minus Secara Alami

menghilangkan nikotin di gigi

 

Cara Menghilangkan Nikotin Di Gigi Secara Alami

Perlu di perhatikan bahwa pada dasarnya untuk memutihkan gigi haruslah secara rutin dan membutuhkan banyak waktu sehingga Anda harus bersabar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

1. Berhenti Merokok

Hal yang pertama dilakukan adalah menghentikan kebiasaan merokok. Meski pun terlihat sederhana namun kenyataannya bagi pecandu rokok hal ini sangat sulit dilakukan. Jadi, apabila Anda ingin menghilangkan noda di gigi, tetapi tidak diiringi dengan berhenti merokok maka usaha Anda tidaklah ampuh.

2. Jagalah Kebersihan Mulut

Jika Anda masih belum bisa menghentikan kebiasaan merokok, maka menjaga kebersihan mulut sangat diwajibkan, namun diiringi juga usaha untuk berhenti merokok. Dalam menjaga kebersihan mulut, setidaknya menggosok gigi 2 kali sehari dan berkumur setelah makan dan merokok. Ini dapat mencegah penumpukan noda nikotin pada gigi.

3. Memutihkan Gigi

Dalam metode ini sangat disarankan dilakukan oleh dokter yang sudah profesional. Untuk menghilangkan noda pada gigi, dengan melakukan memutihkan gigi maka dalam waktu singkat akan putih bersih.

4. Membilas Mulut

Seperti pembahasan sebelumnya, dengan membilas mulut maka noda yang menempel akan lebih mudah dihilangkan dan tidak terjadi penumpukan. Selain itu membilas mulut dapat menyingkirkan bakteri yang dapat mewarnai enamel gigi. Untuk membilas mulut sebaiknya dengan air bersih setelah merokok, makan, atau mengunyah tembakau.

5. Memeriksakan Gigi Secara Teratur

Konsultasi dengan dokter gigi juga dapat memberikan solusi yang baik untuk merawat gigi Anda. Selain itu juga dapat membersihkan pada karang gigi dan perawatan gigi lainnya agar jadi bersih dan sehat. Dengan pemeriksaan gigi secara teratur dapat membantu untuk menyingkirkan noda nikotin dalam jangka panjang.

6. Lengkapi Peralatan Gigi

Dalam menjaga kebersihan mulut dan menjaga gigi putih agar tidak kuning, yang harus dilakukan adalah dengan membeli persediaan peralatan pembersih mulut yang lengkap. Salah satu yang harus diperhatikan adalah membeli obat kumur yang dibuat khusus perokok dan pasta gigi khusus perokok.

7. Membersihkan Antara Gigi

Sangat penting untuk membersihkan tar dan nikotin yang menempel di sela gigi sebelum tidur, untuk itu dengan menyikat gigi setiap malam akan menjaga gigi tetap putih. Hal ini penting karena kuman di mulut tumbuh dua kali lebih cepat ketika sedang tidur, karena pertumbuhan bakteri dapat menimbulkan noda pada gigi.

8. Mengkonsumsi Stroberi

Stroberi mengandung enzim yang dikenal asam malat yang dapat membantu memutihkan gigi dan menghilangkan noda nikotin, selain itu juga enzim ini sering terdapat dalam kandungan pasta gigi. Dengan menyikat langsung menggunakan pasta gigi setelah menyikat dengan stroberi dapat memberikan hasil yang memuaskan.

9. Apel, Wortel Dan Seledri

Selanjutnya adalah menggunakan apel, wortel, dan seledri berperilaku mirip sebagai penghapus noda organik pada pasta gigi. Bahan tersebut meningkatkan produksi air liur, sehingga noda yang menempel akan terkikis sedikit demi sedikit. Makanan ini juga sangat kaya akan Vitamin C, yang membantu mencegah kondisi periodontal atau gingivitis.

10. Asupan Buah Jeruk

Buah jeruk akan menghasilkan tambahan air liur yang dapat mencuci gigi dan gusi serta dapat memutihkan. Lemon sangat bermanfaat untuk memutihkan gigi dan menghilangkan noda nikotin di gigi. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan jeruk yang berlebihan dapat merusak enamel pada gigi.

11. Yoghurt, Susu Dan Keju

Kandungan asam laktat yang ada pada Yoghurt, susu, dan keju dapat mengurangi penyakit periodontal. Produk ini kaya akan Vitamin D dan Kalsium yang berfungsi untuk gizi gigi, rahang, dan struktur dasar gigi.

12. Floss Gigi

Nikotin pada gigi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga mengurangi aliran darah ke gusi. Dengan merangsang gusi memakai flossing dengan benang gigi serta menyikat gigi secara teratur dapat merangsang peredaran aliran darah menuju gusi.

Menghilangkan noda nikotin di gigi akibat merokok memang kurang sedap dipandang, tapi dengan perawatan yang tepat dan perhatian pada gigi dapat membantu menghilangkan noda tersebut. Dan yang paling penting dari tips di atas adalah menghentikan kebiasaan merokok selain merusak gigi dan menyebabkan gigi kuning, juga tidak baik untuk kesehatan. Sekian 12 cara menghilangkan nikotin di gigi secara alami, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih!

12 Cara Menghilangkan Nikotin Di Gigi Secara Alami | AndiMariadi | 4.5