10 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Sebelah Dan Terus Menerus

Telinga yang merupakan indera pendengaran yang bertugas menangkap suara dari lingkungan sekitar. Telinga terdiri dari bagian luar, tengah, dan dalam. Bagian luar biasanya berfungsi untuk melindungi auditor. Saluran ini dilindungi dengan kelenjar keringat yang mengeluarkan lilin dan menangkap partikel asing. Bagian tengah mengandung tulang terkecil misalnya palu suara, sangurdi, dan anvil yang menghubungkan gendang telinga dengan telinga bagian dalam. Ketika menangkap suara, gendang telinga akan bergetar kemudian diubah menjadi implus saraf yang selanjutnya diubah menjadi suara.

Namun ada saatnya telinga menangkap suara berdengung sebelah atau terus menerus (ngung atau nging) yang mana sumber bunyi dari luar tidak ditemukan. Dan ditambah pada keadaan yang sepi atau hening dengungan pada telinga akan semakin keras dan jelas. Telinga berdengung dapat berlangsung sementara, terus menerus atau bertahan dalam waktu yang lama, atau secara timbul hilang. Tentu hal ini sangat mengganggu kenyamanan saat beraktifitas. Biasanya telinga berdengung ini akan muncul saat kita terlalu lelah saat mengangkat benda yang berat-berat.

Penyebab Telinga Berdengung

Telinga berdengung atau dalam nama medis disebut dengan Tinnitus. Tinnitus ini memiliki dua tipe yaitu subjektif dan objektif. Yang mana tipe subjektif adalah suara yang hanya dapat didengar oleh Anda sendiri. Selain masalah pada telinga luar, tengah, dan dalam juga masalah pada bagian otak yang berfungsi menerjemahkan sumber bunyi menjadi suara. Sedangkan untuk telinga berdengung objektif adalah suara yang dapat didengar oleh orang lain yang memeriksanya, biasanya jenis ini sangat langka karena di picu oleh masalah kondisi tulang telinga dalam, masalah pembuluh darah, dan kontraksi otot. Berikut ini beberapa penyebab telinga berdengung yang perlu Anda ketahui :

Penyebab ringan

  • Suara sangat keras. Pada beberapa kondisi, telinga berdengung dapat terjadi terus menerus atau permanen jika mendengar suara yang sangat keras dalam beberapa waktu yang lama. Suara yang keras berbeda dalam setiap kondisi telinga, mungkin suara tersebut normal bagi seseorang tapi sangat keras bagi orang lain.
  • Efek samping dari penggunaan obat. Obat seperti aspirin, antibiotik, kina, dan obat lainnya akan mengakibatkan seseorang mengalami tinnitus.
  • Kurang zat besi.
  • Infeksi telinga. Jika telinga berdengung diakibatkan oleh infeksi, maka tinnitus ini dapat hilang ketika infeksi diobati.
  • Terlalu banyak kotoran di telinga. Kotoran yang menyumbat telinga dapat menyebabkan telinga kurang peka terhadap bunyi sehingga mengakibatkan kehilangan pendengaran, selain itu juga iritasi pada gendang telinga dapat membuat telinga berdengung.
  • Stres dan cemas.
  • Faktor usia. Penurunan daya pendengaran ketika usia sudah mencapai 60 tahun, maka seiring dengan hal tersebut suara indera pendengaran akan semakin menurun.
  • Postur tubuh. Ketika seseorang berdiri atau menggerakkan kepala maka dapat mengakibatkan perubahan tekanan pada saraf, otot, dan juga pembuluh darah di telinga sehingga memicu telinga berdengung.

Penyebab serius

  • Tumor. Adanya tumor di area kepala atau leher dapat menyebabkan pembuluh darah di kepala bahkan leher menjadi tertekan sehingga menimbulkan bunyi berdengung pada telinga.
  • Darah tinggi. Bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi persentase untuk telinga berdengung akan lebih tinggi.
  • Penyempitan pembuluh darah atau Aterosklerosis. Pada usia yang sudah mulai menua dan tingginya kolesterol, pembuluh darah yang utama di sekitar telinga bagian dalam dan tengah kehilangan elastisitasnya. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan kolesterol sehingga aliran darah lebih kuat dan terdengar oleh telinga.
  • Meniere. Penyakit ini diakibatkan oleh tekanan koklea, yang merupakan suatu struktur pada telinga bagian dalam. Kondisi ini dapat menyebabkan vertigo, pusing, hilangnya pendengaran, dan telinga berdengung.
  • Tumor neuroma akustik. Yaitu suatu tumor jinak yang terjadi di saraf kranial yang berjalan dari otak ke telinga pada bagian dalam.

Sebenarnya penyebab telinga berdengung di atas merupakan penyebab umum yang masih bisa diketahui oleh medis, masih banyak penyebab lain yang belum bisa dipastikan secara tepat mengenai penyebabnya. Namun jika telinga berdengung sebelah atau berdengung terus menerus maka ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

cara mengatasi telinga berdengung sebelah dan terus menerus

Cara Mengatasi Telinga Berdengung Sebelah Dan Terus Menerus

Berikut ini berbagai cara mengatasi telinga berdengung sebelah dan telinga berdengung terus menerus yang penyebabnya merupakan penyebab ringan seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat mengatasinya sendiri tanpa harus menemui Dokter spesialis. Namun jika gejala yang Anda alami cukup berat bahkan berat maka sangat disarankan untuk segera mendatangi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga : 18 Cara Menghilangkan Suara Serak Secara Cepat

1.     Meniup Telinga

Apabila Anda mengalami telinga berdengung sebelah atau berdengung terus menerus maka cobalah untuk meniupkan udara pada telinga dengan meminta bantuan orang lain. Sebab, telinga berdengung bisa saja diakibatkan oleh tekanan udara yang berbeda di dalam telinga. Cara mengatasi telinga berdengung ini dapat dilakukan sendiri dengan cara menggenggam tangan lalu berikan celah di tengahnya, kemudian tiupkan udara pada bagian celah tadi, selanjutnya tempelkan pada telinga yang berdenging.

2.     Membersihkan Telinga

Telinga berdengung biasanya bisa disebabkan oleh adanya penumpukan kotoran pada telinga. Oleh sebab itulah gunakan pembersih seperti cutton bud untuk membersihkan kotoran pada bagian telinga. Bersihkan telinga secara rutin menggunakan bahan yang lembut dan steril, agar terhindar dari telinga berdengung.

3.     Menghindari suara keras

Suara keras seperti konser, pekerjaan konstruksi, lalu lintas, suara pesawat, dan suara keras lainnya merupakan penyebab utama telinga berdengung. Untuk masalah seperti ini biasanya dalam beberapa jam akan mereda. Cupu alihkan perhatian dengan beristirahat dan menjauhi apa pun yang menyebabkan telinga berdengung menjadi semakin parah. Namun, jika kondisi ini tidak mereda selama 24 jam, segera kunjungi dokter THT untuk mengetahui sebab pasti dan tindakan lebih lanjut.

4.     Mendengar bunyi-bunyian

Suara lain yang lembut didengar telinga Anda dapat membantu mengatasi telinga berdengung. Suara lembut seperti ini biasanya dengan volume yang rendah dan enak didengar telinga, contohnya musik instrumen yang lembut.

5.     Hindari air sering masuk telinga

Air dan klorin yang masuk ke telinga dan menyumbat telinga bagian dalam dapat menimbulkan atau memperparah telinga berdengung yang di alami. Hal ini dapat terjadi karena berenang atau kegiatan lain yang berhubungan dengan air.

6.     Melakukan relaksasi

Telinga berdengung akan tambah buruk jika kita sedang dalam keadaan tegang seperti sedang stres. Dengan melakukan relaksasi dapat mengurangi telinga berdengung seperti melakukan teknik pernapasan, senam, pijat refleksi, yoga, dan sebagainya. Hal ini disebabkan dengan melakukan relaksasi maka peredaran darah menjadi lancar sehingga penyumbatan darah akan diminimalkan.

7.     Menghindari ruang yang terlalu hening

Selain penyebab telinga berdengung suara keras, suara yang terlalu hening juga dapat menyebabkan telinga berdengung. Sebab ruangan yang terlalu hening menyebabkan udara yang masuk ke telinga tidak stabil dan menyebabkan telinga berdengung. Selain itu ruangan yang hening akan menyebabkan dengungan telinga menjadi semakin jelas. Untuk itu menggunakan suara musik yang lembut akan menghindari suara hening dan membuat Anda akan menjadi lebih nyaman.

8.     Hindari Salah Posisi Saat Tidur

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa posisi tidur merupakan penyebab kecil yang menimbulkan telinga berdengung. Seperti mendengur saat tidur perubahan otot, saraf, dan pembuluh darah di sekitar telinga akan terjadi dan dapat menimbulkan telinga berdengung.

9.     Kurangi konsumsi alkohol, kafein, dan nikotin

Semua bahan tersebut akan meningkatkan stres pada pembuluh darah termasuk pembuluh darah yang ada di telinga. Untuk itu batasi mengkonsumsi alkohol, kopi, teh berkafein, dan rokok. Dan kalau bisa hentikan kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

10.Perbanyak istirahat

Kurang istirahat dari aktivitas yang melelahkan tubuh juga dapat memicu terjadinya telinga berdengung. Untuk itu cobalah untuk mencukupi kebutuhan Anda dengan beristirahat, jangan terlalu memaksakan tubuh jika sedang kelelahan agar terhindar dari telinga berdengung.

Sebenarnya cara mengatasi telinga berdengung sebelah dan terus menerus tidak perlu dilakukan karena telinga berdengung akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa waktu namun tidak sampai 1 hari. Jika melebihi 1 hari telinga masih belum pulih, maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter THT yang sudah profesional. Selalu menerapkan pola hidup sehat agar tubuh terhindar dari masalah kesehatan yang dapat memicu penyakit yang cukup serius.

10 Cara Mengatasi Telinga Berdengung Sebelah Dan Terus Menerus | AndiMariadi | 4.5