10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol Dengan Cepat

Jengkol merupakan buah yang enak dan banyak dijadikan sebuah masakan. Namun, dari itu  semua jengkol juga memberikan masalah bau mulut yang cukup tidak enak untuk di cium. Karena itulah jengkol yang memiliki ukuran yang kecil dan tekstur yang kental ini dijauhi oleh sebagian orang.

Pada sebagian orang yang menyukai jengkol acap kali harus membatasi nafsu makannya karena tidak ingin menimbulkan masalah pada bau mulut. Selain itu, setiap kali buang air akan memberikan efek bau yang sangat menyengat meski pun sudah disiram. Pada kesempatan kali ini dokteralami.com membagikan tips cara menghilangkan bau jengkol dengan cepat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah bau mulut saat memakan jengkol.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol Dengan Cepat

Sudah menjadi rahasia yang umum jika jengkol akan menghasilkan masalah yang cukup serius pada mulut kita. Jengkol akan meninggalkan bau yang menyengat dan cukup membuat seseorang menjauh dari kita. Tentu hal ini tidak baik, karena akan mengurangi rasa percaya diri dan merusak relasi kita. Selain itu juga apabila Anda merupakan seorang yang sudah di cap sebagai penikmat jengkol, maka hal negatif seperti bau mulut akan melekat pada diri Anda. Berikut ini kami memberikan rahasia untuk mengolah jengkol agar tidak mengeluarkan bau lagi.

Cara mengolah jengkol sebelum di masak

Sebenarnya sebelum memasak jengkol kita harus tau terlebih dahulu bagaimana cara mengolah jengkol agar tidak mengeluarkan bau yang menyengat.

  1. Menggunakan Air Kapur Sirih

Cara yang satu ini sudah sangat umum dilakukan sebelum memasak. Untuk menghilangkan bau jengkol kita bisa merendam nya selama semalaman ke dalam air kapur sirih atau bisa dengan merebus nya beberapa jam sampai baunya di rasa menghilang. Setelah direndam satu malam maka bau yang ada di jengkol akan berkurang atau bahkan menghilang.

  1. Menggunakan Daun Salam

Selain menggunakan air rebusan kapur sirih, Anda juga bisa merebus jengkol secara bersamaan dengan daun salam untuk menghilangkan bau yang dihasilkan oleh jengkol tersebut.

  1. Menggunakan Daun Jeruk

Selain buah jeruk yang biasanya di gunakan untuk perawatan tubuh, daun nya juga bisa digunakan untuk mengatasi bau jengkol yang menyengat. Aroma wangi yang dihasilkan oleh daun jeruk dapat mengurangi bau khas dari buah jengkol. Sebelum memasak jengkol terlebih dahulu merebusnya secara bersamaan dengan daun jeruk dalam beberapa jam sampai dirasa bau sudah menghilang.

  1. Menggunakan Daun Jambu Biji dan Daun Teh

Sama seperti pada point sebelumnya hendaklah merebus jengkol bersamaan dengan daun jambu biji dan daun teh. Cara ini efektif untuk menghilangkan bau yang dihasilkan oleh jengkol

  1. Menggunakan Abu Gosok

Cara ini sedikit agak berlebih untuk mengatasi bau jengkol tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Caranya cukup merebus jengkol dan abu gosok untuk mencuci piring biasanya sampai mendidih. Kemudian diamkan beberapa menit, setelah itu ganti air tersebut dengan air baru yang bersih.

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Beberapa tips rahasia tersebut bisa digunakan sebelum memasaknya. Namun, jika setelah dimasak bau jengkol masih ada meski pun tidak berbau menyengat, tetap saja hal ini harus segera diatasi. Dan di bawah ini cara menghilangkan bau jengkol yang bisa Anda coba.

  1. Gosok Gigi

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi bisa dengan yang beraroma mint. Ini akan mengurangi kandungan dari jengkol yang menempel pada mulut sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Apabila setelah menggosok gigi bau jengkol masih belum hilang, bisa mengulangi cara tersebut sampai dirasa bau benar-benar hilang.

  1. Makan Timun

Timun dapat membantu menghilangkan bau mulut karena jengkol. Hal ini disebabkan kandungan timun yang dapat menghilangkan zat asam yang dihasilkan oleh jengkol sehingga bau mulut hilang.

  1. Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Tumbuk lah biji kopi atau 4 sendok kopi bubuk, lalu dikunyah dan ditelan. Meski pun rasa pahit yang dihasilkan kopi tetap Anda jangan menambahkan gula cukup banyak-banyak minum air putih untuk menghilangkan rasa pahit tersebut. Karena apabila Anda menambahkan gula maka bau akan semakin parah.

  1. Berkumur Perasan Jeruk Nipis

Aroma jeruk nipis yang khas dan wangi ini dapat menghilangkan bau jengkol di mulut. Caranya cukup berkumur dengan air perasan jeruk nipis sekitar beberapa menit. Meski pun terasa asam, air perasan ini mampu mengobati bau mulut.

  1. Mengunyah Permen Mint atau Permen Karet

Permen mint dan permen karena cukup ampuh untuk menghilangkan bau mulut karena jengkol. Disebabkan permen karet akan mengambil sisa kandungan jengkol yang masih bau pada mulut.

  1. Makan Buah

Makan buah bermanfaat untuk mentralisir bau jengkol. Apabila sehabis makan jengkol disarankan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka, melon, jeruk, strawberry, dan lainnya agar aroma buah cepat mengurangi bau jengkol.

  1. Makan Daun Kemangi

Daun kemangi terbukti sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Karena apabila daun kemangi dimakan maka bau wangi yang ada pada daun kemangi menjadi pecah sehingga bau jengkol dapat di netralisir oleh aroma daun kemangi.

  1. Mengunyah Beras

Setelah makan jengkol Anda disarankan untuk mengkonsumsi 1-3 sendok beras, kemudian kunyah sampai beras tersebut menjadi halus, kemudian muntah kan, namun jika Anda tidak kesulitan Anda dapat menelannya. Beras yang memiliki bau yang netral ini dapat menghilangkan bau jengkol yang menempel pada mulut kita.

  1. Minum Kecap

Anda juga dapat mencoba meminum kecap untuk mengatasi bau mulut karena jengkol. Setelah makan jengkol segeralah untuk meminum satu kecap manis yang kental. Apabila bau masih belum hilang Anda dapat meminum kecap lagi sampai dirasa bau sudah hilang.

  1. Air Garam

Air garam mampu menghilangkan aroma jengkol yang menyengat. Caranya cukup berkumur-kumur dengan garam yang sudah dicampurkan dengan air hangat dan rebusan air daun sirih sebelumnya selama beberapa menit agar aroma daun sirih dan garam menempel di mulut.

Demikian 10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol Dengan Cepat yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan bau mulut yang muncul setelah mengkonsumsi jengkol. Apabila Anda merupakan seorang penikmat jengkol namun takut bau, dapat melakukan cara tersebut yang aman untuk kesehatan mulut dan gusi. Dan pastikan sebelum memasaknya harus diolah terlebih dahulu agar bau jengkol semakin berkurang saat dimasak. Selamat mencoba dan jangan lupa membagikan artikel ini dengan teman lainnya. Semoga bermanfaat!

10 Cara Menghilangkan Bau Jengkol Dengan Cepat | AndiMariadi | 4.5