12 Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Morning sickness adalah kondisi di mana ibu ketika masa awal kehamilan mengalami mual dan muntah. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen dan progesteron yang di produksi meningkat, sehingga memengaruhi neuron dan alat tubuh lainnya. Seperti namanya morning sickness dialami biasanya pada pagi hari, namun dari beberapa kasus mual saat hamil ini bisa terjadi sepanjang hari.

Morning sickness sendiri bukan merupakan tanda bahaya kehamilan tetapi tanda bahwa tubuh mulai menyesuaikan dengan kondisi kehamilan, biasanya mual saat hamil ini akan dialami pada masa hamil 3 bulan atau tri-semester pertama. Penyebab lain dari mual saat hamil adalah perubahan metabolic, alergi, faktor psicosocial, meningkatnya hormon beta HCG yang dihasilkan plasenta. Risiko ini akan semakin tinggi jika ibu mengalami stres dan cemas, kelebihan lemak, dan infeksi bakteri pada lambung.

Baca Juga :

13 Obat Bintitan Paling Ampuh dan Cepat

8 Cara Menumbuhkan Brewok Dengan Cepat

Mual saat hamil adalah tanda bahwa kehamilan sedang berkembang dengan cara yang sehat. Meski pun begitu morning sickness akan memberikan Anda efek “sakit” yang sama setiap hari. Ketika akan melalui masa morning sickness, mungkin akan merasa mual dan muntah beberapa kali.

morning sickness

Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil

Mual dan muntah yang dialami pada saat hamil muda sedikit banyaknya akan memengaruhi perkembangan janin. Ada baiknya untuk mengetahui cara mengatasi morning sickness pada ibu hamil sehingga dapat membantu menghadapi fase ini.

1. Perbanyak minum

Ketika mengalami morning sickness, disarankan untuk meminum air putih atau teh pappermint untuk menggantikan cairan yang telah terbuang ketika muntah. Selain itu juga dapat membantu meredakan rasa mual ketika morning sickness. Minum juga dapat memberikan energi untuk membantu menjaga bayi saat hamil.

2. Minuman penghangat

Cara mengatasi morning sickness yang berikutnya adalah minuman penghangat tubuh seperti jahe. Jahe akan sangat efektif untuk meredakan rasa mual saat hamil dan juga membantu meringankan sakit perut. Anda bisa membeli teh jahe, permen jahe, dan juga jahe asli. Dengan menghirup aroma jahe akan menenangkan pikiran dari morning sickness. Bila tidak membantu coba kombinasi kan dengan makanan ringan lainnya.

3. Makan porsi sedikit namun sering

Selain dehidrasi, morning sickness juga akan membuat kita kekurangan tenaga oleh karena itulah coba makan dengan porsi sedikit tetapi sering makan. Meski pun mual coba paksa makanan masuk paling tidak 1-2 sendok dalam kurun waktu sekitar 30 menit agar tenaga tetap terisi.

4. Makanan protein dan karbohidrat tinggi

Saat hamil, ibu juga jangan lupa untuk memakan makanan yang mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi agar janin yang dikandung juga sehat. Apabila Anda susah untuk makan karena sering mengalami mual saat hamil cobalah tips sebelumnya yaitu makan sedikit tetapi sering ini akan membantu Anda dalam makan. Karena jika makan dalam jumlah banyak maka akan membuat perut menjadi penuh dan membuat mual.

5. Istirahat yang cukup

Point ini sering dianggap tidak penting, namun manfaatnya sangat ampuh untuk mengatasi morning sickness. Karena apabila Anda lelah setelah seharian beraktifitas maka akan lebih cenderung mengalami mual. Tidur lebih awal dan jangan terlalu memaksakan tubuh Anda. Apabila masih belum bisa bangun dari tempat tidur, coba berbaring sementara dan bangun perlahan, beri jeda waktu untuk mengumpulkan tenaga.

6. Gunakan aromaterapi

Aromaterapi akan membantu menyegarkan tubuh Anda dan menghindari stres dari morning sickness. Sudah banyak kasus terbukti bahwa aromaterapi efektif dalam meminimalkan stres. Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tetes minyak esensial aromaterapi yang Anda suka pada titik-titik nadi setiap beberapa jam. Gunakan minyak esensial aromaterapi yang alami dan tidak membahayakan.

7. Refresing

Pada sebuah penelitian di Amerika Serikat bahwa latihan olahraga ringan dapat membantu mengatasi mual saat hamil termasuk morning sickness. Gunakan jam istirahat untuk menenangkan pikiran dengan bersantai di taman. Anda bisa melakukan di pagi hari sehingga dapat menghirup udara segar dan jauh dari polusi udara kota.

8. Akupuntur

Pengobatan tradisi Asia Timur dengan tusukan jarum khusus yang biasa disebut dengan Akupuntur ini akan dapat membantu menghilangkan rasa mual akibat morning sickness. Saat ini beberapa rumah sakit besar di Jakarta telah dilengkapi dengan dokter spesialis akupuntur dan bisa juga mencoba di “Rumah Akupuntur” yang bersetifikat.

9. Refleksologi

Refleksologi adalah tekanan-tekanan di kaki dan tangan yang diyakini berhubungan dengan organ tubuh. Anda bisa mencoba pijat refleksi dengan ahli pijat yang sudah terbukti dapat mengatasi morning sickness dan menghilangkan stress sehingga membantu menghilangkan rasa mual saat hamil.

10. Hindari makanan pedas dan berlemak

Meski sudah membaik pada siang hari bukan berarti Anda bebas untuk makan tanpa terkontrol pada siang hari, mengingat selama masa kehamilan sangat diperlukan makanan yang berprotein dan berkarbohidrat sehingga membantuk janin lebih sehat lagi. Makanan pedas dan berlemak dapat memicu terjadinya morning sickness. Pilihlah makanan yang sehat dan berprotein tinggi dan perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.

11. Hindari makan penyebab mual

Ini juga perlu diperhatikan, bahwa Anda harus mengkontrol nafsu makan Anda jika sudah membaik pada siang dan  malam hari. Hindari makanan yang berbau tajam dan menyebabkan mual seperti durian, cempedak, dan makanan lain yang Anda kurang menyukainya.

12. Minimalkan stres

Karena penyebab morning sickness yang biasanya terjadi pada wanita adalah wanita yang di bawah tekanan stres baik itu di tempat kerja maupun di rumah. Anda bisa melakukan tips di atas untuk membantu meminimalkan stres sehingga dapat mencegah morning sickness pada masa kehamilan muda Anda.

Seiring dengan bertambahnya usia janin, maka gejala morning sickness akan berkurang, bahkan dapat menghilang ketika kandungan sudah berusia 12 minggu. Namun ada juga beberapa kasus morning sickness lebih lama atau lebih parah. Sebagian wanita mengalami morning sickness lebih lama dari tiga bulan. Dan jika dirasa morning sickness Anda parah bahkan lebih lama dari 3 bulan, sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter atau bidan. Sehingga tau bagaimana cara mengatasi morning sickness yang sesuai dengan kondisi Anda sekarang.

12 Cara Mengatasi Morning Sickness Pada Ibu Hamil | AndiMariadi | 4.5