14 Cara Memutihkan Gigi Dan Menghilangkan Plak Pada Gigi

Cara memutihkan gigi dan menghilangkan plak pada gigi bisa dilakukan secara alami sehingga tidak memiliki resiko efek samping yang tinggi. Gigi putih, bersih, dan bebas plak hitam merupakan dambaan setiap orang. Dengan gigi yang sehat akan membuat daya tarik penampilan khususnya wajah agar lebih indah, sehingga akan menambah rasa percaya diri saat berkomunikasi dengan orang lain.

Namun kenyataannya tidak sedikit yang memiliki masalah pada gigi dan plak gigi, sehingga untuk cara memutihkan gigi dan menghilangkan plak pada gigi sedikit lebih sulit tergantung pada kondisi gigi tersebut. Selain itu, karang gigi juga dapat menyebabkan masalah mulut seperti bau mulut, gigi berlubang, bahkan sampai gusi berdarah. Karena karang gigi merupakan tempat yang nyaman untuk kuman dan bakteri bersarang.

Sebenarnya penyebab karang gigi dan gigi kuning adalah kurang perawatan kita pada gigi, seperti malas membersihkan gigi. Hal itu akan membuat sisa makanan menumpuk sehingga kuman akan bersarang di sana dan membuat gigi rapuh.

Baca Juga :

11 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Dimata Dengan Cepat

12 Cara Menebalkan Alis Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Dan Menghilangkan Plak

Seperti dilangsirkan oleh beberapa sumber, bahwa karang gigi mampu memicu penyakit jantung. Oleh itu karang gigi harus segera dihilangkan agar tidak ada masalah lain yang timbul. Berikut ini cara memutihkan gigi dan menghilangkan plak secara alami.

1. Sikat gigi

Pasti semua orang sudah mengetahui bahwa dengan menggosok gigi akan memutihkan dan membersihkan gigi dari plak. Namun kenyataanya tidak ada hasilnya untuk memutihkan gigi. Sebenarnya bukan tidak ada hasilnya tapi karena ketidak tahuan kita tentang menggosok gigi dengan benar sehingga efek menggosok gigi tidak maksimal. Pertama pastikan menggosok gigi minimal 2 kali sehari, sebelum tidur dan setelah bangun tidur.

Perlu diperhatikan bahwa menggosok gigi harus dari bagian atas ke bawah, bukan semata-mata menggosok dari kiri ke kanan saja. Untuk lebih maksimal bisa dengan menambahkan obat kumur pembersih mulut untuk menambah membersihkan gigi dan gusi.

2. Minyak kelapa

Bagi orang awam cara ini memang sangat tidak lazim sehingga tidak terpikirkan sama sekali, namun kenyataannya banyak orang yang menggunakan minyak kelapa untuk menarik kotoran pada gigi dengan minyak kelapa. Caranya cukup dengan berkumur beberapa menit dengan minyak kelapa pada pagi hari secara rutin, maka gigi akan bersih dan putih.

3. Minyak biji matahari

Sama seperti dengan minyak kelapa, minyak biji matahari juga dimanfaatkan untuk membersihkan gigi dari plak sehingga membuat gigi lebih putih dan sehat. Caranya cukup berkumur pada pagi hari selama beberapa menit agar mendapatkan gigi yang bersih maka lakukan cara ini secara rutin sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Daun sirih

Tentu sudah tidak asing lagi dengan daun sirih yang biasanya dipakai orang tua untuk mengunyah. Sebenarnya cara ini sangat alami dan disarankan karena kita cukup mengunyahnnya saja beberapa menit setelah menggosok gigi. Meskipun rasa daun sirih yang aneh apabila dilakukan secara rutin maka akan terbiasa dengan bau dan rasa daun sirih.

5. Makan buah dan sayuran

Cara memutihkan gigi dan menhilangkan plak ini cukup mudah dan mengenyangkan kita. Tapi kenyataanya banyak sekali orang menyepelekan makan buah dan sayuran. Perlu diketahui bahwa dengan mengunyah maka akan membuat air liur keluar lebih banyak sehingga dapat mengikis noda dan menghilangkan plak pada gigi secara alami.

Bagi Anda yang sangat menyukai minuman yang berkafein maka sangat disarankan untuk sering memakan buah dan sayur agar gigi tidak menguning. Namun apabila sudah terlanjur gigi telah menguning maka lakukan makan buah dan sayur setelah menggosok gigi.

6. Permen karet berxylitol

Pasti Anda sudah pernah mendengar bahwa permen bisa memutihkan gigi baik dari media iklan ataupun televisi. Tentu hal tersebut benar adanya. Permen karet yang mengandung xylitol akan mengubah pH asam pada mulut sehingga dapat mengikis plak gigi.

7. Buah stroberi dan baking soda

Perlu diperhatikan apabila Anda memiliki gigi sensitif hindari cara ini. Vitamin C yang terkandung pada buah stroberi akan menyehatkan gigi, dan baking soda akan mengikis gigi sehingga akan menjadi putih.

Cara memakainya pertama haluskan buah stroberi bisa menggunakan blender agar mendapatkan hasil yang lebih halus. Kemudian campurkan buah stroberi yang telah dihaluskan tadi dengan baking soda, aduk sampai rata. Lalu oleskan pada seluruh gigi secara merata, diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas sampai bersih. Cara ini cukup ampuh untuk membersihkan gigi secara instan, namun perlu diperhatikan jangan terlalu sering menggunakan cara ini karena akan mengakibatkan gigi menjadi abrasive, maksimal hanya 2x sebulan.

8. Mengkonsumsi susu

Susu memiliki enamel yang tinggi yang dibutuhkan oleh gigi untuk menghindari plak gigi. Dengan mengkonsumsi susu secara rutin setiap hari akan membuat sehat dan kuat. Tapi pastikan kandungan susu tidak banyak gula.

9. Lemon dan garam

Bahan seperti lemon dan garam tentu sangat mudah ditemukan, selain itu cara ini cukup sederhana untuk memutihkan gigi. Untuk menghilangkan plak pada gigi sediakan lemon kemudian peras airnya ke dalam mangkok, lalu tambahkan garam 1 sendok teh atau sesuai perkiraan Anda. Gunakan air yang telah dibuat tadi untuk berkumur-kumur beberapa menit. Jangan terlalu sering menggunakan cara ini karena garam dapat mengikis lapisan luar gigi.

10. Kulit jeruk dan daun salam

Kulit jeruk dan daun salam dapat digunakan untuk membuat gigi lebih putih, caranya bisa langsung menggosok gigi dengan kulit jeruk dan daun salam atau bisa membuatnya menjadi pasta gigi. Jika Anda berminat untuk menjadikan pasta gigi maka bisa melakukan cara seperti dibawah ini.

– Ambil kulit jeruk, semua jenis jeruk dapat digunakan.

– Cuci bersih kulit jeruk dan daun salam tersebut, kemudian haluskan bisa menggunakan blender.

– Gunakan sebagai pasta untuk menggosok gigi secara rutin agar mendapatkan hasil yang seperti diinginkan.

11. Siwak

Menggunakan siwak untuk membersihkan gigi sudah lama digunakan oleh orang tua kita dulu. Karena siwak dipercaya dapat membersihkan gigi secara alami, bahkan sekarang ada pasta gigi yang terbuat dari siwak. Cara menggunakannya bisa secara langsung menggeprek ujung siwak hingga berbentuk serabut kemudian gunakan untuk menggosok-gosokkan gigi.

12. Batu bata dan arang

Sejak dulu orang pedesaan menggunakan batu bata dan arang untuk pengganti pasta gigi dan ini terbukti ampuh untuk membersihkan gigi dan terlihat putih. Caranya cukup sederhana yaitu tumbuk batu bata atau arang hingga menjadi bubuk, kemudian gosokkan pada gigi dengan tangan atau dengan sikat gigi. Setelah itu kumur dengan air bersih, atau Anda bisa meggunakan obat kumur pembersih mulut.

13. Cengkeh

Cengkeh bisa juga digunakan untuk menghilangkan plak. Caranya adalah ambil 7 buah cengkeh, kemudian tumbuh halus atau bisa menggunakan blender. Kemudian, gunakan sebagai pasta gigi pada umumnya. Selain itu bisa juga dicampurkan dengan air untuk digunakan untuk berkumur setelah menggosok gigi.

14. Biji asam

Untuk menggunakannya Anda bisa menyiapkan biji asam kawak atau yang sudah lama disimpan. Kemudian cuci bersih, lalu tiriskan hingga kering. Setelah itu sangrai biji asam tersebut sampai matang kemudian tumbuk halus atau bisa menggunakan blender. Gunakan bubuk tersebut sebagai pengganti pasta gigi. Setelah itu berkumur menggunakan obat kumur pembersih mulut.

Setelah menggunakan 14 cara memutihkan gigi dan menghilangkan plak pada gigi, sebaiknya juga meninggalkan kebiasaan buruk untuk tidak menjaga kesehatan gigi seperti sering minum kopi, merokok, dan banyak mengkonsumsi gula secara berlebihan. Karena gigi yang putih akan menandakan bahwa Anda sangat perhatian dengan tubuh Anda. Jangan lupa membagikan dengan teman yang lain jika dirasa artikel ini bermanfaat. Terima Kasih!

14 Cara Memutihkan Gigi Dan Menghilangkan Plak Pada Gigi | AndiMariadi | 4.5