12 Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Dan Batuk

Pilek dan batuk merupakan penyakit musiman yang sangat mengganggu dalam beraktivitas sehari-hari. Virus coronaviruses dan rhinoviruses merupakan nama virus penyebab flu dan batuk yang menyerang dan mempengaruhi kerja alat pernafasan seperti paru-paru, tenggorokan, dan hidung ini. Virus tersebut dapat menginfeksi kembali ke tubuh kita meskipun kita sudah melakukan berbagai cara cepat menyembuhkan pilek dan batuk sebelumnya. Karena pada musim pancaroba dan polusi udara yang terjadi sekarang membuat sistem kekebalan tubuh menurun dan juga menjadi udara yang nyaman untuk berkembang biaknya virus yang menyebabkan penyakit flu ini.

Penyakit flu dan batuk dapat menular dan menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain melalui udara. Namun biasanya virus ini menular melalui kontak lansung dan kontak secara tidak langsung pada orang yang menderita batuk dan bersin. Karena itulah, secara tidak sadar kita sudah terkontaminasi oleh virus yang dapat menyebabkan pilek dan batuk, meskipun kita sudah berusaha berbagai cara mencegah flu dan batuk dengan menjaga jarak dengan orang yang mengalami pilek.

Penyebab Penyakit Flu dan Batuk

Meskipun sebelumnya sudah dibahas media penyebaran flu dan batuk, tetapi tidak ada salahnya mencoba untuk mengulas lebih dalam penyebab flu dan batuk secara umum sebelum mengetahui cara cepat menyembuhkan pilek dan batuk.

  1. Perubahan Musim

Sebagaimana yang sudah dibahas pada sebelumnya, pilek dan batuk datang melalui udara yang disebabkan oleh perubahan musim yang tidak menentu, seperti musim pancaroba. Situasi seperti itu yang menyebabkan kekebalan tubuh menjadi kurang karena belum siap terhadap perubahan cuaca dimusim pancaroba. Hal ini terjadi karena tubuh kesulitan beradaptasi sehingga kita sangat mudah terserang flu.

  1. Penularan Lewat Udara

Apabila ada seseorang sedang menderita batuk pilek dan berbicara dengan jarak dekat dengan Anda, maka bisa saja tertular dengan penyakit ini. Apalagi kalau orang tersebut sedang menderita bersin dan batuk, maka dengan sangat mudah flu akan menular. Karena influenza menular melalui udara dari penderita flu lainnya.

  1. Menggunakan Dengan Alat Yang Sama

Influenza dapat menyebarkan virus dari benda yang disentuh oleh penderitanya. Karena biasanya bagian tubuh seperti tangan digunakan untuk membersihkan ingus dari hidung atau menutupi saat bersin, hal ini menyebabkan virus menempel di tangan dan disebarkan lagi melalui sentuhan si penderita pilek.

  1. Debu Dan Bulu Binatang

Sebagian orang memiliki alergi terhadap benda asing yang memasuki hidung mereka. Bulu binatang dan debu merupakan benda yang sering memasuki hidung akan menyebabkan alergi seperti flu dan pilek karena hidung terasa gatal karena tidak dapat beradaptasi terhadap benda asing tersebut.

  1. Kelelehan

Sulit beristirahat dan kelelahan merupakan faktor internal yang mempengaruhi daya tahan tubuh berkurang dan sangat mudah terserang flu. Hal ini dikarenakan pada saat kelelahan system imun yang melindungi tubuh kita dari penyakit menjadi sangat lemah dan membuat virus dengan leluasa memasuki tubuh kita.

  1. Minuman Dingin

Minuman dingin akan merangsang produksi lender secara berlebihan dan sistem daya tubuh masih belum siap untuk beradaptasi terhadap lender yang berlebihan sehingga menyebabkan flu. Selain itu juga minuman dingin menjadi penyebab batuk berdahak.

Baca Juga :

Berbagai Cara Memancungkan Hidung Tanpa Operasi Plastik

Cara Menghilangkan Uban Secara Permanen

Semua penyebab flu dan batuk berdahak diatas merupakan rangkupan secara umum. Biasanya gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini seperti badan menggigil, demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, batuk-batuk, bersin-bersin, mudah lelah, dan merasa tidak nyaman.

Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Dan Batuk

Pilek dan batuk merupakan infeksi virus yang tergolong ringan karena itu cara menyembuhkannya tergolong cepat. Pada prinsipnya menyembuhkan pilek pada anak-anak dan dengan orang dewasa itu sama, namun yang membedakan hanya pada dosis pengobatannya. Ketika menjalani pengobatan pilek dan batuk, usahakan memperbanyak istirahat dan mengkonsumsi buah / sayur yang sehat. Selain itu juga bisa mencoba cara cepat menyembuhkan pilek dan batuk seperti dibawah ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh terdiri cairan, karena itu apabila tubuh kekurangan cairan maka akan mudah terkena sakit dan dehidrasi. Dengan menambahkan asupan air putih sekitar 8 gelas dalam sehari aka membantu menjaga daya tahan tubuh. Karena air putih mempunyai banyak manfaat yang dapat membantu menyembuhkan flu dan batuk secara alami.

2. Konsumsi buah dan sayur

Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan ketika kondisi badan sedang tidak baik. Dengan mengkonsumsi buah serta sayuran akan membantu memperkuat daya tahan tubuh. Saat sistem imun tubuh kita baik maka tidak mudah terpapar oleh penyakit seperti flu dan batuk. Banyak sekali orang yang tidak memperhatikan hal ini dan tidak jarang mengabaikan asupan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah dan sayur.

3. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Ketika Anda sedang sakit flu, banyak sekali cairan tubuh yang hilang melalui ingus, keringat, dan ludah. Maka dari tiu sangat disarankan agar banyak mengkonsumsi air. Air yang dikonsumsi sebaiknya memiliki suhu yang hangat, karena air hangat dapat mengurangi hidung mampet, mengobati dehidrasi, dan melegakan radang tenggorokan. Selain itu juga air hangat dapat mengencerkan ingus yang kental yang tidak bisa keluar dari tenggorokan dan hidung. Air hangat yang dimaksud bisa berupa air putih hangat, teh hangat, atau minuman hangat lainnya.

4. Terapi Uap Tradisional

Penguapan merupakan sebagian cara menyembuhkan pilek secara tradisional yang dipercaya sangat manjur. Caranya cukup menghirup uap air panas yang telah dimasukkan kedalam baskom. Untuk hasil yang maksimal air panas tersebut kemudian dicampurkan dengan rempah yang dapat meringankan flu seperti minyak kayu putih, jahe, ataupun rempah-rempah tradisional lainnya. Ketika melakukannya Anda cukup menghirupnya dari atas baskom saja, dan hati-hati tersentuh air panas.

5. Aroma Bawang putih dan merah

Bawang memiliki fungsi layaknya katalis yang mampu mengeluarkan dan membersihkan cairan didalam hidung. Ini merupakan obat pilek yang banyak orang rekomendasikan, khususnya yang sedang mengalami hidung tersumbat.

Cara menyembuhkan pilek dengan bawang putih dan merah cukup mudah, karena Anda hanya memotong bawang menjadi 2 bagian dan dekatkan dibawah lubang hidung kemudian hirup aroma bawang tersebut selama sekitar 5 menit. Meskipun aroma bawang tersebut dapat menyebabkan Anda mengeluarkan air mata, namun perlu Anda ketahui bahwa air mata merupakan pencuci benda asing yang ada pada mata dan hidung.

6. Berkumur

Selain hidung, pilek juga dapat menyebabkan tenggorokan menjadi gatal, nyeri, radang, dan menyebabkan batuk. Untuk itulah berkumur bisa menjadi salah satu solusi untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Tujuannya untuk membantu membersihkan mulut dari bakteri jahat yang menyebabkan tenggorokan menjadi sakit. Cara menyembuhkan pilek dengan garam cukup berkumur dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan garam atau rempah-rempah lainnya. Rempah tersebut bisa berupa jahe, kunyit, cuka apel, ataupun kencur. Lakukan setidaknya tiga kali sehari selama 5 menitan, maka tenggorokan akan terasa lega.

7. Gunakan Aroma Mentol / Mint

Menggunakan aroma menthol adalah salah satu cara mengatasi flu atau pilek. Karena menthol akan membantu mengatasi hidung tersumbat dan merilekskan otot dan saraf yang tegang akibat flu. Oleskan aroma menthol seperti minyak kayu putih ataum balsem pada area leher, dada, punggung, dan sebagainya. Pada area hidung cukup menghirupnya saja.

Cara ini memang akan terasa sedikit panas namun menthol akan sangat membantu hidung tersumbat. Sedangkan untuk meredakan sakit tenggorokan, Anda bisa menggunakan permen mint yang dapat meredakan radang tenggerokan.

8. Mandi dengan Air Hangat

Saat mengalami pilek, usahakan sebisa mungkin untuk memakai air hangat untuk mandi. Tujuannya agar menjaga agar tubuh tetap hangat dan tidak menggigil sesudah mandi. Saat mandi bisa juga sambil merendamkan tubuh selama kurang lebih 15 menit, hal ini bertujuan agar otot dan saraf tubuh terasa rileks.

9. Cabai atau lada

Ketika sedang flu, cobalah untuk mengkonsumsi sup dengan lada atau campuran cabai. Karena capsaicin yang terdapat didalam cabai ini sangat efektif membantu membersihkan rongga hidung, meningkatkan peredaran darah, melegakan hidung tersumbat, dan mengobati pilek.

10. Konsumsi Rempah-Rempah

Seperti yang sudah disebutkan pada setiap point diatas, minuman hangat dapat mengencerkan cairan yang terdapat dihidung yang menyebabkan pilek. Selain menggunakan cara diatas Anda bisa mencoba membuat minuman yang dapat menghangatkan badan Anda. Rempah-rempah tersebut bisa seperti kencur, jahe, kemangi, dan sreh. Anda juga bisa mencampurkan semua bahan tersebut kemudian rebus hingga matang, air rebusan tersebutlah yang diminum untuk menghangatkan badan.

11. Konsumsi madu dan jahe

Minuman hangat sudah terbukti dapat membantu mengatasi pilek dan batuk secara alami. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa mencoba mengkonsumsi wedang jahe dan sedikit campuran madu untuk meredakan batuk dan pilek. Karena kedua bahan tersebut memiliki manfaat untuk menghangatkan badan dan mengencerkan cairan yang ada didalam tubuh.

12. Jeruk nipis

Jeruk nipis sudah digunakan sejak lama untuk dijadikan obat herbal.  Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung minyak astiri dan zat lainnya yang dapat mengontrol otot pernafasan yang bergunakan untuk menyembuhkan pilek dan batuk. Anda bisa menggunakan jeruk nipis dengan campuran kecap, madu, dan air gula. Untuk aturan minumnya cukup 3 kali sehari sesudah makan.

Apabila pilek dan batuk yang Anda alami tidak sembuh dalam waktu lebih dari 3 minggu maka sangat dianjurkan untuk mendatangi Dokter. Selain itu juga apabila Anda mengalami pembengkakan pada bagian ketiak dan leher, serta kesulitan bernapas dan sakit dibagian dada sangat disarankan untuk menemui Dokter karena ditakutkan penyakit yang lebih serius.

Cara Mencegah Pilek dan Batuk

Mencegah lebih baik daripada mengobati, begitulah pepatah mengatakan. Karena itulah dokteralami.com memberikan sedikit cara untuk mencegah pilek dan batuk tidak kembali lagi.

– Istirahat yang cukup, jangan sampai Anda terlalu lelah hingga mengakibatkan daya tubuh Anda berkurang.

– Minum dan makan makanan yang mengandung Vitamin dan Mineral yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

– Mencuci tangan saat ingin makan dan beraktifitas lainnya.

– Hindari berinteraksi langsung dengan perubahan cuaca seperti panas namun tiba-tiba hujan.

– Jaga jarak terhadap orang yang sedang menderita sakit pilek dan batuk.

– Selalu memakai masker setiap berkendara atau berada ditempat yang berdebu, agar terhindar dari benda asing yang sekali-kali dapat masuk kehidung Anda.

Demikian 12 cara cepat menyembuhkan pilek dan batuk yang dapat Anda coba lakukan dirumah. Daripada mengeluarkan biaya untuk berobat, yang khasiatnya kurang lebih dari cara alami diatas. Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi kita semua, jaga selalu tubuh Anda. Jangan lupa untuk berbagi kepada teman-teman yang lain. Terima kasih semoga lekas sembuh.

12 Cara Cepat Menyembuhkan Pilek Dan Batuk | AndiMariadi | 4.5