17 Cara Menghilangkan Kerutan Di Dahi Secara Alami

Kerutan di dahi memang membuat kita merasa terlihat nampak lebih tua sehingga beberapa cara menghilangkan kerutan di dahi sudah kita lakukan, dari secara alami maupun non alami. Namun hasilnya tidak begitu memuaskan. Kerutan ini timbul mungkin merupakan tanda bahwa kulit sudah mulai menua atau memang bawaan genetika saat lahir sehingga tidak bisa dengan cepat dihilangkan. Keriput di dahi biasanya akan terlihat  sangat jelas ketika sedang tertawa dan apabila sedang diam hanya akan terlihat garis halus kerutan. Ini sering sekali membuat risih dan kurang percaya diri, karena akan terkesan tua dan tidak menarik.

Meski pun tidak bisa di pungkiri bahwa setiap manusia pasti akan mengalami proses penuaan pada kulit, bukan berarti kita harus pasrah dan malas untuk perawatan wajah. Dengan melakukan perawatan dengan beberapa bahan alami dan merubah sedikit kebiasaan mampu membantu menghilangkan kerutan di dahi.

Berbicara mengenai kerutan, tentu banyak faktor penyebab kerutan di wajah. Mulai dari kebiasaan seperti gonta-ganti make up, sering begadang, sering terkena sinar matahari secara langsung, dan lain sebagainya. Kebiasaan tersebut tentu sangat buruk untuk kulit Anda termasuk wajah, karena akan mengganggu produksi kolagen pada kulit wajah, sehingga elastisitas kulit wajah menurun dan akhirnya menyebabkan kerutan.

Cara Menghilangkan Kerutan Di Dahi Secara Alami

Untuk menghilangkan kerutan di dahi beberapa orang menggunakan berbagai metode seperti menggunakan krim dan losion, metode beda atau operasi plastik yang tentu berisiko untuk nantinya. Berikut ini beberapa cara alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi wajah keriput dan yang paling penting aman untuk kulit.

Baca Juga :

13 Cara menyembuhkan sesak nafas secara alami dengan cepat

3 Cara Mengecek Mata Minus Dan Mata Plus Sendiri

1. Jangan sering mengerutkan dahi

Terbiasanya untuk mengerutkan dahi akan menambah buruk bekas garis kerutan pada dahi Anda. Hentikan kebiasaan ini terlebih dahulu agar keriput tidak semakin terlihat pada dahi.

2. Banyak konsumsi air putih

Hal yang kedua adalah menjaga pola minum air putih anda, agar kulit semakin lembab sehingga elasitas kulit bertambah, selain itu juga kulit agar tidak kusam dan berkerut. Metabolisme tubuh akan terjaga dengan baik apabila Anda banyak mengkonsumsi air putih.

3. Hindari paparan sinar matahari

Penyebab utama kerutan pada dahi adalah sering terkenanya paparan sinar matahari secara langsung ke wajah. Sinar matahari di atas jam 9 memberikan efek buruk untuk kesehatan kulit termasuk wajah Anda.

4. Handuk hangat

Jika sudah menghindari dan melakukan kebiasaan di atas tentu langkah untuk menghilangkan keriput pada wajah akan lebih mudah. Cara ini tidak menggunakan krim wajah yang berisiko untuk kemudian hari, kita cukup menggunakan handuk hangat. Caranya sebagai berikut :

  • Siapkan air hangat 1 ember kecil, kemudian rendam handuk kecil
  • Peras handuk kecil tersebut dan tempelkan di dahi (seperti mengkompres) dan biarkan selama 15 menit, sampai mengering atau dingin.
  • Ulangi cara tersebut 1 kali lagi, dan lakukan cara ini paling tidak seminggu 1 kali dan rutin.

5. Minyak zaitun

Agar lebih cepat menghilangkan kerutan Anda juga dapat memadukan cara di atas dengan mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur dan mencucinya setelah bangun tidur. Dengan melakukan cara ini tentu bukan kerutan di dahi saja yang akan hilang, namun kerutan di sekitar wajah Anda akan menghilang. Karena minyak zaitun memiliki kandungan Vitamin E yang cukup tinggi untuk kebutuhan kulit. Pemakaian yang teratur serta rutin akan membantu Anda lebih terlihat muda.

6. Pepaya dan madu

Anda juga dapat memadukan masker pepaya untuk perawatan wajah Anda. Buah pepaya mengandung enzim papain, khimopapai,alkaloid carpin, dan pseudocarpin yang merupakan enzim perawatan wajah yang membuat kulit lebih halus, mengurangi noda, dan mengurangi kerutan di wajah. Cara menghilangkan kerutan di wajah dengan pepaya cukup mudah.

Haluskan 2 sendok makan pepaya yang sudah matang, lalu campurkan 1 sendok madu kemudian aduk sampai rata. Selanjutnya, Anda oleskan masker tersebut ke seluruh bagian kerutan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin.

7. Wortel dan pisang

Selanjutnya kita akan membuat masker wortel dan pisang. Perpaduan wortel dan pisang akan memberikan Vitamin dan Mineral yang lengkap untuk kebutuhan kulit Anda. Siapkan pisang dan wortel secukupnya terlebih dahulu. Kemudian haluskan wortel dan pisang dengan komposisi 1:1, atau sesuai selera Anda. Oleskan pada wajah dan pijat halus pada bagian kerutan di dahi. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Putih telur dan lemon

Masker selanjutnya adalah campuran putih telur dan lemon yang tentu sangat cocok sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi secara alami. Karena kandungan Vitamin C pada lemon ini akan membantu mencerahkan dan menyegarkan kulit wajah. Cara membuat masker putih telur dan lemon adalah sebagai berikut.

  • Siapkan putih telur dan air perasan lemon secukupnya.
  • Campurkan kedua bahan tersebut, dan aduk hingga menjadi pasta.
  • Setelah itu oleskan pasta tersebut ke seluruh bagian kulit, dan diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Selain menghilangkan kerutan di dahi, cara ini juga dapat menghilangkan keriput pada semua area wajah sehingga akan terlihat kencang dan bersih.

9. Lidah buaya dan putih telur

Selain mencampurkan putih telur dengan lemon, kombinasi lidah buaya dan putih telur juga sangat cocok untuk menghilangkan kerutan di dahi. Cara membuatnya juga sangat mudah, cukup ambil daging lidah buaya secukupnya kemudian campurkan dengan putih telur. Selanjutnya aduk hingga membentuk pasta sebagai masker wajah, oleskan pasta tersebut ke seluruh area wajah atau dahi berkerut, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih atau juga bisa menggunakan sabun wajah. Cukup gunakan cara ini sebanyak 2 kali seminggu dengan rutin.

10. Madu dan anggur

Campuran madu dan anggur akan menjaga kulit lebih lembab dan membantu memproduksi kolagen elasitas kulit sehingga membuat kulit lebih kencang dan kerutan pada wajah menghilang.

Cara membuat masker madu untuk kulit wajah cukup dengan menghaluskan buah anggur secukupnya, bisa menggunakan blender. Selanjutnya tambahkan 1 sendok makan madu, dan aduk hingga tercampur merata. Oleskan pada kerutan di dahi atau menggunakannya untuk masker wajah. Diamkan kurang lebih selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

11. Wortel dan mentimun

Cara menghilangkan kerutan di dahi berikutnya adalah memanfaatkan bahan wortel dan mentimun sebagai masker wajah. Cara membuat masker mentimun sangat mudah yaitu haluskan wortel dan mentimun dengan perbandingan 1:1 dalam waktu yang bersamaan menggunakan blender. Setelah halus, gunakan bahan tersebut untuk mengoleskan pada kerutan dahi dan juga Anda bisa memanfaatkan untuk masker wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilang dengan air bersih.

12. Masker kentang

Menggunakan masker kentang akan membuat kulit lebih kencang. Kentang sangat bermanfaat untuk membersihkan wajah dan sebagai anti-aging. Anda bisa langsung menempelkan potongan kentang di wajah sebelum tidur, atau bisa juga membuatnya menjadi masker. Caranya yaitu haluskan kentang terlebih dahulu, lalu campurkan dengan beberapa tetes air jeruk. Oleskan pada wajah lalu bilang menggunakan air bersih.

13. Minyak biji rami

Sebagai upaya membantu bahan alami di atas dan pencegahan untuk kerutan pada wajah Anda bisa mencoba menkonsumsi 1 sendok teh biji rami secara rutin beberapa minggu untuk melakukan perawatan wajah Anda.

14. Konsumsi makanan tinggi kolagen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya salah satu penyebab kerutan adalah kurangnya produksi kolagen pada kulit wajah. Dengan banyak mengkonsumsi buah, susu, sayur, dan jenis kacang-kacangan akan membantu produksi kolagen dan Vitamin E yang sangat baik untuk kulit. Dengan mengembalikan kelembaban dan kekencangan kulit, maka kerutan di wajah akan menghilang.

15. Gunakan kosmetik dan krim wajah yang berkualitas

Untuk mencegah timbulkan kerutan di wajah, maka untuk itu gunakan kosmetik dan krim wajah untuk kulit wajah yang berkualitas. Pastikan juga pelembab dan make up yang cocok untuk kulit Anda. Lebih amannya Anda bisa menggunakan perawatan yang alami.

16. Senam wajah

Kedengarannya agak asing dengan senam wajah, namun kenyataannya sangat membantu masalah kerutan di dahi. Cara senam wajah cukup sederhana, Anda hanya mengunyah permen karet. Gerakan mengunyah yang berulang-ulang mampu menjaga kekencangan kulit wajah dan dahi, karena semua otot bergerak mengikuti gerakan mengunyah Anda.

17. Hindari kebiasaan buruk

Kebiasaan seperti merokok dan meminum minuman keras akan mempercepat penyebab penuaan diri, salah satu tandanya adalah timbulnya proses kerutan pada wajah dan dahi Anda. Jadi sangat disarankan untuk menghindari kebiasaan ini, jika tidak bisa berhenti merokok setidaknya berhenti meminum minum keras.

Selain menggunakan bahan di atas, masih banyak lagi bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di dahi secara alami untuk mencegak proses penuaan dini pada kulit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Proses penuaan memang akan ditandai munculnya keriput pada kulit karena ini merupakan proses alami pada tubuh manusia. Namun jika dapat dikurangi sejak dini, kenapa tidak ?. Salam dan Terima kasih!

17 Cara Menghilangkan Kerutan Di Dahi Secara Alami | AndiMariadi | 4.5