5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Baru Lahir

Setiap orang tentu pernah merasakan yang namanya cegukan, tidak terkecuali bayi yang baru lahir. Pada saat menyusui sering tiba-tiba bayi mengalami cegukan, banyak orang tua yang khawatir tentang hal ini. Walau pun cegukan merupakan salah satu masalah yang sering terjadi terhadap bayi, terutama masih dalam usia di bawah 1 tahun. Sebenarnya orang tua tidak perlu cemas apabila bayi mengalami hal tersebut.

Cegukan sebenarnya bukanlah suatu indikasi dari penyakit yang serius. Padahal cegukan yang terjadi pada bayi disebabkan oleh adanya perubahan emosi yang dialaminya. Oleh karena itu lah bayi yang mengalami cegukan seringkali dapat menghilang dengan sendirinya dan tidak perlu melakukan tindakan. Meski pun demikian, menghilangkan cegukan pada bayi baru lahir dapat dilakukan dengan cepat. Penyebab umumnya apabila bayi yang berusia 3 bulan masih mengalami cegukan adalah belum matang nya fungsi saraf yang dapat mengatur diafragma. Diafragma yang dapat memberi sekat diantara dada dan perut.

Penyebab Bayi Cegukan

Penyebab bayi mengalami cegukan pertanda bahwa adanya udara yang ikut masuk bersamaan dengan makanan ke dalam perut. Cegukan pada bayi tidak berbahaya kecuali cegukan yang parah sampai mengganggu makan dan tidur. Bayi yang memiliki riwayat penyakit gastroesophageal reflux (GERD) mungkin akan cenderung mengalami cegukan yang lebih sering disertai muntah, batuk, dan rewel. Berikut ini ntuk mengetahui lebih jelasnya penyebab cegukan, diantaranya :

Baca Juga :

10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol Dengan Cepat

6 Cara Membersihkan Hidung Bayi Baru Lahir

Posisi menyusui salah

Saat menyusui hendaklah memastikan puting payudara masuk dengan sempurna. Dikarenakan jika mulut bayi saat menyusui terdapat lubang, maka kemungkinan angin dapat masuk saat bayi menyedot air susu. Hal ini yang menyebabkan cegukan pada bayi.

Menurunnya suhu yang cepat

Selain posisi menyusui yang salah, penurunan suhu badan bayi juga dapat mennyebabkan cegukan. Misalnya saja saat bayi masih dalam keadaan hangat tiba-tiba mengalami kedinginan.

Emosi bayi tidak stabil

Terakhir adalah emosi pada bayi yang tidak stabil. Sudah disebutkan sebelumnya hal yang menyebabkan bayi mengalami cegukan adalah perubahan emosi yang secara tiba-tiba. Misalnya bayi sedang tertawa namun secara tiba-tiba menangis atau pun sebaliknya.

Pembahasan mengenai penyebab bayi cegukan tersebut hanya garis besarnya saja, karena penyebab cegukan sendiri masih belum diketahui secara pasti.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

Cegukan merupakan kondisi yang kurang menyenangkan bagi bayi. Sebenarnya seiring berjalannya waktu, cegukan yang dialami bayi akan menghilang dikarenakan telah memiliki keseimbangan pada sistem tubuhnya. Namun, apabila dibiarkan berlarut-larut maka ditakutkan akan menyebabkan muntah, batuk, atau bahkan tidak dapat dikendalikan lagi. Berikut ini cara menghilangkan cegukan pada bayi baru lahir :

Menenangkan Bayi

Saat si kecil sedang bersemangat dan kurang tenang dalam menyusu akan membuat udara masuk ke dalam diafragma nya. Maka ini akan menyebabkan bayi mengalami cegukan. Hal yang pertama kali dilakukan adalah menenangkan bayi sambil menggosok punggungnya dengan lembut dan perlahan sehingga cegukan nya akan berangsur-angsur menghilang.

Ubah Posisi Menyusui

Posisi menyusui yang salah akan membuat bayi menelan udara secara berlebihan sehingga memicu terjadinya cegukan. Dengan mengubah posisi dan memperbaiki posisi menyusui diharapkan udara tidak masuk kembali bersamaan dengan ASI yang diminumnya. Apabila cegukan yang terjadi frekuensi nya terlalu sering maka sebaiknya menghentikan sementara menyusuinya, hal ini dilakukan untuk mencegah bayi dari tersedak.

Menepuk Punggung Bayi

Apabila bayi mengalami cegukan saat menyusui, maka hendak lah menggendong si kecil dengan posisi berdiri dan letakkan kepalanya di pundak, lalu sambil menepuk punggungnya dengan perlahan usahakan jangan terlalu keras. Tepuk hingga bayi sendawa dan tidak cegukan lagi.

Pijat Bagian Belakang

Untuk menyembuhkan bayi cegukan memang dibutuhkan cara tertentu agar cepat, memijat bagian belakang bisa menjadi salah satu caranya. Berbeda dengan menepuk punggung maksudnya di sini adalah menggosok punggungnya saja sehingga tenang dan cegukan yang dialami dapat berkurang. Pastikan saat mengusap punggungnya secara lembut agar bayi merasa nyaman.

Melakukan Sendawa

Salah satu cara menghilangkan cegukan pada bayi adalah dengan membuatnya bersendawa setelah mendapatkan ASI. Dengan bersendawa dapat mengeluarkan udara yang berlebih pada perut bayi. Selain itu juga bersendawa dapat melemaskan otot yang kejang sehingga dapat menghentikan dan mencegah cegukan pada bayi. Untuk membuat bayi bersendawa adalah dengan mendirikan bayi dan meletakkan kepalanya dipundak Anda, sehingga badan akan sejajar dengan pundak Anda.

Perlu Anda ketahui apabila cegukan mengganggu saat pemberian ASI, makan, tidur, atau bahkan tidak terkendali, sering terjadi walau sudah berusia lebih dari 1 tahun, maka sangat disarankan untuk memeriksakan ke dokter.

Cegukan akan sering terjadi pada bayi baru lahir yang berusia masih 3 bulan sampai 1 tahun, namun seiring bertambahnya usia akan membantu mematangkan saraf nya sehingga cegukan semakin jarang dialami. Demikian pembahasan 5 cara menghilangkan cegukan pada bayi baru lahir di atas, apabila mempunyai pengalaman lainnya untuk mengatasi cegukan pada bayi bisa membagikan tipsnya dengan kami melalui komentar untuk bisa diterbitkan di artikel ini. Dan jika dirasa artikel ini bermanfaat bisa membagikan artikel ini dengan menggunakan menu share di bawah. Semoga bermanfaat!

5 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi Baru Lahir | AndiMariadi | 4.5