6 Cara Membersihkan Hidung Bayi Baru Lahir

Merawat bayi memang suatu keharusan bagi kita sebagai orang tua. Namun untuk masalah perawatan bayi sangat beragam, dimulai dari semua organ dan indera bayi sehingga dapat mendukung pertumbuhan yang sehat terhadap bayi. Salah satu indera yang harus dibersihkan adalah hidung. Karena hidung merupakan indera yang sangat sensitif dan harus dibutuhkan perawatan khusus agar terhindar dari kotoran yang dapat menumpuk sehingga mengakibatkan bayi sulit untuk bernapas.

Adapun cara membersihkan hidung bayi baru lahir adalah dengan menggunakan cotton buds dan bahan lain yang lembut sehingga tidak melukai hidung bayi. Namun, sebelum membahas mengenai membersihkan bagian hidung tersebut, mari kita kenali terlebih dahulu penyebabnya, penyebab tersebut antara lain.

– Kotoran menumpuk setelah pilek

– Lendir yang dikeluarkan dari hidung mengering dan tidak sampai terbuang

– Udara sekitar kotor sehingga sangkut di hidung bayi

Baca juga :

10 Penyebab Sering Mimisan Pada Anak Kecil

Mengenal Perbedaan Polip dan Sinusitis Hidung

Penyebab di atas bersifat umum sehingga sangat mungkin terjadi dan dapat membuat hidung bayi yang baru lahir menjadi harus dibersihkan. Karena ditakutkan bayi akan mengalami masalah pernapasan. Sering terdapat beberapa kasus bahwa bayi mengalami kesulitan dalam bernapas karena kondisi tubuh yang banyak mengeluarkan lendir dari hidungnya.

Cara Membersihkan Hidung Bayi Baru Lahir

Sebelum bayi mengalami kesulitan bernapas tentu kita harus menindak lanjuti dengan cara membersihkan hidung bayi tersebut. Dan di bawah ini dokteralami.com memberikan sedikit informasi tentang bagaimana merawatnya.

Menggunakan cotton buds dan air hangat

Dalam membersihkan hidung bayi menggunakan cotton buds harus sangat hati-hati dalam mengambil kotoran yang berada di hidung. Untuk menggunakan cotton buds harus dicelupkan terlebih dahulu dengan air hangat agar kapas di bagian tangkainya menjadi lembut. Selain cotton buds, Anda juga bisa menggunakan handuk lembut, kain lembut, atau pun tisu bayi. Dan pastikan sebelum membersihkan tangan Anda dalam kondisi bersih untuk menghindari perpindahan kuman.

Bersihkan kotoran yang terlihat

Apabila Anda masih belum bisa membersihkan bagian dalam, jangan memaksakan untuk membersihkan area tersebut. Karena dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Cukup membersihkan kotoran yang terlihat di bagian luar saja, jangan sekali-kali mengorek bagian dalam hidung bayi. Untuk membersihkan bagian ini bisa menggunakan handuk lembut atau kain lembut yang sudah di basahi dengan air panas sebelumnya.

Gunakan pinset untuk mengambil kotoran

Saat mengambil kotoran yang keluar dari hidung setelah di korek, gunakan pinset yang lembut untuk mengambil kotoran tersebut untuk menghindari perpindahan kuman meski pun tangan kita terlihat bersih.

Hindari mengeluarkan kotoran hidung menggunakan jari

Seperti sudah disebutkan pada point sebelumnya, sangat disarankan untuk tidak menggunakan jari atau kain kasar saat mengeluarkan kotoran dari hidung. Karena hal ini dapat membuat hidung bayi yang masih sensitif tersebut mengalami luka dan menimbulkan infeksi.

Jangan membersihkan cuping hidung terlalu keras

Apabila membersihkan hidung bagian dalam, hindari bagian cuping hidung. Karena bagian cuping tersebut masih sangat sensitif untuk disentuh. Apabila ingin membersihkan bagian tersebut harus sangat berhati-hati untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Jangan mengisap kedua lubang sekaligus

Sebagian orang tua dahulu untuk membersihkan hidung bayi yang baru lahir saat pilek adalah dengan menghisap nya. Namun perlu Anda ketahui bahwa dengan menghisap kotoran pada kedua lubang hidung sekaligus dapat mengakibatkan lendir yang berada di hidung untuk naik ke telinga tengah dan memicu infeksi. Untuk membersihkan lendir yang diakibatkan oleh pilek bisa dengan menggunakan alat yang sudah disediakan khusus untuk bagian dalam hidung.

Selain memotong kuku, membersihkan telinga, hidung juga harus dibersihkan secara rutin dengan benar bisa menggunakan cotton buds yang telah diberi air hangat. Namun disebutkan oleh beberapa ahli bahwa hidung mempunyai kemampuan untuk membersihkan sendiri, meski pun begitu Anda juga disarankan untuk membersihkan kotoran yang terlihat (dalam hidung).

Cara membersihkan hidung bayi baru lahir tentunya harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan sehingga tidak melukai orang penting buah hati. Dengan perawatan yang rutin dilakukan maka bayi akan merasa nyaman dan juga bersih. Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan, semoga kita semua diberi kesehatan. Jangan lupa untuk berbagi dengan teman kita yang lain dengan cara share menggunakan menu share dibawah. Semoga bermanfaat.

6 Cara Membersihkan Hidung Bayi Baru Lahir | AndiMariadi | 4.5