23 Cara Menghilangkan Mendengkur Saat Tidur

Mungkin bagi sebagian orang akan mengalami masalah tidur ini. Mendengkur atau ngorok adalah mengeluarkan suara yang pelan atau keras dan terus menerus dari tenggorokan pada saat tidur. Hal ini sering juga dianggap sebagai gangguan saat tidur dan mendengkur dapat memiliki konsekuensi medis dan sosial yang cukup serius. Penyebab mendengkur adalah perubahan pada sistem pernapasan atas, lebih tepatnya di daerah antara pangkal lidah dan belakang hidung.

Mendengkur merupakan hal yang wajar terjadi pada orang dewasa. Selain usia, berat badan juga dapat memengaruhi masalah ini. Semakin besar berat badan, maka semakin tinggi juga potensi mendengkur. Meski pun wajar, mendengkur merupakan kebiasaan burut karena dapat mengganggu kenyamanan orang lain pada saat tidur. Karena itu, jika Anda memiliki masalah kebiasaan mendengkur saat tidur, maka perlu tindakan yang serius dan tekun untuk menghilangkan mendengkur tersebut.

Penyebab Mendengkur Saat Tidur

Kebiasaan mendengkur saat tidur sangat buruk untuk lingkungan Anda, untuk itu kenali terlebih dahulu beberapa penyebab mendengkur berikut ini.

  1. Tidur telentang

Posisi tidur yang lurus seperti telentang akan membuat tekanan bagian belakang leher menjadi lebih, sehingga saluran udara pada tenggorokan akan ikut tertekan yang membuat udara menjadi susah keluar dan masuk.

  1. Berat badan berlebih

Posisi berat badan yang gemuk berlebih akan mengalami kesulitan saat bernapas bahkan mengganggu kualitas tidur seseorang. Lemak yang terdapat di tenggorokan orang yang memiliki berat badan yang lebih akan membuat saluran pernapasan menjadi sempit, sehingga udara yang sulit keluar masuk dan akan mengeluarkan bunyi layaknya mengorok.

  1. Kebiasaan buruk

Kebiasaan yang buruk akan membuat orang menjadi mendengkur, salah satunya adalah merokok. Merokok akan membuat jantung dan paru-paru menjadi bermasalah. Bahkan para ahli berpendapat bahwa merokok adalah pemicu terbesar seseorang mengalami masalah pernapasan saat tidur. Hal ini dikarenakan adanya radang tenggorokan dan saluran pernapasan.

Bahaya Mendengkur Saat Tidur

Berdasarkan hasil penelitian para ahli, bahwa mendengkur saat tidur dapat memicu penyakit yang serius. Selain itu gangguan tidur akan semakin besar pada seseorang yang mendengkur. Berikut beberapa bahaya mendengkur jika ini terus terjadi setiap malam.

  1. Penyakit Jantung

Apabila seseorang mengalami gangguan tidur dan tidak ada upaya untuk mengatasinya maka penyakit jantung bisa saja menyerang setiap saat. Gangguan tidur akan meningkatkan risiko denyut jantung menjadi tidak teratur dan pada akhirnya penyakit jantung koroner dan kongesif bisa saja menghampiri.

  1. Kerusakan Pada Otak

Orang yang mengalami gangguan tidur dapat berisiko mengalami kerusakan otak permanen. Kerusakan ini terjadi pada bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol ingatan, tekanan darah, dan juga emosi pada seseorang.

  1. Depresi

Seseorang akan semakin tinggi menderita depresi ketika mengalami masalah tidur yang serius. Untuk itu sangat disarankan untuk mencegah hal ini sebelum terjadi.

  1. Diabetes

Metabolisme tubuh tidak dapat mentoleransi glukosa dan resisten terhadap insulin ketika seseorang mengalami gangguan saat tidur. Diabetes tipe dua merupakan faktor penyebab kematian utama yang sering terjadi, hal ini terjadi akibat tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif.

Cara Menghilangkan Mendengkur Saat Tidur

Perlu Anda ketahui bahwa bahaya mendengkur bisa merupakan pertanda adanya penyakit yang serius pada diri kita seperti apnea tidur. Apnea adalah gangguan tidur yang dapat membuat seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik atau hingga beberapa menit saat terlelap. Dan membuat kadar oksigen dalam darah menurun sehingga akan membuat sakit kepala dan kelelahan pada besok harinya.

Demi menghindari kebiasaan buruk ini serta terhindar dari salah satu bahaya mendengkur yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda dapat mencoba beberapa cara menghilangkan mendengkur secara alami berikut ini.

1. Ubah posisi tidur

Posisi tidur yang salah akan menimbulkan suara dengkuran atau mengorok. Mendengkur biasanya akan terdengar saat posisi tidur telentang. Hal ini dikarenakan lidah tertarik ke dalam sehingga aliran udara menjadi sempit.

Suara mengorok terjadi pada saat langit-langit rongga mulut, lidah, tekak, dan otot belakang tenggorokan saling bersentuhan sehingga menimbulkan suara getaran saat tidur. Jadi dengan mengubah posisi tidur seperti menyamping maka mendengkur saat tidur akan hilang.

2. Angkat posisi kepala

Pada saat tidur, posisi kepala sangat mempengaruhi mengorok atau tidaknya seseorang. Kebanyakan orang akan mendengkur jika posisi kepala sejajar dengan badan atau terletak jauh ke belakang dari bantal. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menggunakan bantal dan usahakan posisi kepala lebih dari 4 inchi dari posisi biasanya.

Cara tersebut akan membantu menghilangkan mendengkur. Namun perlu diingat bahwa posisi tinggi bantal harus nyaman karena jika tinggi bantal lebih maka dapat dipastikan setelah bangun tidur akan merasakan sakit di bagian leher.

3. Bawang putih

Jika Anda sedang pilek dan batuk, beberapa siung bawang putih akan sangat membantu mengurangi lendir yang ada pada hidung serta radang pada sistem pernapasan. Caranya adalah mengunyah 1 atau 2 siung bawang putih yang mentah, kemudian disusul dengan minum 1 gelas air putih. Anda dapat melakukan cara ini setiap hari sebelum tidur agar tidur dapat nyenyak dan menghilangkan mendengkur saat tidur.

4. Mullein

Mullein merupakan nama dari bunga yang memiliki bahan dan komponen yang dapat meringankan gejala infeksi pernapasan, seperti suara serak. Kandungan akan membantu mencairkan dahak yang kental, dan membuatnya keluar dari saluran pernapasan.

5. Horehound

Tumbuhan ini sudah sejak lama digunakan untuk masalah batuk dan mengurangi mendengkur saat tidur. Bahkan untuk kasus batuk yang menyebabkan laringotrakeobronkitis (croup) saat tidur di malam hari.

6. Ephendra

Ephendra merupakan obat herbal menghilangkan mengorok dan sering digunakan pada orang yang mengalami alergi rhinitis serta pengobatan flu. Selain itu juga dapat membantu menghilangkan penyumbatan pada hidung dan melawan radang membran mukosa.

7. Akar manis (licorice)

Akar manis adalah tumbuhan yang dapat mengobati penyakit pernapasan seperti penyumbatan tenggorokan, asma, sesak napas, dan pnuemonia. Ia juga mengandung glycyrhizin yang dapat melembutkan membat hidung, tenggorokan, trakea, dan juga bronkus.

8. Kunyit

Kunyit merupakan cara alami menghilangkan mendengkur saat tidur, bahkan mengorok yang berat. Selain itu kunyit juga dapat mengobati peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan karena kunyit memiliki antibiotik dan antiseptik yang tinggi. Anda dapat mencoba menambahkan dua sendok teh bubuk kunyit dengan 1 gelas susu hangat, kemudian minum 30 menit sebelum Anda tidur. Lakukan secara rutin setiap hari agar lebih efektif mengurangi mendengkur.

9. Madu

Madu dapat mengurangi pembengkakan daerah tenggorokan yang menghambat saluran udara karena memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu juga madu dapat melembabkan tenggorokan sehingga mencegah getaran penyebab mendengkur. Campurkan 1 sendok makan madu dengan 1 gelas air hangat, kemudian minum sebelum tidur. Atau Anda juga dapat menggunakan madu untuk menambah rasa manis yang ada pada teh herbal yang diminum bersamaan atau sesudah makan malam.

10. Peppermint

Peppermint yang memiliki kandungan anti-inflamasi akan membantu pembengkakan pada selaput lapisan tenggorokan dan hidung, sehingga dapat melancarkan pernapasan. Selain itu juga dapat mengurangi gejala mendengkur karena alergi udara.

Tambahkan 1 atau 2 tetes minyak peppermint ke dalam 1 gelas air. Kemudian gunakan untuk berkumur-kumur sebelum tidur, dan pastikan Anda tidak menelannya. Jika tidak ingin berkumur-kumur dengan minyak tersebut, Anda dapat menggosokkan minyak tersebut ke sisi hidung sebelum tidur.

11. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk menenangkan jaringan di sepanjang saluran pernapasan dan juga dapat mengurangi pembengkakan yang memberikan saluran udara yang bersih. Dengan menggunakan minyak ini secara teratur agar mengurangi getaran pada tenggorokan yang menyebabkan mendengkur.

Cara menggunakannya adalah dengan meneguk 2-3 tegukan minyak zaitun sebelum tidur pada malam hari. Anda juga dapat mencampurkan setengah sendok teh madu pada 1 kali tegukan.

12. Mentega

Bahan alami ini dapat membantu membuka saluran pernapasan hidung yang tersumbat. Sehingga mengurangi mendengkur saat tidur. Gunakan sedikit mentega yang dihangatkan dalam microwave. Kemudian gunakan pipet untuk menempatkan 2-3 tetes mentega hangat tadi di setiap lubang hidung. Lakukan ini setiap hari sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

13. Kapulaga

Kapulaga memiliki kandungan ekspektoran dan dekongestan yang sangat efektif untuk membuka saluran pernapasan yang tersumbat. Ketika saluran pernapasan menjadi lancar maka dengkuran juga dapat berkurang bahkan menghilang. Cukup dengan menambahkan 1 setengah sendok teh bubuk kapulaga ke dalam segelas air hangat. Kemudian minum 30 menit sebelum tidur pada malam hari. Dengan melakukan cara ini setiap hari kemungkinan mendengkur akan hilang semakin tinggi.

14. Jelatang (nettle)

Jika Anda mendengkur hanya pada waktu tertentu saja maka besar kemungkinan penyebabnya adalah alergi musiman yang menyebabkan saluran di hidung membengkak. Jenis dengkuran ini akan sangat mudah diobati dengan tumbuhan jelatang. Tumbuhan ini sangat efek menghilangkan mendengkur karena memiliki anti-inflamasi serta sifat antihistamin yang cukup.

Tambahkan 1 sendok makan daun jelatang kering ke dalam 1 gelas air mendidih. Rebus selama 5 menit, kemudian saring air tersebut. Minum air saringan tadi selagi hangat sebelum tidur. Anda cukup meminum 2-3 gelas air saringan daun jelatang setiap hari selama alergi untuk mencegah mendengkur.

15. Bunga kamomil (chamomile)

Anti-inflamasi yang terkenal untuk mengobati mendengkur saat tidur adalah kandungan yang terdapat dalam bunga kamomil. Bunga ini juga berkhasiat untuk menenangkan saraf dan otot tegang sekitar tenggorokkan dan membantu tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

Tambahkan 1 sendok makan bunga kamomil atau 1 kantong teh kamomil ke dalam 1 gelas air. Kemudian rebus selama 15 menit sampai mendidih. Selanjutnya saring airnya dan untuk memberikan rasa, tambahkan madu 1 sendok teh. Minum air hasil saringan tersebut sebelum tidur.

Selain cara menghilangkan mendengkur secara alami di atas, Anda juga dapat menggunakan tips di bawah ini untuk mengurangi mendengkur saat tidur dan dapat terhindar dari mendengkur saat tidur.

16. Banyak minum air putih

Ketika seseorang dehidrasi maka pelepasan lendir pada hidung dan langit-langit lunak akan lengket. Hal inilah yang dapat menimbulkan suara dengkuran saat tidur. Dengan memperbanyak minum air putih sebanyak 8-9 gelas sehari akan membuat tenggorokan menjadi lebih lembab dan tidak lengket dengan langit-langit lunak.

17. Turunkan berat badan

Berat badan yang berlebihan adalah faktor utama penyebab seseorang mendengkur. Orang gemuk dapat mengakibatkan adanya penumpukan lemak dan penyempitan pembuluh darah pada saluran pernapasan. Oleh sebab itulah udara yang melintas menjadi sulit dan mengeluarkan bunyi mendengkur. Dengan mencoba menurunkan berat badan dengan berolahraga secara teratur akan membuat tidur Anda lebih berkualitas daripada saat keadaan berat badan Anda yang lebih.

18. Bersihkan sinus anda

Sinus merupakan bagian belakang hidung antara dua mata atau lebih tepatnya lubang hidung. Sebelum tidur, cobalah untuk membersihkan bagian sinus agar aliran udara menjadi lebih lancar. Usahakan ketika mengeluarkan kotoran dalam hidung dengan mengeluarkan udara yang keras dari hidung seperti saat bersin.

19. Menghirup uap air sebelum tidur

Mendengkur adalah ketika udara yang melintas baik itu masuk maupun keluar menjadi terhambat. Apabila saluran pernapasan ini terhambat, maka ketika Anda menarik napas suara dengkuran pun menjadi semakin bertambah. Dengan menghirup uap dari air panas sebelum tidur akan sangat membantu menghilangkan mendengkur saat tidur dan membuat hidung nyaman.

Cara melakukannya adalah dengan menghirup uap dari air panas selama beberapa menit sebelum tidur. Jika tidak sempat, bisa dengan mengompres hidung dengan kain yang sudah direndam air hangat sebelumnya.

20. Tidur yang cukup

Ketika seseorang sibuk bekerja dan kelelahan pada malam hari, maka saat itulah kondisi otot merubah posisi dari tegang menjadi tidak tegang lagi saat itulah kondisi mendengkur akan terjadi. Karena itulah untuk mencegah terjadi mendengkur, Anda bisa mencoba membuat jadwal tidur dan mencukupi tidur Anda setidaknya 6 jam dalam sehari.

21. Tidak makan sebelum tidur

Hindari mengkonsumsi makanan dalam porsi banyak ketika beberapa jam mejelang tidur. Karena ini dapat menjadi salah satu penyebab tidur mendengkur. Makan sebelum tidur akan membuat mendengkur muncul dan membuat tubuh menjadi lemas pada keesokan harinya. Apabila lapar namun jam tidur sudah mulai tiba, Anda bisa mencoba memakan camilan atau produk susu yang digunakan untuk mengganjal perut.

22. Gunakan alat anti dengkur

Jika Anda sangat bermasalah dengan kondisi mendengkur, maka dapat mencoba produk alat anti dengkur yang dijual beberapa di pasaran. Anda bisa mencoba menanyakan kepada penjual alat kesehatan untuk anti dengkur.

23. Hindari alkohol, merokok dan obat penenang

Dikutip dari WebMD, risiko mendengkur saat tidur akan semakin meningkat setelah seseorang mengkonsumsi alkohol. Menurut dokter, orang yang mengkonsumsi alkohol 3-5 jam sebelum tidur akan membuat tidur menjadi lebih buruk dan mendengkur semakin parah. Selain itu juga obat penenang dan merokok adalah kondisi yang sama pada kasus ini.

Meski pun pada sebagian orang merokok, minum alkohol, dan minum obat penenang tidak menimbulkan mendengkur, tetapi tetap saja ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Cara Mencegah Mendengkur

Jika kebiasaan mendengkur saat tidur sudah berkurang bahkan menghilang, maka Anda harus melakukan upaya pencegahan agar ngorok tidak kembali lagi. Berikut ini beberapa cara mencegah mendengkur menghampiri Anda.

  • Berhenti untuk mengkonsumsi alkohol, merokok, dan obat yang dapat menyebabkan munculnya kantuk.
  • Selalu menggunakan bantal saat tidur, agar penapasan normal dan tidak terjadi penyempitan pada saluran pernapasan.
  • Hindari tidur telentang dan tengkurap agar saluran pernapasan pada hidung tidak terjadi penyumbatan.

Meski pun pada kenyataannya, pada sebuah penelitian dari universitas di California, Amerika Serikat mengatakan bahwa dengan mendengkur secara teratur dapat membakar sebanyak 2000 kalori hanya dalam 1 hari, sedangkan orang yang mendengkur sesekali dapat membakar sebanyak 1626 kalori perharinya.

Tidur yang nyenyak dan aman tanpa mendengkur akan membuat tidur seseorang menjadi lebih berkualitas dan juga sehat. Maka tidak ada salahnya kita untuk berkonsultasi dengan Dokter yang ahli dengan masalah tidur, mungkin saja mendengkur tersebut menandakan adanya penyakit pada tubuh yang harus segera diobati.

Sekian artikel 28 cara menghilangkan mendengkur saat tidur yang dapat Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat, terima kasih!

23 Cara Menghilangkan Mendengkur Saat Tidur | AndiMariadi | 4.5