5 Cara Menghilangkan Jamur Pada Mulut Bayi

Oral thrush adalah infeksi jamur Candida Albicans yang sering menyerang mulut bayu baru lahir atau yang masih berusia kurang dari 2 bulan. Sebenarnya jamur ini tidak berbahaya, namun jamur ini dapat menular ke puting payudara atau sebaliknya. Penyakit jamur pada mulut bayi membuat ia menjadi gelisah, sering menangis, sakit perut, sering buang air, hingga malas untuk menyusu.

Sebenarnya jamur candida albicans ini merupakan jamur yang biasanya terdapat pada usus, genitalia, dan mulut bayi. Karena jamur ini senang tumbuh pada daerah yang hangat dan basah. Jamur di mulut bayi bersifat normal apabila dengan jumlah yang sedikit sehingga tidak menyebabkan gangguang. Biasanya masalah akan timbul jika jamur ini menjadi banyak dan akan berwarna putih pekat didaerah yang ditinggali seperti lidah.

Penyebab Jamur Pada Mulut Bayi

Jamur ini biasanya akan tumbuh pada bayi masih belum genal 2 bulan. Karena kondisi bayi masih belum memiliki anti biotik untuk menahan pertumbuhan jamur ini. Oleh sebab itu, kita harus mengenali penyebab jamur pada mulut bayi hingga bisa tumbuh sedemikian banyak.

  1. Jamur bawaan lahir

Seperti yang kita ketahui, bahwa jamur ini tidak menular dari bayi ke bayi, tetapi jamur ini tumbuh dari dalam diri bayi namun melebihi batas normalnya. Sebenarnya jamur ini bisa saja bawaan lahir sewaktu melahirkan dan tumbuh melebihi batas.

  1. Terinfeksi saat menyusu

Selain bawaan dari lahir, bayi juga dapat tercemar dari puting payudara saat menyusu. Karena jamur ini senang berada di tempat yang lembab dan basah.

  1. Candida tercemar di dot

Jamur dapat tumbuh di mulut bayi hanya dari dot yang digunakan. Hal ini menyebabkan jamur menjalar hingga memenuhi area mulut, tidak terkecuali lidahnya.

  1. Antibiotik

Selain masalah diatas, ternyata penyebab tumbuhnya jamur pada mulut bayi adalah pemberian antibiotik. Pemberian antibiotik pada bayi menyebabkan bakteri yang biasanya memakan jamur pada bayi mati sehingga jamur candida mudah tumbuh.

Baca Juga :

Cara Memerahkan Bibir Secara Alami Dengan Pasta Gigi

5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Baru Lahir

Gejala Jamur Candida Pada Mulut

Gejala yang biasanya disebabkan oleh jamur candida pada mulut bayi, di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bercak putih yang ada pada area tersebut. Biasanya bibir, lidah, gusi, dan pipi bagian dalam mulut akan tampak seperti gumpalan keju dan sulit untuk dibersihkan.
  2. Bayi sering menangis dan tidak nyaman saat menyusu atau menghisap dot. Bercak yang putih pada lidah dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman saat minum atau makan terutama jika infeksi sudah berat.

Setelah membahas mengenai penyebab jamur di mulut bayi serta gejala yang ditimbulkan oleh candida ini. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara penanganan dan obat jamur mulut yang cocok untuk bayi

Cara Menghilangkan Jamur Pada Mulut Bayi

Sebenarnya jamur pada mulut bayi akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu. Namun untuk menunggu itu semua kita harus mendapati bayi yang menangis, rewel, dan susah untuk makan. Untuk itulah dokteralami.com akan membagikan sedikit tips cara menghilangkan jamur pada mulut bayi dengan cepat sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir dengan gangguan seperti disebutkan tadi.

Hentikan Pemicu Jamur

Hal yang pertama dilakukan adalah menghentikan asal mula terjadinya bakteri jamur ini. Periksa puting payudara bunda apabila terdapat bercak putih segera bersihkan dengan kain kasa dicampurkan air hangat. Hentikan penyebab jamur di mulut ini

Perkuat Gizi Ibu Menyusui

Dengan memperkuat gizi ibu yang menyusui akan mampu mencegah tumbuhnya jamur sehingga bayi menjadi sehat. Selain itu juga proses penyempurnaan organ tubuh bayi menjadi lebih cepat. Dalam memperkuat gizi ibu bisa dengan mengkonsumsi makanan dan buah-buahan seperti : avokad, pepaya, apel, dan buah-buahan lainnya.

Berikan Minum Madu

Disamping pemberian susu, berikan juga bayi Anda air putih atau madu untuk mengurangi tumbuhnya jamur pada mulutnya. Selain itu juga madu sangat memiliki manfaat untuk tumbuh kembang anak.

Bersihkan Dengan Kasa Dan Air Hangat

Apabila cara alami seperti diatas masih belum bisa mengatasi jamur pada mulut bayi. Anda dapat melakukan tindakan seperti membersihkannya. Untuk menghilangkan jamur pada mulut buah hati bisa menggunakan kain kasa dan air hangat. Caranya adalah dengan membalutkan kain kasa di jari telunjuk, kemudian celupkan ke air hangat. Setelah itu gosok secara perlahan area yang terkena jamur, jangan terlalu kasar. Karena jamur ini menempel dengan kuat jadi jika dipaksakan akan membuat  area tersebut mengeluarkan darah. Bersihkan semua area mulut seperti gusi, lidah.

Berikan Obat Jamur Mulut

Selain menggunakan cara “lembut” di atas, Anda bisa menggunakan obat jamur mulut seperti Nistatin (Kandistatin, Cazetin, dll) yang berupa suspensi digunakan dengan cara meneteskan beberapa kali dalam sehari menggunakan pipet khusus rongga mulut pada si kecil, termasuk area yang terkena seperti lidah dan pipi dalam mulut. Diamkan selama mungkin pada mulut sebelum ditelan, hal ini bertujuan untuk dapat kontak langsung dengan jamur sehingga lebih cepat menghilangkannya.

Namun perlu di ketahui bahwa jamur akan kembali tumbuh apabila kebersihan mulut tidak dijaga dengan benar. Termasuk selalu bersihkan puting payudara sebelum dan sesudah menyusui. Apabila bayi sudah diberi dot jangan lupa untuk sering membersihkan dot bayi, jangan sampai jamur yang berada di sekitar menghinggapi area dot dan mulut bayi.

Demikian artikel mengenai cara menghilangkan jamur pada mulut bayi, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Semoga lekas sembuh!

5 Cara Menghilangkan Jamur Pada Mulut Bayi | AndiMariadi | 4.5