8 Bahaya Memakai Softlens Setiap Hari

Softlens atau sering disebut juga dengan lensa mata adalah sebuah penyederhanaan alat bantu penglihatan dalam dunia kedokteran. Mereka yang memiliki masalah pada penglihatan, pasti rata-rata memilih menggunakan lensa mata dibandingkan dengan kacamata. Namun faktanya, seiring berjalannya waktu softlens bukan lagi sebagai alat bantu penglihatan tetapi lebih kepada merubah penampilan dan aksesoris warna mata agar terlihat lebih menarik.

Lensa mata memang mudah untuk digunakan. Tetapi tidak sedikit yang masih tidak peduli dengan perawatan lensa mata. Artinya ketika lalai merawat soflens maka sudah seharusnya Anda siap untukĀ  memakai bahaya memakai softlens tersebut. Oleh karena itu untuk pengguna lensa mata sebaiknya ketahui dulu akibat yang ditimbulkan softlens dalam jangka panjang.

Bahaya Memakai Softlens

Berikut ini penjelasan mengenai akibat memakai softlens dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga :

15 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Dengan Alami

14 Cara Memutihkan Gigi Dan Menghilangkan Plak Pada Gigi

11 Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Dimata Dengan Cepat

1. Sakit Mata

Pada saat menggunakan softlens yang terlalu lama maka potensi mengalami iritasi akan meningkat. Karena softlens sudah tercampur debu, asap, apalagi jika Anda beraktivitas di luar ruangan dan melakukan perjalanan. Hal ini tentu sangat berisiko dan akan menyebabkan sakit mata.

Agar kondisi tersebut tidak terjadi, pastikan selalu softlens bersih, atau paling tidak membersihkannya 2-6 jam sekali agar debu-debu tidak menempel pada lensa mata Anda. Sebelum itu, pastikan juga ketika membersihkan lensa mata Anda sudah mencuci tangan dengan bersih dan hati-hati dalam memegang terlebih kuku Anda panjang ditakutkan lensa tergores bahkan robek.

2. Mata Kering

Selain sakit mata, softlens juga dapat membuat mata menjadi kering. Hal ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan dan banyak terkena angin. Selain itu, keringnya mata juga bisa disebabkan dari penggunaan obat tertentu yang memicu penurunan oksigen yang masuk ke mata. Dan juga pada situasi tertentu, mata bisa bertambah sangat kering apabila tidak segera diberikan obat tetes mata.

3. Mata Merah dan Bengkak

Mata bisa saja memerah dan disertai pembengkakan. Hal ini bisa saja dipicu oleh penggunaan lensa mata yang tidak cocok untuk kondisi mata Anda. Selain itu penggunaan riasan mata seperti eyeliner dan maskara yang tidak tahan air akan menyebabkan mata bengkak, merah, dan iritasi yang cukup serius. Demi menjaga kesehatan mata, apabila membersihkan make up, lensa kontak dilepaskan terlebih dahulu agar tidak membuat mata merah ataupun terluka.

4. Penurunan Produksi Air Mata

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan softlens akan membuat produksi air mata terancam berkurang. Penggunaan lensa mata di saat bersamaan juga sedang mengkonsumsi obat tertentu, seperti pil KB. Dimana pil KB akan membuat hormon estrogen akan meningkat dan membuat sensitivitas mata juga bertambah. Selain itu, pada saat produksi air mata menurun akan membuat mata kering dan merah.

5. Infeksi Mata

Infeksi mata merupakan kasus yang cukup banyak dialami oleh pengguna lensa mata. Potensi infeksi mata juga akan semakin besar jika menyentuh softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, dimana tangan tidak dalam keadaan benar-benar bersih. Faktor lainnya yang dapat memicu infeksi mata adalah pemakaian softlens yang tidak pernah diganti selama beberapa bulan atau lebih. Perlu diketahui bahwa lensa kontak paling tidak dalam 3 bulan sekali atau kurang dari itu harus diganti karena bisa saja infeksi disebabkan kotoran yang ada pada lensa.

6. Risiko Keratitis

Keratitis adalah inflamasi atau peradangan pada kornea mata sehingga akan membuat mata menjadi cedera. Penyebab keratitis salah satunya adalah ketika tidur masih dengan keadaan memakai lensa kontak. Untuk menghindari bahaya memakai softlens, pada saat tidur lepaskan lensa mata, kecuali kalau memang dokter memperbolehkan untuk tetap memakainya pada saat tidur.

7. Penglihatan Mengabur

Saat mengenakan lensa kontak kemudian disaat yang sama sedang berada di kawasan penuh asap seperti saat macet, ruangan tanpa batas smoking area, dapat membuat penglihatan menjadi kabur. Bahkan kondisi seperti ini dapat menjadi lebih parah jika sering menggunakan lensa mata pada kawasan asap, dimana resiko yang paling buruknya adalah mengembangnya ulkus kornea yang dapat membawa kepada kematian.

8. Kebutaan

Pemakaian lensa kontak yang melebihi waktu yang disarankan dokter atau bahkan memakai sepanjang hari akan meningkatkan resiko ulkus kornea. Kebutaan bisa saja terjadi jika ulkus kornea meningkat, hal ini sangat mengerikan karena mata adalah indera yang vital untuk kita. Hal ini merupakan bahaya yang paling besar yang disebabkan oleh pemakaian softlens yang berlebihan.

Sebelum memutuskan untuk memakai softlens, ada hal penting yang wajib diperhatikan agar mata menjadi sehat dan tidak menjadi bahaya untuk mata Anda.

– Selalu merawat lensa mata dan menjaga kebersihan tangan sesudah dan sebelum memasang lensa kontak.

– Jika menggunakan riasan, gunakan lensa kontak terlebih dahulu.

– Lepaskan softlens sebelum berenang dan sebelum tidur.

– Jangan membersihkan lensa mata dengan air biasa.

– Jangan bergantian memakai lensa mata dengan orang lain.

– Lepaskan softlens jika mata Anda menunjukkan adanya masalah setelah pemakaian.

Demikian artikel 8 bahaya memakai softlens untuk mata Anda, gunakan lensa mata dengan resep dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat. Terima kasih!

Tags:

8 Bahaya Memakai Softlens Setiap Hari | AndiMariadi | 4.5