20 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Belajar

Mengantuk bukan suatu penyakit, melainkan reaksi tubuh terhadap penurunan oksigen di otak. Mengantuk juga salah satu reaksi dari tubuh yang menandakan bahwa tubuh seseorang tersebut sedang lelah. Biasanya reaksi kantuk sering muncul pada malam hari setelah seharian beraktivitas, namun siapa sangka kantuk juga dapat menyerang saat belajar, bekerja, dan paling berbahaya adalah sedang mengemudi mobil.

menghilangkan kantuk

Seperti diketahui bahwa rasa kantuk saat belajar memang terjadi, bahkan pada beberapa kasus kantuk dapat terjadi setiap saat. Bagi mereka yang memiliki masalah ngantuk berlebih akan mengganggu dalam proses belajar, walaupun yang terjadi besok harus mengerjakan ulangan dan kuis dadakan dari guru. Sebenarnya cara menghilangkan kantuk saat belajar memang ada namun memang tidak mudah dilakukan, terlebih jika pelajaran yang sering kali membuat bosan.

Penyebab Ngantuk Berlebihan

Biasanya rasa kantuk menyerang saat kita sedang melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi terlalu lama seperti belajar, bekerja, dan mengendarai kendaraan. Sebelum kita mengetahui cara menghilangkan rasa ngantuk saat belajar, tidak ada salahnya untuk mencari tahu penyebab ngantuk berlebihan. Berikut ini beberapa yang menyebabkan kantuk berlebih :

Kurang tidur

Sering tidur hanya beberapa jam dalam sehari dapat menyebabkan kita mudah mengantuk, karena tubuh kita merasa lelah setelah bekerja dan beraktivitas seharian penuh sedangkan istirahat tidak memenuhi standar usia seharusnya. Waktu istirahat orang dewasa  minimal 6 jam dalam sehari, maka jika kurang dari itu dapat menyebabkan rasa kantuk berlebihan pada saat belajar dan bekerja.

Sleep apnea

Sleep apnea merupakan suatu kondisi di mana seseorang tidur namun kualitas tidur tersebut jelek sehingga saat beraktivitas tidak merasa bugar dan mudah lelah. Sleep apnea juga dapat membuat kita mendengkur saat tidur, karena tidur yang tidak berkualitas tersebut. Untuk gangguan seperti ini Anda bisa berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan untuk mendapatkan perawatan yang seharusnya.

Terlalu kenyang

Apabila seseorang dalam keadaan kekenyangan maka dapat dipastikan akan timbul rasa kantuk yang berlebihan setelahnya. Karena asupan karbohidrat yang banyak akan menyebabkan kantuk, terlebih sayur yang dapat mengakibatkan kantuk seperti kangkung.

Aktivitas yang monoton

Ketika otak merasa jenuh pada saat Anda melakukan kegiatan yang itu-itu saja maka konsentrasi akan buyar dan mudah mengantuk, selain itu konsentrasi yang berlebihan juga dapat membuat kadar oksigen pada otak dan darah juga menurun.

Stres dan depresi

Seseorang yang sedang dalam keadaan stres dan depresi akan membuat kualitas tidur menjadi terganggu, akibatnya setelah bangun tidur maka rasa mengantuk dan malas untuk melakukan aktivitas akan terjadi.

Anemia

Anemia atau yang lebih dikenal dengan istilah kurang darah dapat menyebabkan jumlah Hb dalam tubuh menjadi rendah, sehingga kadar oksigen yang masuk ke otak menjadi berkurang. Kadar oksigen yang kurang pada otak inilah penyebab mudah lelah dan mengantuk saat beraktivitas baik itu belajar, bekerja, atau berkendara.

Diabetes

Pada seseorang yang menderita diabetes akan cenderung lemas dan mengantuk karena kurangnya energi dalam tubuh akibat gula yang tidak dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh. Penyakit ini belum dapat diobati karena tidak ada obat yang ditemukan, namun Anda dapat belajar menjaga pola hidup sehat.

Pengaruh obat

Pada beberapa obat dapat mengakibatkan rasa kantuk yang berlebihan. Misalnya saja obat pilek dan batuk, dan obat-obatan yang dapat membuat tubuh untuk beristirahat.

Kurang olahraga

Seseorang yang kurang berolahraga akan membuat badannya menjadi mudah lelah dan tidak segar karena membuat peredaran darah yang tidak lancar. Tubuh yang lemas dan tidak berenergi dapat mengakibatkan tubuh menjadi ngantuk, namun melakukan olahraga yang berlebihan juga dapat membuat tubuh lelah dan mengantuk.

cara menghilangkan kantuk

Cara Menghilangkan Kantuk Saat Belajar

Rasa kantuk yang muncul tiba-tiba saat belajar akan membuat aktivitas menjadi terganggu dan kurang maksimal. Berikut ini cara menghilangkan kantuk saat belajar di sekolah atau di rumah yang dapat mengatasi rasa ngantuk yang berlebihan.

1.      Tidur yang cukup

Tidur yang kurang adalah penyebab utama mengapa Anda selalu mengantuk. Usahakan untuk tidur minimal 6 jam sehari dan biasakan tidak tidur terlalu larut dari jam 10 malam. Selain menghilangkan rasa kantuk, tidur yang cukup juga dapat menghilangkan penyakit seperti stres, darah tinggi, dan lain sebagainya.

2.      Sarapan

Makan di pagi hari akan memberikan energi untuk beraktivitas pada siang hari seperti belajar di kelas. Dengan sarapan makanan yang sehat dengan protein tinggi, karbohidrat, dan sayuran yang seimbang akan menghilangkan rasa kantuk yang dialami saat belajar.

3.      Minum segelas air putih

Dengan banyak minum air putih akan membantu menghilangkan rasa kantuk yang diakibatkan dehidrasi. Pastikan untuk meminum banyak air dan memakan makanan dengan kandungan air yang cukup tinggi seperti buah dan sayuran. Ini akan membuat Anda segar kembali saat belajar karena cairan dalam tubuh menjadi normal. Usahakan minum 8 gelas air putih perhari.

4.      Ngemil atau mengunyah permen

Agar otak tidak monoton untuk berkonsentrasi pada buku pelajaran maka selingi dengan sedikit cemilan seperti keripik, kacang dan pastikan untuk tidak mengkonsumsi makanan berat seperti nasi. Anda juga dapat mengunyah permen untuk membantu mengusir rasa kantung yang berlebih. Banyak permen yang berasakan kopi sehingga kafein yang terkandung dapat mengatasi rasa kantuk Anda. Dengan mengkonsumsi sedikit cemilan dan mengunyah permen akan membuat otak Anda menjadi tidak fokus hanya pada buku pelajaran.

5.      Mencuci muka

Cara ini menurut saya sangat efektif untuk menghilangkan kantuk saat belajar. Mungkin Anda juga sering melakukannya saat belajar. Tapi untuk lebih efektifnya setelah mencuci muka, pastikan Anda tidak langsung masuk ke dalam kelas, usahakan untuk beristirahat sejenak dan melihat sekeliling taman yang ada pada sekolah. Selain menyegarkan mata Anda juga dapat membuat Anda bergerak.

6.      Minum kopi atau teh

Teh maupun kopi sudah tidak diragukan lagi dan terbukti dapat menghilangkan rasa kantuk karena mengandung kafein yang menstimuluskan otak untuk menjadi segar dalam sekejap. Tapi perlu diingat, bahwa meminum terlalu banyak kopi juga dapat mengakibatkan adanya timbul penyakit lainnya, terutama lambung.

7.      Lakukan banyak interaksi

Ketika mengantuk cobalah untuk berbicara dan bercanda dengan teman di sebelah Anda. Kegiatan mengobrol akan membuat Anda merasa lebih segar karena telah melakukan kegiatan yang lain. Tapi cukup berbicara hanya sesekali saja karena jika terlalu banyak berbicara akan membuat Anda tidak menerima pelajaran secara maksimal. Atau jika Anda tidak ingin mengobrol dan mengantuk, cobalah untuk duduk di barisan depan. Karena peluang berinteraksi di depan lebih banyak.

8.      Posisikan senyaman mungkin

Selama belajar usahakan badan dan pikiran dalam keadaan rileks dan santai. Aturlah posisi dan ubah posisi Anda menjadi senyaman mungkin untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan. Aturlah posisi paling tidak membentuk sudut siku 90 derajat, yang artinya duduk dengan posisi paha lurus dan posisi badan menjadi tegap. Kemudian lakukan rileksasi seperti menarik dan menghembuskan napas dengan perlahan.

9.      Gerakan kaki

Cara menghilangkan rasa kantuk saat belajar selanjutnya adalah dengan mengayunkan atau menggerakkan kaki sampai merasa santai. Jika bisa lepaskan alas kaki untuk membuat Anda lebih leluasa untuk menggerakkan kaki sehingga menghilangkan rasa kantuk yang Anda alami.

10. Bergerak

Ketika rasa mengantuk mulai menyerang cobalah untuk melakukan gerakan untuk melepaskan penat ketika belajar. Untuk melakukan gerakan tidak perlu berdiri cukup merentangkan tangan dan kaki sampai benar-benar rileks dan lelah hilang.

11. Berjalan ke sekeliling

Sama seperti poin sebelumnya jika rasa mengantuk menyerang, cobalah untuk menggerakkan badan Anda. Jika dapat keluar ruangan cobalah untuk melihat sekeliling ruangan Anda hal ini akan mengatasi kantuk yang Anda alami dan mengurangi rasa bosan akibat kelelahan belajar.

12. Ruang yang terang

Ketika belajar usahakan untuk menggunakan ruangan yang terang untuk menghindari rasa kantuk yang muncul. Selain itu juga ruangan yang gelap dapat memicu munculnya mata minus. Jika Anda menempati pada sisi gelap, maka usahakan untuk berpindah posisi yang agak terang untuk menghindari kantuk yang melanda Anda.

13. Istirahat sejenak

Yang dimaksud istirahat di sini bukan tidur sebentar,  tapi untuk istirahat dari aktivitas belajar Anda sekarang. Anda bisa mencoba berinteraksi dengan teman atau menonton TV jika Anda di rumah. Tapi pastikan untuk tidak istirahat berlebih karena akan menghilangkan mood Anda untuk belajar.

14. Stimulasikan pikiran

Pada rasa kantuk yang dialami sebaiknya untuk mencari hal lain untuk dilakukan agar dapat mengusir rasa kantuk. Cobalah untuk melakukan kegiatan yang berbeda atau kegiatan yang lebih menarik lagi. Selain itu juga hal ini akan menyegarkan pikiran setelah lelahnya belajar.

15. Mendengarkan lagu

Dengan mendengarkan musik dan menyanyi sedikit banyaknya akan membuat Anda bergerak dan ini akan membuat Anda melupakan rasa kantuk tersebut. Meski pun Anda menyukai instrumental atau musik yang lembut, sebaiknya Anda mengganti genre beberapa waktu untuk menghilangkan rasa kantuk Anda sekarang.

16. Bersihkan meja anda

Ketika belajar dan kantuk menyerang maka saat yang tepat untuk membersihkan meja. Karena dengan kegiatan tersebut akan membuat Anda bergerak, terlebih jika meja bersih dan rapi akan membuat pikiran menjadi segar.

17. Jauhi kipas angin atau pendingin ruangan

Untuk hal teknis lainnya Anda dapat menjauhkan diri dari kipas angin atau pendingin ruangan (AC). Karena benda tersebut akan membuat Anda menjadi lebih ngantuk lagi. Sebab ruangan yang berangin dan nyaman akan memindahkan pikiran belajar Anda untuk segera beristirahat.

18. Olahraga

Sudah kita bahas sebelumnya bahwa penyebab kantuk berlebihan adalah kurangnya olahraga. Oleh karena itu akan membuat tubuh Anda menjadi lemas dan lebih cenderung untuk mengantuk. Menurut penelitian mengatakan bahwa olahraga lebih efektif untuk meningkatkan energi dan dapat mengurangi rasa lelah pada siang hari. Dengan olahraga yang teratur maka akan membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas dan menghindarkan rasa kantuk yang berlebihan pada siang hari.

Yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan tubuh Anda dengan cara untuk tidak menahan kantuk jika benar-benar Anda sangat mengantuk. Cobalah untuk tidur sebentar untuk mengistirahatkan tubuh Anda dari aktivitas yang melelahkan. Demikian 18 Cara menghilangkan kantuk saat belajar yang dapat Anda coba. Jika Anda memiliki tips lain untuk mengatasi rasa kantuk dapat berbagi di menu komentar dan akan saya update di artikel ini. Semoga bermanfaat, terima kasih!

20 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Belajar | AndiMariadi | 4.5