20 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami Dan Permanen

Keringat yang berlebih akan menyebabkan bau badan yang tidak nyaman, hal ini terjadi karena adanya bakteri yang hidup di kulit sehingga memecah keringat menjadi asam khususnya pada ketiak. Pada umumnya, keringat yang dikeluarkan akibat metabolisme tubuh tidak memiliki bau yang menyengat seperti dahi dan tangan. Namun, tak jarang bau ketiak membuat banyak orang mencoba menggunakan deodoran yang tentu memiliki bau yang nyaman, namun masalah lain timbul karena bau ketiak tersebut tidak permanen atau tidak tahan lama. Selain itu masalah seperti efek samping akibat bahan kimia akan berakibat buruk untuk kulit Anda, apalagi kulit sensitif tentu menimbulkan rasa alergi seperti gatal dan kemerahan pada ketiak.

Untuk mengatasi semua masalah yang disebutkan di atas, maka kita dapat melakukan berbagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami dan permanen yang dapat dilakukan di rumah. Dengan menghilangkan bau ketiak menggunakan cara tradisional maka dapat dipastikan efek samping bahan kimia berbahaya untuk kulit tidak akan terjadi, dan tentu saja ini sangat aman.

cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami dan permanen

Penyebab Bau Ketiak

Penyebab utama dari bau ketiak dan badan adalah keringat, selain itu juga masih ada banyak penyebab lain yang menyebabkan bau ketiak dan badan yang sangat menyengat, diantaranya :

  • Obesitas
  • Makanan pedas
  • Penyakit seperti diabetes
  • Keringat
  • Kurang menjaga kebersihan kulit
  • Jarang menggunakan sabun saat mandi
  • Tidak menjaga kebersihan pakaian.
  • Produksi hormon keringat berlebihan
  • Pakaian yang tidak menyerap keringat
  • Sering mengkonsumsi bawang putih dan berlemak

Selain penyebab seperti yang disebutkan di atas masih banyak penyebab yang lain yang tidak bisa diketahui secara pasti karena kondisi seseorang yang sering berbeda ketika mengalami bau badan.

Baca Juga :

12 Cara Mencerahkan Wajah Kusam dan Berminyak Kurang dari 1 Minggu

Cara Mengobati Amandel dengan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami Dan Permanen

Salah satu cara menghilangkan bau ketiak permanen yakni menggunakan daun sirih. Bahan alami ini dapat mengatasi dan menghilangkan bau ketiak serta badan. Bagi Anda yang memiliki masalah bau ketiak maka cara berikut ini dapat Anda coba di rumah dengan bahan yang tentu mudah didapatkan.

1.      Jeruk nipis

Untuk menghilangkan bau ketiak secara permanen yang pertama bisa menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat seperti di jadikan masker untuk menghilangkan bekas jerawat, dan menghilangkan masalah lain termasuk bau badan secara alami. Cara menggunakannya cukup potong tipis jeruk nipis kemudian taburi dengan kapur sirih. Oleskan jeruk nipis pada ketiak dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas. Apabila obat tradisional ini dilakukan secara teratur dan rutin, tidak membutuhkan waktu lama pasti penyakit bau ketiak akan menghilang. Dan apabila tidak sembuh paling tidak akan berkurang.

2.      Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang sering digunakan dalam perawatan kecantikan alami. Sayur ini sering digunakan karena kandungan air yang cukup tinggi dan sifat yang mendinginkan. Selain digunakan sebagai masker timun untuk wajah, juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketek dan badan.

Cara menggunakannya cukup bersihkan mentimun kemudian potong tipis mentimun sekitar 2-5 cm. Selanjutnya oleskan dan gosok-gosok mentimun tersebut ke ketiak lalu diamkan selama beberapa menit sampai mengering. Selain menggosoknya secara langsung, Anda juga dapat menambahkan madu dan bahan lain yang dapat membuat ketiak menjadi putih tidak hitam. Gunakan cara ini secara rutin sebelum mandi atau sesudah mandi.

3.      Jahe

Fungsi rempah yang satu ini memang sudah sangat terkenal untuk mengatasi bau badan dan ketiak secara alami. Selain itu, jahe juga dapat membersihkan lambung dan menjadi penghangat tubuh ketika cuaca sedang dingin. Jahe dapat dimanfaatkan dari dalam dan luar tubuh. Untuk memanfaatkan jahe dari dalam tubuh Anda dapat mengkonsumsi wedang jahe yang sudah tersedia produk bubuknya secara teratur, kemudian untuk menggunakan jahe dari luar tubuh Anda bisa menghaluskan jahe sampai benar-benar halus, kemudian oleskan pada ketiak dan area yang menurut Anda mengeluarkan bau yang tidak enak.

4.      Daun kemangi

Aroma khas yang dikeluarkan dari daun kemangi sangat cocok untuk menghilangkan bau mulut. Selain itu, mineral dan antibakteri yang terkandung pada daun kemangi juga dapat membantu dalam hal mengatasi bau badan dan ketiak. Walaupun kenyataannya rasa kemangi yang kurang enak, tapi khasiat dari kemangi ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Caranya cukup dengan mengkonsumsi daun kemangi secara rutin setelah makan. Apabila Anda kurang menyukai rasanya, Anda dapat mengkonsumsi bersamaan makanan yang lembut dan tanpa mengunyahnya.

5.      Cengkeh

Zat aktif seperti anti-inflamasi dan anti bakteri yang terkandung pada cengkeh dapat digunakan menjadi deodoran alami. Untuk menggunakannya Anda dapat mengkonsumsinya secara langsung atau hanya mengoleskannya ke bagian ketiak yang mengeluarkan bau. Untuk cara mengkonsumsi cengkeh Anda dapat merendam dengan air sampai cengkehnya mengembang. Kemudian minum air rendaman cengkeh secara teratur. Untuk lebih cepat dan ampuh menghilangkan bau ketiak, Anda dapat mengoleskan langsung buah cengkeh pada ketiak 15 menit sebelum mandi.

Cara menghilangkan bau ketiak secara permanen

Cara menghilangkan bau ketiak permanen

6.      Daun sirih

Mungkin daun sirih dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan daerah kewanitaan. Namun daun sirih juga dapat digunakan sebagai obat menghilangkan bau ketiak secara permanen. Karena kandungan daun sirih seperti antibakterial dan antiseptik dapat membunuh kuman penyebab bau ketiak. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Siapkan beberapa buah daun sirih yang segar, kemudian tumbuh halus sampai benar-benar halus.
  • Oleskan daun sirih yang sudah ditumbuk tersebut selama sekitar 5-10 menit ke bagian tubuh atau ketiak yang mengeluarkan bau yang tidak sedap sebelum mandi.
  • Kemudian bilas dengan air hangat, Anda juga dapat langsung mandi air hangat untuk yang mengalami bau badan.

Selain menggunakan daun sirih pada luar tubuh, Anda juga dapat mengkonsumsi rebusan daun sirih secara rutin. Selain mengatasi bau badan, air rebusan daun sirih juga dapat membantu mencegah penyakit ginjal.

7.      Daun bluntas

Zat alkali dan aroma yang kuat pada daun bluntas dapat digunakan sebagai bahan menghilangkan bau badan dan ketiak secara alami. Untuk menggunakan daun bluntas Anda cukup jadikan bahan ini sebagai lalapan mentah untuk dikonsumsi, atau bisa juga dengan merebusnya, kemudian air rebusan daun bluntas diminum secara rutin pada pagi dan malam hari.

8.      Temulawak

Rimpang temulawak mengandung minyak aksirin yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak dan badan. Cara menggunakannya, parut temulawak terlebih dahulu kemudian oleskan parutan temulawak tersebut kebagian ketiak dan badan yang sering berkeringat. Atau dapat merebus temulawak kemudian meminum air rebusan tersebut secara rutin paling tidak sebelum tidur atau pada pagi hari.

9.      Bunga dan daun kecombrang

Daun kecombrang memiliki senyawa yang dapat membuat ketiak menjadi harum dan tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap lagi. Cara menggunakannya cukup ditumbuk halus terlebih dahulu, kemudian oleskan tumbukan kecombrang tersebut ke ketiak atau badan secara merata. Lakukan setiap hari setelah mandi, maka tidak membutuhkan waktu lama bau ketiak menghilang secara permanen dan tidak kembali lagi.

10. Menggunakan cuka putih atau cuka sari apel

Cuka putih atau cuka sari apel adalah salah satu bahan tradisional menghilangkan bau ketiak terbaik selain deodoran. Sifat anti-bakteri yang terdapat pada cuka tersebut dapat melawan pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab bau badan dan ketiak.

  • Cara pertama : Anda dapat menuangkan cuka sari apel ke dalam mangkok, kemudian mencelupkan kapas ke dalamnya, lalu usapkan ke ketiak Anda secara merata.
  • Cara kedua : Meneteskan cuka sari apel ke ketiak secara langsung, kemudian ratakan sampai tidak tersisa.

Menggunakan cara ini dapat mengurangi pH kulit sehingga akan menghilangkan bau ketiak. Namun perlu Anda ketahui jika bahan ini tidak cocok dengan kulit Anda segera hentikan dan konsultasikan ke dokter.

11. Baking soda dan jus lemon

Baking soda dan jus melon juga merupakan bahan obat alami yang efektif mengatasi bau badan dan ketiak dengan permanen. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :

  • Campurkan 1 sendok makan baking soda dan jus lemon. Kemudian aduk secara merata dalam wadah.
  • Oleskan pada ketiak dan badan yang dirasa mengeluarkan bau yang tidak sedap, kemudian diamkan selama beberapa menit.
  • Lalu bilas dengan air bersih.

Cara ini bisa Anda gunakan secara rutin pada setiap pagi beberapa menit sebelum mandi. Maka dalam beberapa waktu masalah bau ketiak akan menghilang atau paling tidak berkurang.

12. Air dan bunga mawar

Obat ampuh menghilangkan bau ketiak yang lain adalah bunga mawar. Selain indah, bau harum yang keluar dari mawar dapat mengatasi masalah bau ketiak dan badan. Cara menggunakannya yakni mencampurkan mawar dan air secukupnya, lalu peras mawar tersebut di dalam air. Oleskan air perasan mawar tersebut ke bagian ketiak atau bagian badan yang menimbulkan bau. Gunakan secara teratur dan rutin untuk mengatasi masalah bau badan.

13. Minyak pohon teh

Sifat anti-bakteri yang terdapat pada minyak pohon teh dapat mencegah dan mengatasi berkembang biaknya bakteri penyebab bau ketiak. Minyak pohon teh sangat efektif untuk mengatasi bau ketiak, dan Anda dapat mendapatkannya di minimarket dan toko-toko herbal terdekat.

Cara menggunakannya cukup tambahkan dua tetes minyak pohon teh ke dalam gelas air, kemudian aduk secara merata. Anda dapat memasukkan ke dalam botol semprot untuk digunakan sebagai deodoran untuk mencegah bau ketiak. Atau Anda juga dapat mengoleskan minyak pohon teh secara langsung ke ketiak dan bagian tubuh yang mengeluarkan bau saat berkeringat.

14. Minyak peppermint

Minyak pappermint sudah dikenal sebagai obat alami menghilangkan masalah bakteri pada tubuh termasuk bakteri penyebab bau keringat. Untuk menggunakan minyak pappermint sebagai obat bau ketiak, cukup teteskan papperminy ke telapak tangan kemudian gosok lembut ke area ketiak dan bagian tubuh lainnya. Cara lain yang bisa Anda coba adalah mencampurkan minyak pappermint dengan air kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Gunakan sebagai deodoran alami penghilang bau ketiak.

15. Bubur tomat

Buah tomat juga dapat menyembuhkan masalah bau ketiak, selain itu juga tomat dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Siapkan 1-2 buah tomat, kemudian tumbuk dan aduk menjadi bubur. Oleskan hasil tumbukan tersebut ke ketiak, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bersihkan dengan air bersih. Dengan melakukan cara ini dalam beberapa minggu, maka bau ketiak akan menghilang dan berkurang.

16. Minyak lavender

Minyak lavender juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau akibat keringat yang berlebih dan dapat membantu mengatasi bakteri dan kuman penyebab bau keringat sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai obat menghilangkan masalah bau ketiak. Cara menggunakannya yakni mencampurkan minyak lavender ke dalam air hangat kemudian aduk hingga merata. Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut, lalu oleskan ke ketiak. Diamkan selama sekitar 15 menit. Bilas dengan air bersih, ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

17. Teh hitam

Teh hitam bermanfaat untuk menutup pori-pori kulit penyebab keringat berlebih. Selain itu kandungan asam tannic pada teh hitam mampu membunuh bakteri penyebab bau badan secara alami. Cara menggunakannya rebus 1 kantong teh hitam dengan 1 gelas air, celupkan kapas ke dalam air rebusan teh hitam. Kemudian oleskan pada ketiak dan badan yang mengeluarkan bau. Diamkan selama sekitar 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara teratur dan rutin dalam beberapa minggu akan mendapatkan hasil seperti yang diinginkan.

18. Daun sage

Sage adalah obat tradisional yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi bau badam. Sage akan bekerja secara aktif pada kelenjar keringat sehingga mencegah munculnya keringat yang berlebih. Untuk cara menggunakannya yakni rendam daun sage ke dalam 1 gelas air. Lalu celupkan kapas ke dalamnya, kemudian oles dan gosok kapas tersebut ke ketiak. Setelah itu diamkan sampai mengering, lalu ulang lagi sampai 3 kali. Baru kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini mampu menghilangkan bau ketiak permanen secara alami.

19. Bubuk cendana

Selain mengeluarkan bau aroma segar, bubuk cendana juga dapat menenangkan kulit sehingga dapat mengatasi keluarnya keringat berlebih melalui pori-pori kulit. Cara menggunakannya cukup campurkan bubuk cendana dan air secukupnya sampai membentuk pasta, lalu aduk hingga merata. Oleskan campuran tersebut pada ketiak sampai mengering, lalu cuci dengan air bersih. Anda juga dapat mengganti air dengan cuka putih atau sari apel. Gunakan cara ini setelah mandi, karena campuran ini akan menjadi deodoran tubuh secara alami.

20. Daun jambu biji

Daun jambu biji sering digunakan sebagai obat tradisional bau badan yang sangat ampuh dan terbukti. Dalam menggunakannya Anda cukup mengambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih segar, kemudian tumbuh hingga halus menggunakan cobek atau blender. Oleskan daun yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian ketiak secara rutin dan teratur, dalam beberapa waktu masalah bau ketiak akan menghilang permanen atau berkurang secara cepat. Karena kandungan mineral dan anti bakteri pada jambu akan membunuh kuman dan menutup pori-pori kulit yang menyebabkan keringat berlebih.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan Anda dapat menerapkan salah satu dari 20 cara menghilangkan bau ketiak secara alami dan permanen di atas. Ketika Anda merasa tidak memberi efek dalam beberapa hari, jangan dulu menyerah sebelum mencoba secara rutin dan teratur. Karena bahan alami memang sedikit lambat dengan bahan kimia, namun menggunakan bahan alami maka tidak memberikan efek samping yang berbahaya bagi kulit Anda. Demikian tips kecantikan alami yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat, terima kasih!

Tags:

20 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami Dan Permanen | AndiMariadi | 4.5